Panduan Lengkap Cara Budidaya Pohon Jenitri Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Pohon Jenitri Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah – Jenitri (Elaeocarpus ganitrus) adalah pohon yang termasuk suku Elaeocarpaceae. Buahnya berwarna ungu dengan biji yang cukup besar dan biasa digunakan sebagai manik-manik penyusun perhiasan. Kayunya memiliki nilai ekonomi tinggi.

Baca Juga : Cara Menanam Sawo Manila

Klasifikasi Ilmiah Jenitri
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Oxalidales
Famili: Elaeocarpaceae
Genus: Elaeocarpus
Spesies: E. ganitrus

Nama lain jenitri adalah genitri atau ganitri. Buah ini mungkin bukan buah konsumsi. Tapi bukan dagingnya yang dicari dari buah ini; yang paling menarik dari buah genitri adalah bijinya. Jika beruntung, satu biji genitri bisa dijual dengan harga tinggi. Mengapa demikian?Hal tersebut karena biji genitri memiliki lekukan yang disebut mukis atau mukhi. Semakin banyak lekukannya, semakin mahal harga biji tersebut. Ukurannya sendiri terbagi menjadi 11 jenis dengan kelas-kelas tertentu. Semakin kecil, semakin mahal juga harganya.

Baca Juga : Cara Budidaya Buah Carica

Selain itu, alasan lain mengapa biji genitri dicari orang adalah karena buah ini dipercaya memiliki khasiat kesehatan. Disebut bahwa biji genitri memiliki kandungan elektromagnet, yang akan memancarkan radiasi positif bila bersentuhan dengan kulit. Tak heran, biji genitri dijadikan sebagai kalung atau gelang oleh praktisi yoga ataupun umat Hindu India.

Tanaman genitri sendiri berasal dari India, tapi justru lebih bagus jika ditanam di Indonesia. Tanaman jenitri ini tumbuh di dataran rendah dan tinggi, dan dapat tumbuh hingga 5 meter. Tanaman jenitri sendiri berbuah sebanyak dua kali dalam setahun.

Baca Juga : Cara Menanam Strawberry

Cara Budidaya Pohon Jenitri Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Persiapan Bibit Pohon Jenitri

Pilihlah biji jenitri yang sudah tua, lalu rendam biji tersebut dengan air.
Selanjutnya, siapkan polybag yang sudah diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.

Kemudian, benamkan biji jenitri pada polybag yang sudah disiapkan.
Lakukan penyiraman setiap hari, maka dalam beberapa hari biji jenitri akan tumbuh, biarkan biji tumbuh ketinggian 30-50 cm sebelum dipindahtanamkan.

Penanaman Bibit Pohon Jenitri

Pertama, siapkan lubang tanam pada lahan tanam dengan jarak antar lubang sekitar 4-6 m. Lubang tanam tersebut dibuat dengan ukuran lebar sekitar 30-50 cm dan 50 cm.

Baca Juga : Cara Menanam Srikaya Jumbo

Selanjutnya, isi lubang tanam dengan campuran pupuk kandang dan tanah humus dengan perbandingan 1:1. Setelah semua siap, tanam bibit buah jenitri. Sebaiknya, penanaman dilakukan pada sore hari. Setelah penanaman segera lakukan penyiraman secukupnya saja. Kemudian, berikan penopang berupa bilah bambu atau kayu.

Perawatan Pohon Jenitri

Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari. Selain itu lakukan pula perawatan intensif lain seperti penggemburan tanah, penyiangan gulma, pengendalian hama dan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik maupun anorganik.

Masa Panen Buah Jenitri

Apabila tumbuh subur, pohon jenitri akan berbuah pada umur 3-5 tahun. Buah jenitri yang siap panen adalah buah yang telah matang dengan warna kehitaman seperti anggur matang. Pemanenan jenitri bisa dilakukan menggunakan tangga bambu atau menggunakan galah.

Baca Juga : Cara Menanam Cengkeh

Demikian pembahasan tentang cara budidaya buah jenitri agar cepat berbuah bagi pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.