Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Peony Ludlowii Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Peony Ludlowii Bagi Pemula – Bunga Peony adalah jenis tanaman hias berbunga yang merupakan genus tunggal dalam famili Paeoniaceae. Tanaman hias bunga peony ini berasal dari Tiongkok, Eropa selatan dan Amerika Utara bagian barat. Nama lain bunga peony yaitu bunga Peoni atau Paeonia. Banyak orang melambangkan bunga peony sebagai lambang cinta atau ungkapan I Love You.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Peony

Tanaman peony merupakan salah satu jenis tanaman rempah yang tergolong tumbuhan perenial (tumbuhan menahun) yang dapat tumbuh hingga ketinggian mulai dari 50 cm-1,5 meter bahkan bisa mencapai ketinggian 2-3 meter. Tanaman Paeonia ini berbunga pada akhir musim semi hingga awal musim panas. Bunga peony ada yang memiliki bau harum, warna bunganya beragam diantaranya merah, merah tua, putih, merah muda, kuning dan juga ungu. Tanaman paeonia ini memiliki sekitar 30 spesies untuk tanaman rempah dan sekitar 10 spesies untuk tanaman berkayu.

Klasifikasi ilmiah Peony
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Saxifragales
Famili: Paeoniaceae
Genus: Paeonia

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenanga

Salah satu jenis bunga peony yang banyak ditanam diantaranya bunga peony ludlowii. Tanaman jenis pohon ini yang mirip semak dan berasal dari keluarga Paeoniaceae. Tanaman bunga peony ludlowii berasal dari wilayah Tibet, sehingga jenis bunga peony ini sering disebut dengan peony tibet.

Tanaman bunga peony ludlowii dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 2,5 meter denga bentuk bunga menyerupai mangkuk dan benang sari sangat menonjol. Warna bunga peony ludlowii sangat cantik yaitu kuning cerah.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Sepatu

Cara Menanam Bunga Peony Ludlowii Bagi Pemula

Persiapan Bibit Bunga Peony Ludlowii

Bibit bunga peony dapat diperoleh dari bijinya. Jika biji peony sudah diperoleh, selanjutnya gosokan amplas ke permukaan biji peony yang keras. Amplas akan mengikis permukaan biji peony sehingga tunasnya akan lebih mudah tumbuh. Selanjutnya, rendam biji yang sudah diamplas dalam air selama kurang lebih sehari semalam.

Cara Menyemai Bunga Peony Ludlowii

Jika sudah, selanjutnya semai biji peony ke pot yang sudah diberi media tanam. Biarkan biji dalam pot selama sekitar 2 bulan. Setelah dua bulan, keluarkan biji peony dari tanah lalu masukkan biji ke dalam kulkas. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar empat bulan hingga biji peony tumbuh menjadi tunas dan siap ditanam di media tanam permanen. Penanaman bunga peony ludlowii dapat dilakukan di pot ataupun pekarangan rumah.

Baca Juga : Cara Menanam dan Merawat Bunga Terompet

Demikian pembahasan tentang cara menanam bunga peony ludlowii bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.