Cara Menanam dan Merawat Bunga Foxglove Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Foxglove Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Foxglove atau Digitalis adalah adalah genus dari sekitar 20 spesies tumbuhan dua tahunan atau tahunan, tanaman bunga ini digolongkan dalam keluarga Plantaginaceae. Bunga tumbuhan ini berbentuk seperti lonceng kecil dan warnanya berbeda menurut spesies dari ungu, merah muda, putih atau kuning. Tumbuhan ini berasal dari Eropa, Asia bagian barat dan tengah, serta Afrika utara.

Spesies bunga yang paling terkenal yaitu Digitalis purpurea. Ini adalah tumbuhan dua tahunan dan sering dikembang biakkan sebagai tanaman hias karena bunganya yang ungu. Tahun pertama, saat tanaman ini tumbuh, menghasilkan daun-daun dasar, sedangkan tahun kedua tumbuh daun-daun serta tangkai yang panjangnya mencapai 0,5 – 2,5 meter.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Plantaginaceae
Genus: Digitalis

Nama “digitalis” juga digunakan untuk obat penyakit jantung, terutama digoksin yang diekstraksi dari tanaman ini. Tapi apabila digunakan secara berlebihan, digitalis dapat berfungsi sebagai racun.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Foxglove atau Digitalis

Persiapan Bibit Bunga Foxglove atau Digitalis

Biji bunga foxglove atau digitalis telah tersedia dalam kemasan benih yang dapat dibeli di toko bibit. Setelah biji bibit bunga foxglove diperoleh selanjutnya lakukan penyemaian bibit dalam wadah yang bersisi media tanam berupa kompos. Setelah bibit tumbuh beberapa cm maka dapat di pindah tanamkan.

Persiapan Lahan Tanam Bunga Foxglove atau Digitalis

Lahan yang akan digunakan untuk menanam bunga foxglove atau digitalis ini digemburkan terlebih dahulu dengan menggunakan garu atau cangkul dan masukkan kompos dengan kedalaman sekitar 30 cm. Kompos tersebut dapat diganti dengan pupuk tapi sedikit saja karena pupuk tidak baik untuk bunga foxglove atau digitalis.

Buatlah lubang tanam dengan ukuran dua kali lebih besar dari bola akar bibit, lubang tanam dibuat dengan jarak 0,6-1,2 m.

Penanaman Bunga Foxglove atau Digitalis

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Masukkan bibit bunga ke dalam lubang tanam yang telah disiapkan lalu timbun kembali dan sedikit padatkan lalu lakukan penyiraman.

Cara Memelihara Bunga Foxglove atau Digitalis

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman ini terpenuhi yang nantinya dapat membuat bunga besar dan sehat maka lakukan pemberian kompos. tutupkan kompos dengan lapisan mulsa setebal 5 cm untuk mencegah tumbuhnya gulma. Jika tidak ada hujan maka lakukan penyiraman.

Jika tanaman sudah mencapai ketinggian puluhan cm maka berikan penyangga berupa kayu yang dikaitkan menggunakan tali. Selain itu, lakukan pemangkasan pada batang tengah tanaman untuk merangsang tumbuhnya tunas samping.

Pemanenan biji bunga foxglove atau digitalis dapat dilakukan dengan membiarkan bunganya layu dan ambl biji dari batang tengahnya yang tinggi. lalu simpan di tempat yang sejuk dan kering.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Foxglove Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa