tumbuhan langka

12 Tumbuhan Unik, Aneh dan Terlangka di Dunia

Posted on

Tumbuhan Unik, Aneh dan Terlangka di Dunia

Kembali lagi dengan postingan faunadanflora.com – Kali ini admin akan membahas tentang tumbuhan tumbuhan unik dan aneh yang ada di dunia dan jarang sekali untuk kita temukan. Jika kalian berfikir bahwa bunga rafflesia arnoldii merupakan bunga unik dan aneg. Yap.. itu benar sekali.. Rafllesia Arnoldii merupakan salah satu tumbuhan unik yang ada di Indonesia maupun di dunia, selain bunga Rafflesia Arnoldii ternyata masih banyak sekali tumbuhan dengan bentuk aneh dan unik lainnya. Penasaran tumbuhan apakah itu? Berikut adalah tanaman unik dan aneh tersebut ..

1. Welwitschia Mirabilis (Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia)

Welwitschia Mirabilis

Welwitschia Mirabilis merupakan tumbuhan terlangka di dunia, dia hanya mempunyai satu spesies saja yaitu Welwitschia Mirabilis. tumbuhan ini merupakan flora endemik dari gurun namib yang berada dalam wilayah Namibia dan Angola.

Dilihat dari bentuknya tumbuhan ini memang tidak menarik, tumbuhan ini hanya memiliki dua daun dan satu batang dengan sistem akar. Namun tumbuhan ini akan terus tumbuh sampai akhirnya mirip dengan alien. Batang tumbuhan ini semakin lama lama akan semakin tebal tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya sekitar 2 meter dengan lebar mencapai 8 meter. Umur tanaman ini sangat fantastis yaitu dapat tetap hidup selama 5 tahun lamanya tanpa hujan dan umur tanaman ini dapat mencapai 400 -15 abad.
Dalam bahasa Namibia tumbuhan yang ternyata enak dimakan ini bernama Onyanga atau bawang padang pasir.

2. Tanaman Karnivora

Tanaman Karnivora

Bukan hanya hewan karnivora saja, namum terdpat pula tanaman karnivora. Disebut tanaman karnivora karena tanaman ini memangsa serangga yang mendekat pada daunnya. Proses ini memiliki nama ilmiah Dionaea muscipula, mereka memiliki rambut halus yang ultra sensitif, sehingga ketika ada serangga yang mendekat daun yang memiliki gerigi langsung menutup dan menerangkap serangga yang mendekat.

3.Rumput Menari

Rumput Menari

Rumput Menari (Codariocalyx motorius atau juga Desmodium gyrans) merupakan sejenis pokok renek Asia. Sebagian banyak orang menyebut tanaman ini dengan rumput menari, karena gerakan daunnya seperti menari atau gerakan kod semafor. Tanaman ini mudah tumbuh dan daun akan menari ketika banyak sinar banyak matahari atau dlam keadaan kering.

4.Tanaman Bola Baseball (Euphorbia Obesa)

Tanaman Bola Baseball

Tanaman Bola Baseball (Euphorbia Obesa) merupakan tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Euphorbia obesa (tanaman baseball) tampak seperti bola yang sempurna, sangat dekoratif. Tanaman ini memiliki diameter 6 cm untuk yang muda, tetapi dapat mencapai 15 cm untuk yang tua. Bentuknya bulat untuk individu muda dan silinder untuk yang tua. Tanaman Ini berisi sebuah reservoir air untuk mengatasi musim kering.
Karena bentuk nya yang unik dan lucu, banyak kolektor tanaman akhirnya mengambil tnaman ini dan mengoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Alasan itulah yang menjadikan tanaman tersebut saat ini di lindungi oleh pemerintah Afrika Selatan.

5. Silver Torch Cactus (Cleistocatus straussi)

Silver Torch Cactus

Tanaman ini merupakan jenis tanaman katus, namun berbeda dengan jenis kaktus lainnya, kaktus jenis ini lebih menyukai tempat dingin. Diketahui kaktus ini tumbuh di puncak pegunungan di Argentina dan Bolivia yang memiliki suhu -10 derajar celcius.Silver Torch Cactus hanya berbunga saat hujan.

6. Baobab (Pohon Botol)

Baobab (Pohon Botol)

Baobab atau pohon botol adalah nama dari gneus (adansonia) yang terdiri dari delapan spesies pohon asli madagaskar, Arfika daratan dan Australia. Ukuran pohon ini bisa mencapai 5-25 meter. Mereka dapat menyimpan air di dalam batang mereka dengan kapasitas 120.000 liter untuk bertahan dalam kondisi lingkungan sekitar mereka. Karena alsan tersebutlah pohon ini disebut dengan pohon botol. Baobab diduga masuk ke Indonesia saat perdagangan laut melalui pedagang Timur Tengah[2]. Tumbuhan ini dikenal sebagai Asem Buto atau Ki Tambleg dan awalnya tidak dikenal fungsinya.

7. Pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari)

Pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari)

Dracaena Cinnabari adalah tanaman suji yang berasal dari kepulauan Socotra. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai Suji Socrota dan Dragon Blood Tree (Suji darah). Dinamakan suji darah karena getah tanaman ini berwarna merah. Getah merah ini sering disebut darah mega yang akan dikeringkan dan kemudian digunakan sebagai obat atau pewarna. Bentuk pohon ini unik yaitu berbentuk seperti payung.

8. Pohon Dinamit

Pohon Dinamit

Pohon asal hutan tropis Amazon ini terlihat mengerikan. Batangnya dipenuhi dengan duri tajam dan getah beracun. Penduduk setempat memanfaatkan getah pohon ini untuk meracuni anak panah. Pohon yang memiliki nama ilmiah Hura brasiliensis ini memiliki beberapa julukan seperti pohon neraka, pohon kotak pasir (sandbox tree) dan ada pula yang menamai pohon dinamit. Karena diketahui bahwa buah dari pohon ini ketika matang akan meledak. Dan ledakannya dapat melukai hewan bahkan manusia.

9. Psychotria elata

Psychotria elata flower

Psychotria elata, itulah nama latin dari bunga yang membuat saya terpukau ini. Bunga yang juga dikenal dengan nama Hooker’s Lips atau Hot Lips Plants ini hanya ditemukan di Hutan Hujan di negara-negara Amerika Tengah dan Selatan, misalnya di Kosta Rika, Kolombia, Ekuador, dan Panama.

Bunga ini masuk dalam genus Psychotria, masuk ke dalam family Rubiaceae, bangsa ordo Gentianales. Keunikan lainnya yang terdapat pada bunga ini adalah berfungsi untuk menarik hewan agar dapat membantu proses penyerbukan. Kuu-kupu dan kolibri yang biasanya tertarik pada bunga ini.

10.Selaginella lepidophylla (Tanaman yang Bangkit Kembali)

Selaginella lepidophylla

Disebut juga sebagai Mawar dari Jericho (Bunga Jericho), Selaginella Lepidophylla atau Rose Yerikho, juga dikenal sebagai bunga Kebangkitan atau bunga Doradilla, merupakan spesies dari tanaman gurun pasir yang tumbuh di Timur Tengah dan Amerika Tengah.

Tanaman ini banyak ditemui di habitat asalnya di gurun Chihuahua. Tanaman ini dikenal karena mampu bertahan hidup disaat kekeringan. Selama musim kering batangnya akan mengerut dan menggulung menjadi sebuah bola keci. Dan ketika ada air batangnya melepaskan diri dari gulungan dan terurai kembali.

11.Rafflesia Arnoldii

rafflesia-arnoldii-faunadanflora

Padma raksasa dalam bahasa latin rafflesia merupakan tumbuhan parasit yang terkenal karena ukuran bunga yang besar, bahkan merupakan bunga terbesar di dunia. bunga ini tumbuh dijaringan merambat dan tidak memiliki daun sehingga tumbuhan ini tidak mampu berfotosintetis. Bunga ini pertama kali ditemukan pada tahun 1818 dihutan tropis Bengkulu (sumatera) didekat sungai Manna,Lubuk tapi, kabupaten Bengkulu Selatan. Dengan penemuan tumbuhan ini Bengkulu dikenal oleh dunia dengan sebutan The Land of Rafflessia.

12. Bunga Bangkai

bungabangkai-faunadanflora

Bunga bangkai atau suweg (dalam bahasa lokal untuk jenis vegetatif) dengan bahasa latin Amorphophallus titanum Becc. Merupakan tumbuhan dari jenis tals-talasan endemik dari sumatra, yang dikenal dengan bunga majemuk terbesar. Dinamakan bunga bangkai karena bunga ini mengeluarkan aroma bau busuk, aroma busuk tersebut sebenarkan digunakan untuk menarik serangga kumbang atau lalat untuk menyerbuki bunganya.

Uraian diatas merupakan 12 jenis tumbuhan terlangka dan unik yang ada di dunia dari sekian banyak jenis lainnya yang ada. Dari setiap jenis nya memiliki keunikan tersendiri. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan menambah wawasan anda tentnag dunia flora dan fauna. Sampai bertemu di artikel artikel lainnya..

Leave a Reply