Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul 8 (Delapan) Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul 8 (Delapan) Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga pukul delapan (Turnera subulata) adalah salah satu anggota tumbuhan berbunga. Bunga ini termasuk ke dalam suku Turneraceae. Nama lain bunga pukul delapan yaitu lidah kucing (Jawa) dan holly rose (Inggris).

Tumbuhan berbunga ini dapat tumbuh dengan ketinggian 60-90 cm dan memiliki akar dengan panjang 0,3-0,8 m. Daun berwarna hijau dengan panjang 2-7 cm dan lebar 1-4 cm. Berdaun tunggal, daunnya berbentuk elips dengan ujung meruncing dan tepi daun bergerigi kasar. Tulang daun menyirip dan mempunyai kelenjar kuncup.

Bunga ini hanya mekar beberapa jam saja, sekitar jam 8 pagi sampai sekitar jam 12 siang. Maka dari itu, jenis tumbuhan ini dinamakan bunga pukul delapan. Varietas bunga pukul delapan selain ada yang berwarna putih, juga ada yang berwarna kuning. Buah tanaman ini berbentuk telur lebar dengan biji lebih dari 30.

Bunga pukul delapan ditemukan tumbuh liar di tanah terlantar, di ladang, di tanah pemakaman, tepi saluran air, dan umumnya tumbuh berkelompok. Tumbuhan yang berasal dari Hindia Barat dan Meksiko ini dapat ditemukan di daerah pasir yang kering pada ketinggian 10-250 meter di atas permukaan laut, tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung atau sedikit terlindungi.

Di Indonesia, bunga pukul delapan banyak dijumpai di daerah Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Tumbuhan berbunga ini dikenal sebagai tanaman hias, tanaman pengendali hama, dan juga sebagai tanaman obat. Berdasarkan penelitian, tanaman bunga pukul delapan ini mengandung zat seperti terpenoid, flavonoid, steroid, benzenoid, alkaloid, dan lipid.

Klasifikasi Bunga Pukul Delapan
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Bangsa: Violales
Suku: Turneraceae
Marga: Turnera
Jenis: Turnera Subulata

Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul 8 (Delapan)

Persiapan Media Tanam Bunga Pukul 8

Media tanam yang dapat digunakan untuk menanam bunga pukul delapan ini yaitu campuran tanah dan pupuk kompos atau bisa juga pupuk kandang dengan perbandingan komposisi 1:1.

Setelah siap, masukkan media tanam dalam polybag yang sudah disiapkan sebelumnya.
Beri jeda waktu 1 hari sebelum penanaman bunga pukul 8, agar tanah dan unsur hara yang didapat dari pupuk dapat merata. Jangan lupa jaga kelembapan media tanamnya.

Persiapan Bibit Bunga Pukul 8

Tanaman bunga pukul 8 dapat diperbanyak melalui stek batang. Pilih bunga pukul 8 sesuai warna yang diinginkan. Potong bagian bunga yang terlihat sudah tua, batangnya besar, dan yang terpenting bebas dari hama serta penyakit.

Potong bagian batang tersebut sepanjang 8-10 cm, rendam dalam larutan fungisida bila perlu untuk menghindari tanaman tersebut terserang penyakit berbahaya.

Penanaman Bunga Pukul 8

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam berdiameter 5 cm dengan kedalaman 5 cm pula, setelah bagian batang dari bunga pukul 8 diletakkan dalam lubang tanamnya, lalu tutup kembali lubang dengan tanah dan sedikit padatkan. Siram dengan sedikit air agar kelembapan tetap terjaga dengan baik. Pada awal penanaman, sebaiknya letakkan polybag di area yang terlindung dari pancaran sinar matahari langsung.

Setelah nampak tunas baru bermunculan dari batang stek, maka pindahkan bibit tanaman tersebut ke media tanam yang lebih luas. Biasanya hanya perlu menunggu sekitar 2 minggu untuk bisa memindahkan bunga pukul delapan ini.

Pemindahan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak akar tanaman dan membuat bibit bunga pukul delapan tersebut mati. Tidak jauh berbeda dengan teknik penanamannya, berikut cara memindahkan bunga pukul 8 ke area tanam yang baru.

Persiapkan media tanam dengan komposisi yang sama dengan penyemaian. Lalu, buatlah lubang tanam dengan kedalaman kurang lebih 15 cm, kemudian letakkan bunga pukul 8 pada lubang tanam tersebut, lalu tutup kembali sambil dipadatkan dan siram dengan air secukupnya.

Perawatan Tanaman Pukul 8 (Delapan)

Lakukan penyiraman sesekali saja jika kondisi tanah sudah nampak kering atau dua hari sekali dalam kondisi cuaca normal.

Jika ada gulma atau tanaman pengganggu lainnya tumbuh disekitar bunga maka segera lakukan penyiangan.

Lakukan pemangkasan untuk membentuk banyak cabang serta merangsang munculnya bunga pukul 8 lebih cepat lagi.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman bunga pukul 8 terpenuhi maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan setiap 2 bulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK.

Bunga pukul delapan akan berbunga dalam waktu 1,5-2 bulan saja sejak masa tanam jika ditanam melalui stek batang.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Pukul 8 (Delapan) Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa