Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Gelatik Belong atau Gelatik Jawa Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Gelatik Belong atau Gelatik Jawa Bagi Pemula – Burung gelatik belong atau gelatik jawa (Padda Oryzivora) adalah salah satu jenis burung pengicau yang memiliki ukuran kecil dan berasal dari keluarga finch atau pipit atau emprit.

Ciri-ciri burung gelatik belong diantaranya yaitu memiliki panjang tubuh kurang lebih 15 cm, memiliki kepala hitam, pipi putih dan memiliki paruh merah berukuran besar. Burung dewasa memiliki bulu berwarna abu-abu, dengan perut berwarna coklat kemerahan, kakinya berwarna merah muda dan juga memiliki lingkaran merah di sekeliling mata. Burung jantan dan betina tidak memiliki perbedaan, saat burung gelatik belong masih muda berwarna coklat. Pakan utama burung gelatik belong atau gelatik jawa ini adalah biji-bijian, buah, dan serangga.

Burung gelatik belong berhabitat asli di Pulau Jawa dan Bali. Burung satu ini sangat senang berkoloni atau berkelompok serta sangat cepat berpindah-pindah. Saat ini, burung gelatik belong dievaluasi rentan pada IUCN Red List serta di daftarkan dalam CITES Appendiks II, atau bisa diartikan sebagai hewan yang terancam punah di habitat aslinya.

Cara Budidaya Burung Gelatik Belong

Persiapan Lokasi dan Kandang Budidaya Burung Gelatik Belong

Pastikan lokasi kandang budidaya burung gelatik belong ini jauh dari pemukiman warga agar burung tidak mudah stress yang nantinya akan berakibat pada burung enggan bertelur.

Ukuran kandang yang ideal untuk kandang burung gelatik belong ini yaitu kurang lebih berdiameter 30 cm x 40 cm. Kandang bisa terbuat dari kerangka besi ataupun bisa dari kerangka kayu. Buatlah tutup kandang dengan menggunakan kawat kasa berdiameter 1 cm x 1 cm, bagian atap bisa menggunakan asbes, seng, tripleks atau bisa juga genting. Tutup kandang berfungsi sebagai penangkal sinar matahari masuk kandang secara maksimal

Jenis kandang yang bisa digunakan untuk membudidayakan burung ini yaitu sistem soliter (satu kandang untuk sepasang indukan), atau bisa menggunakan kandang koloni atau ombyokan (satu kandang untuk beberapa pasang indukan), atau pun bisa menggunakan jenis kandang aviary atau umbaran terbuka.

Persiapan Kotak Sarang Burung Gelatik Belong

Kotak salang atau glodok berfungsi sebagai tempat bertelur serta mengerami telur bagi sang indukan. Kotak sarang ini dapat dibuat dari kayu, lalu didalamnya diberi sabut atau serabut kelapa, rumput kering, bisa juga menggunakan bahan lainnya.

Pemilihan Indukan Burung Gelatik Belong

Pilih indukan burung gelatik belong yang berkualitas, berumur dewasa dan siap kawin. Usia burung betina yang siap kawin disarankan lebih dari 1 tahun.

Ciri-ciri indukan yang siap kawin terlihat dari perilakunya, Indukan jantan akan sering berkicau serta lebih aktif dalam kandang; merobek kertas koran yang terkadang disiapkan di lantai kandang, serta memiliki penampilan yang rapi, bulu-bulu menjadi rapat serta mulus.

Cara membedakan jenis kelamin Burung Gelatik Belong diamati pada bagian perut, bagian mata serta suaranya. Umumnya burung gelatik jantan memiliki pangkal paruh lebih tebal, memiliki warna lebih tajam dan terlihat cantik, matanya terlihat sangat cerah dan bersinar, kicauannya bertenaga dan umumnya burung jantan sering berkicau dibandingkan burung gelatik belong betina.

Ciri gelatik betina diantaranya memilki paruh yang cukup tipis, memiliki warna lebih muda, matanya berwarna sedikit pudar, ukuran tubuhnya relatif lebih kecil dibandingkan jantan, suara kicaunya terbilang monoton dan jarang terdengar.

Pemberian Pakan Burung Gelatik Belong

Beri burung gelatik belong pakan dalam kondisi yang masih segar serta bervariasi. Disarankan berikan pakan alami, selain itu berikan vitamin agar perkembangbiakkan burung menjadi baik dan sistem kekebalan tubuh burung meningkat.

Proses Bertelur Burung Gelatik Belong

Pada umumnya, indukan akan bertelur setelah 7-14 hari dijodohkan. Proses penetasan telur akan berlansung setelah 18 hari masa pengeraman. Jika dirawat oleh indukan, anakan burung gelatik belong akan mulai keluar sarang setelah berumur 28 hari. Pada usia itu, burung gelatik belong sudah bisa dipasangi ring untuk dipasarkan atau dirawat hingga dewasa.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Burung Gelatik Belong atau Gelatik Jawa Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa