Macam Macam Jenis Tumbuhan Kantong Semar (Nepenthes )

Posted on

Tanaman kantung semar merupakan genus Nepenthes yang masuk dalam familia monopotik, tanaman ini terdiri dari sekitar 130 spesies dan belum termasuk hibrida alami maupun buatan. Genus ini merupakan tumbuhan karnivora yang dapat tumbuh di kawasan tropis. Habitat dengan spesies terbanyak ada di pulau Sumatera dan Borneo.

Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15–20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga, pacet, anak kodok) yang masuk ke dalam. Pada umumnya Nepenthes memiliki tiga kantong, yaitu kantos atas, kantong bawah dan kantong roset. Untuk lebih lanjut, pembahasan kali ini akan penulis fokuskan untuk memjelaskan jenis jenis kantong semar dan penjelasannya.

Macam Macam Tumbuhan Kantong Semar

Nepenthes Albomarginata

Jenis Nepenthes Albomarginata adalah tumbuhan kantong semar yang berasal dari Kalimantan, Semenanjung Malaysia dan Sumatera. Yang menjadi ciri khas dari jenis ini adalah mengacu pada pita putih trimoka yang berada pada pinggirnya. Jenis kantong semar ini tumbuh memanjat dengan batang dapat mencapai panjang hingga 4 meter.

Nepenthes Aristolochioides

Nepenthes aristolochioides merupakan jenis kantong smear endemik pulau Sumatera. Tanaman ini memiliki bentuk yang berbeda dan cenderung aneh dibandingkan dengan jenis kantung semar lainnya. Jenis kantong semar ini tumbuh pada ketinggian sekita 1800 – 2500 mdpl

Nepenthes Appendiculata

Jenis ini merupakan tanaman tropis yang hanya diketahui dari pegunungan Hose, tengah Sarawak, Borneo yang dapat tumbuh di ketinggian 1450 – 1700 mdpl . Spesies jenis Nepenthes appendiculata di tandai dengan memiliki tambahan kelenjar yang membesar pada permukaan tutup lebih.

Nepenthes Ceciliae

Nepenthes ceciliae merupakan tumbuhan kantong semar endemik pulau Mindanao , Filipina. Kantong semar ini tumbuh pada ketinggian 1500 – 1880 mdpl. Penemua pertama kali di umumkan pada bulan Agustus 2011.

Nepenthes Abalata

Merupakan spesies kantong semar yang dikenal dari pulau-pulau Filipina Barat. Nama spesifik abalata dapat diterjemahkan sebagai “dari alata” yang mengacu pada sejarah N. abalata dengan penyebarannya yang luas dan sangat bervariasinya N. alata

Nepenthes Alata

Nepenthes Alata merupakan spesies kantong semar endemik di Filipina. jenis kantong semar ini memiliki tangkai bersayap, tuutp sengan rabung pangkal pada permukaan bawah dan pada kantong atas meluas dekat dasar.

Nepenthes Ampullaria

Nepenthes Ampullaria adalah jenis kantung semar yang bentuknya mirip dengan termos. Nepenthes Ampullaria dapat kita temukan di Borneo, Sumatera, Thailand, Semenanjung Malaysia, Singapura, dan Kepulauan Maluku serta New Guinea. Nepenthes Ampullaria biasanya hidup di habitat yang lembab, hujan teduh sampai ketinggian 2100 mdpl.

Nepenthes Bongso

Jenis Nepenthes Bongso merupakan spesies kantong semar endemik Sumatera. Tumbuhan ini memiliki alat penangkap serangga cukup besar, dan memiliki beberapa warna yaitu ungu tua atau merah tua. Dinamakan Nepenthes Bongso, karena nama bongso yang berarti bungsu, nama tersebut diambil dari nama “putri bungsu”. Putri bungsu dipercayai sebagai penunggu Gunung Merapi. Tanaman ini termasuk tumbuhan karnivora, dalam lubang tubuh Nepenthes Bongso terdapat cairan asam yang digunakan untuk meghancurkan serangga yang tertangkap.

Nepenthes Copelandii

Merupakan jenis spesies kantong semar yang berasal dari pulau Mindanao di Filipina. Habitat asli spesies ini berasal dari gunung Apo didekat kota Davao dan gunung pakisan dekat Bislig. Kantong semar ini memiliki distribusi ketinggianluas 1100 – 2400 mdpl.

Nepenthes Diatas

Nepenthes diatas merupakan tanaman kantong semar endemik pulau Sumatera yang hidup diketinggian antara 2400 – 2900 mdpl. Tanaman jenis ini pertama kali dideskripsikan pada tahun 1997 oleh Matthew Jebb dan Martin Cheek, dan dipublikasikan dalam jurnal botani Blumea.

Nepenthes Gymnamphora

Merupakan spesies yang berhabitat di pulau Jawa dan Sumatera, Nepenthes gymnamphora mempunyai nama latin yang berasal dari bahasa yunani “Gymnos” berarti berleher dan “Amphorus” berarti kantong.

Nepenthes Holdenii

Merupakan spesies kantong semar berasal dari barat kamboja. Spesies ini tumbuh pada ketinggian 600-800 mdpl. Spesies ini pada awalnya berasal dari puncak di Pegunungan Cardamom, dan terdapat populasi baru dilaporkan pada bulan Oktober 2011.

Nepenthes Inermis

Merupakan jenis kantong semar endemik pulau Sumatera. Nama inermis beasal dari bahasa latin yang berarti “bersenjata” dan mengacu pada jenis kantong spesies. Nepenthes pertama kali dikumpulkan pada tanggal 7 september 1918 oleh H.AB Bunnemeijer di Gunung Talang pada ketinggian 2.590 mdpl.

Nepenthes Sumatrana

Nepenthes Sumatrana jenis spesies ini merupakan kantong semar endemik Indonesia, khususnya pulau Sumatera yang menjadi namanya.

Nepthentes Vieillardii

Nepthentes Vieillardii merupakan spesies kantong semar endemik di pulau Kaledonia baru. Nepthentes vieillardii adalah kolektor tanaman dari Kaledonia Baru dan Tahiti antara 1861 dan 1867.

Nepenthes Naga

Nepenthes naga adalah tanaman kantong semar endemik Bukit Barisan, pulau Sumatera. Memiliki bentuk badan mirip botol dan organ yang terbentuk seperti lidah ular yang keluar dari bagian bawah penutu kantongnya.

Nepenthes Maxima

Nepenthes Maxima merupakan tumbuhan karnivora spesies kantong semar yang tumbuh tersebar di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Pulau Papua, tumbuh disekitar 0 – 2000 mdpl.

Nepenthes Paniculata

Nepenthes paniculata merupakan spesies kantong semar yang terdpat pada genus Nepenthes yang di mungkinkan endemik di Gunung Doorman Top Papua Nugini. Jenis ini mampu tumbuh baik pada ketinggian sekitar 1.460 mdpl.

Penjelasan di atas merupakan beberapa jenis tanaman spesies Kantong Semar  , semoga informasi yang dibagikan bermanfaat. Terimaksih telah berkunjung di FaunadanFlora.com 🙂

Leave a Reply