Cara Menanam dan Merawat Bunga Carnation Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Carnation Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga Carnation atau Anyelir (Dianthus caryophyllus) termasuk dalam famili dianthus. Dalam bahasa yunani bunga ini dikenal sebagai bunga para dewa. Bunga carnation merupakan bunga yang bisa tumbuh pada daerah tropis.

Bunga Carnation ini cukup populer di kalangan para pecinta bunga. Bunga ini selalu hadir di berbagai perayaan baik pernikahan atau bunga ucapan duka cita. Ada berbagai macam warna bunga carnation ini mulai dari merah, merah muda, kuning, peach, putih dan masih banyak yang lainnya.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Carnation

Persiapan Bibit Bunga Carnation

Bunga Carnation dapat diperbanyak melalui biji, gunakan biji bunga carnation yang benar-benar kering kemudian pilih biji yang berukuran besar, seragam dan padat. Setelah biji dipilih, selanjutnya cuci biji lalu rendam dalam air selama sehari semalam. Gunakan biji yang tenggelam saja dan buang biji yang mengapung.

Cara Menyemai Biji Bunga Carnation

Setelah biji siap, selanjutnya lakukan penyemaian. Penyemaian biji bunga carnation dapat dilakukan di wadah pot atau menggunakan nampan/tray yang telah diisi media.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Selanjutnya, masukkan media kedalam wadah pot/tray lalu beri sedikit tekanan agar media padat.
Setelah itu, sebarkan biji bunga carnation di atas permukaan media lalu tutup dengan tanah gembur.
Lakukan penyiraman menggunakan air agar kelembaban media terjaga dan merangsang biji untuk berkecambah, letakkan pada tempat yang teduh dengan naungan dan tidak terkena sinar matahari langsung. Setelah 3-4 hari maka kecambah akan mulai muncul beri semprotan insektisida untuk mengindari tanaman muda dirusak karena serangan jangkrik.

Cara Menanam Bunga Carnation Di Pot/Pekarangan

Setelah bibit bunga carnation memiliki 3-4 jumlah daun yang telah mekar sempurna, maka lakukan pemindah tanaman.

Siapkan pot berukuran sedang dengan diameter 15-20 cm. Isi bagian bawah pot dengan pecahan atau remahan batu bata untuk membantu sirkulasi udara. Kemudian masukkan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos. Setelah itu, pindahkan bibit ke dalam pot tersebut.

Lakukan penyiraman rutin dan untuk memudahkan tanaman beradaptasi letakkan tanaman di lokasi yang tidak terpapar langsung cahaya matahari. Setelah tanaman carnation memiliki tinggi 10-13 cm, tanaman dapat dipindahkan ke luar ruangan.
Jika hendak memindahkan ke pekarangan maka jarak tanamnya dibuat sekitar 25-30 cm.

Perawatan Tanaman Bunga Carnation

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman bunga carnation ini diantaranya yaitu:

Letakkan tanaman di tempat yang teduh. Jangan terpapar cahaya matahari langsung, karena bunga carnation amat rentan terhadap suhu tinggi. Jika kondisi terlalu panas lebih baik masukkan bunga kedalam rumah atau letakkan bunga di teras.

Lakukan pula penyiraman secara rutin yaitu 1 kali dalam sehari, penyiraman tersebut paling baik dilakukan pada pagi hari namun jangan biarkan air siraman mengenang, karena akan dapat menyebabkan kebusukan akar dan serangan jamur.

Selain itu, lakukan pula pemberian pupuk tambahan untuk merangsang warna pada bunga semakin menarik.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Carnation Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa