Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia

Tips dan Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia Bagi Pemula

Posted on

Tips dan Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia Bagi PemulaTulip (tulipa) adalah tumbuhan berbunga yang termsuk dalam keluarga Liliceae. Tulip berasal dari asia tengah dn asia barat yaitu di kawasan pegunungan pamir dan pegunungan hindu kush dan stepa di Kazakhtan. Tulip adalah tumbuhan yang memiliki umbi dengan tinggi berkisar antara 10 hingga 70 cm, memiliki daun berbentuk sempit memanjang berlilin dengan warna hijau kebiruan, serta memiliki bunga dengan terdiri dari 6 helai daun mahkota. Tulip memiliki banyak warna bunga seperti oranye, merah, putih, ungu, biru, kuning dan banyak lagi gradasi warna yang lainnya yang semuanya sangatlah indah. Diperkirakan terdapat kurang lebih sekitar 100 jenis tulip di alam.

Karena bunga tulip sangat indah, banyak orang yang menyukainya termasuk orang-orang Indonesia. Walaupun banyak disukai, bunga tulip ini tidak dapat ditanam di sembarang tempat, bunga tulip hanya dapat tumbuh dan mekar di daerah beriklim dingin dengan suhu rata-rata harian yaitu di bawah 16┬░C.

Bunga tulip sebenarnya dapat ditanam di daerah beriklim tropis, seandainya kita dapat memodifikasi lingkungan iklim mikro agar sesuai dengan iklim didaerah aslinya. Hal ini pernah di uji coba di Singapura dan ternyata sukses.

Apabila kalian ingin menanam bunga tilip di Indonesia, kalian harus menyediakan green house atau rumah kaca sebagai tempat budidaya bunga tulip. Untuk melindungi kelembapan dan suhu harian dalam rumah kaca tersebut di beri pendingin udara.

Cara dan Tips Menanam Bunga Tulip Di Indonesia

Bibit bunga tulip ini dapat diperoleh dari perbanyak umbi ataupun biji. Namun, karena di Indonesia sulit mendapatkannya maka bibit bunga tulip harus di impor langsung dari Belanda. Apabila bunga tulip yang di tanam berasal dari umbi maka bunganya akan tumbuh dalam kurun waktu sekitar 1 tahun. Apabila ditanam dari biji maka bunga tulip akan tumbuh dalam kurun waktu sekitar 5 tahun.

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga tulip di Indonesia tidaklah menjadi masalah karena tanah di Indonesia termasuk tanah yang subur. Untuk mempersiapkan media tanam bunga tulip cukup mencampurkan tanah humus dengan sekam bakar dan pupuk kompos dengan perbandingan 3 : 1 : 1.

Selain dalam rumah kaca, menanam bunga Tulip di Indonesia dapat dilakukan di daerah dengan keadaan lingkungan yang memadai pertumbuhannya. Salah satu daerah yang dapat dijadikan tempat budidaya tulip yaitu dataran tinggi dieng yang terkenal memiliki suhu kamar yang sangat rendah.

Jika kalian sukses melakukan budidaya bunga tulip ini, salah satu langkah utama yang perlu dilakukan sebelum bunga tulip dijual yaitu teknologi pasca panen. Bunga yang baru dipanen awalnya segar dalam rumah kaca namun setelah keluar pasti akan layu. Untuk itu perlu dilakukan teknologi pasca panen dengan cara melindungi suhu area untuk menyimpan bunga tulip agar tetap seperti biasanya dan berangsur diturunkan agar bunga tulip dapat menyesuaikan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Tips dan Cara Menanam Bunga Tulip Di Indonesia Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa