Panduan Lengkap Cara Membuat Bonsai Sancang dan Perawatannya Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Membuat Bonsai Sancang dan Perawatannya Bagi Pemula – Sancang adalah salah satu tanaman liar yang memiliki nama latin Premna Microphylla. Ciri-ciri tanaman sancang diantaranya daun tebal dan memiliki warna hijau mengkilat dan lebar daunnya mampi mencapai 7-10 cm.

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Beringin Dolar

Saat ini sedang tren tanaman bonsai, banyak orang yang mencoba membuat bonsai sancang ini.

Pohon sancang merupakan salah satu jenis tanaman bonsai populer. Yang unik dari tanaman sancang adalah daunnya yang bisa mengecil dan menjadi sangat kecil jika dibandingkan dengan ukuran daunnya yang dilos. Pohon sancang ini dapat dengan mudah tumbuh melalui stek batang.

Pohon sancang dapat tumbuh ditempat yang lembab dengan penyinaran matahari secara penuh. Tanaman sancang berasal dari China juga Jepang tapi sudah banyak dikembangkan di Indonesia.

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Kelapa

Cara Membuat Bonsai Sancang dan Perawatannya Bagi Pemula

Persiapan Alat dan Bahan

Berikut ini alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bonsai sancang, diantaranya yaitu:

  • Golok.
  • Pot.
  • Plastik.
  • Tali Kawat.
  • Paku.

Proses Membuat Bonsai Sancang

Berikut ini langkah-lagkah membuat bonsai sancang:

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Beringin

Pertama, lakukan stek tanaman sancang terlebih dahulu untuk mendapat bahan bonsai sancang. Selanjutnya, siapkan media tanam berupa campuran humus, pupuk kandang dan pasir, bisa juga menambahkan serbuk gergaji yang di masukan ke dalam pot yang sudah disiapkan. Agar media tanam menjadi baik untuk di tanam maka diamkan terlebih dahulu selama 2 minggu sebelum penanaman dilakukan. Setelah 2 minggu berlalu maka bisa dilakukan proses penanaman. Setelah penanaman di lakukan, jangan taruh pot atau media tanam pada tempat yang terkena sinar matahari langsung .

Lakukan perawatan tanaman sancang dengan cara menyirami dan memberikan pupuk kandang agar tanaman bisa tumbuh dengan baik. Biarkan tanaman sancang hidup secara normal terlebih dahulu, saat nanti tanaman mulai memunculkan tunas baru maka proses pembonsaian dapat segera dikerjakan.

Baca Juga : Bonsai Serut

Apabila tunas baru sudah muncul bisa melilitkan batang dengan kawat dan di tarik kearah bawah agar diperoleh tanaman tumbuh dengan tidak normal . Lakukan prunning atau pemangkasan pada tanaman jika tanaman bonsai bancang tumbuh besar.

Demikian pembahasan tentang cara membuat bonsai bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.