Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Beringin Dolar Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Beringin Dolar Bagi Pemula – Pohon beringin dolar adalah pohon yang biasa digunakan untuk tanaman hias taman outdoor. Laju pertumbuhan dari tanaman yang berasal dari Asia dan Australia ini relatif lama karena itu, umumnya petani tanaman ini menggunakan teknik penyambungan spesies asli. Sehingga menyambung beringin dolar dengan batang yang didapatkan dari jenis pohon beringin yang lain.

Harga beringin dolar di pasaran masih belum memiliki standard dan cenderung bebas. Karena pohon beringin dolar masih dikategorikan sebagai tanaman koleksi. Tapi dari informasi yang beredar, harga beringin dolar di pasaran minimal satu setengah juta rupiah. Itupun masih bervariasi karena tergantung ukuran atau dari kecil, besar dan bentuk dari pohon beringin dolar tersebut. Pohon beringin dolar berukuran besar bisa mencapai puluhan juta.

Baca Juga : Menanam Beringin Hias

Kelemahan pohon beringin dolar yang menjadi lambang kota Bangkok ini yaitu cukup lemah jika diserang oleh hama kutu putih. Sehingga untuk agar beringin dolar tetap sehat dan bebas hama, maka perlu dilakukan penyemprotan insektisida secara rutin dengan dosis yang sesuai.

Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam beringin dolar dengan stek batang dan perawatannya. Berikut selengkapnya:

Cara Menanam Dan Merawat Beringin Dolar Bagi Pemula

Persiapan Alat dan Bahan Stek Beringin Dolar

Alat dan bahan yang perlu disipkan sebelum memulai menyetek beringin dolar diantaranya yaitu:

  • Cutter.
  • Gunting.
  • Media tanam. Bisa gunakan arang, batang pakis, kompos, moss, pupuk kandang, sabut kelapa atau sekam padi. Tidak perlu semuanya diambil. Cukup dua atau tiga bahan saja lalu aduklah secara merata dengan tanah. Tentunya dengan komposisi yang sesuai agar hasilnya juga sesuai harapan.
  • Pot. Isi pot dengan media tanam yang telah disiapkan.
  • Perangsang akar jika perlu.
  • Larutan ZPT agar tanaman cepat tumbuh.

Baca Juga : Membuat Bonsai Beringin

Pemilihan Batang Stek Beringin Dolar

Pertama, pilih dan ambil batang beringin dolar yang batangnya kokoh dan daunnya masih segar. Setelah berhasil mendapatkan batang beringin dolar, potong bagian bawahnya secara miring.

Selanjutnya, potong daun-daunnya untuk mengurangi penguapan. Daripada terbuang percuma, gunakan beberapa daun yang sudah terpotong itu menjadi pupuk kompos. Kemudian, kupas kulit batang di bagian bawah agar akar bisa tumbuh dengan lebih mudah.

Gunakan larutan ZPT dan rendamlah hasil stek di dalam larutan itu selama satu jam agar nantinya cepat tumbuh. Bisa juga mengolesi pangkal batang hasil stek dengan perangsang akar.

Baca Juga : Menanam Pohon Lohansung

Penanaman Batang Beringin Dolar

Setelah selesai mengupas bagian atas batang pohon lain, selanjutnya lakukan penanaman hasil stek beringin dolar ke media tanam. Tancapkan beringin dolar ke media tanam kemudian tata agar tanahnya kuat dan mampu menyangga tanaman.

Dalam satu pot tanam bisa menanam satu atau dua beringin dolar . Pastikan saja potnya cukup untuk menampung beringin dolar yang akan ditanam.

Baca Juga : Pohon Maple di Indonesia

Perawatan Beringin Dolar

Perawatan pohon beringin dolar ini juga relatif mudah. Karena kebutuhan pohon beringin dolar akan air tidak terlalu banyak. Sehingga tidak perlu terlalu sering untuk menyirami.

Untuk perawatan daunnya, cukup dengan pemotongan daun dan ranting secara berkala dengan bentuk yang sesuai keinginan.

Demikian pembahasan tentang cara budidaya tanaman beringin dolar semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.