Cara Budidaya dan Merawat Lobster Hias Merah Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Budidaya dan Merawat Lobster Hias Merah Bagi Pemula Agar Sukses – Lobster hias merah adalah salah satu jenis lobster hias yang banyak diincar oleh banyak orang. Seperti namanya, jenis lobster ini memiliki warna tubuh yang merah dari ujung kepala hingga ekor.

Karena keindahan warna dan banyak peminatnya, budidaya lobster hias merah ini dapa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Berikut cara budidaya dan merawat lobster hias merah:

Cara Budidaya dan Merawat Lobster Hias Merah

Perlu diketahui bahwa membudidayakan lobster hias merah membutuhkan perlakuan khusus agar warna merah pada lobster tetap terjaga dan lebih indah.

Persiapan Budidaya Lobster Hias Merah

Pertama, lakukan observasi lokasi budidaya terlebih dahulu. Pastikan lokasi tidak tercemar oleh limbah dan polusi seperti asap kendaraan bermotor ataupun asap dapur. Selain itu, pastikan juga lokasi dekat dengan sumber air dan jauh dari gangguan hewan ataupun predator seperti kucing.

Setelah itu, siapkan beberapa alat seperti aerator, jaring dan beberapa akuarium dengan ukuran yang berbeda.

Persiapan Media Pemijahan Lobster Hias Merah

Media yang bisa digunakan untuk pemjahan dapat berupa menggunakan media kolam semen ataupun akuarium. Namun akan lebih praktis jika menggunakan akuarium. Gunakan akuarium yang berukuran sedang, lengkapi akuarium dengan pipa paralon ataupun batu bata berlubang sebagai tempat berlindungnya lobster, aerator dan lampu penghangat untuk menjaga agar suhu tetap hangat.

Selanjutnya, masukkan air bersih dan usahakan tidak menggunakan air PDAM, apabila terpaksa maka air tersebut harus diendapkan terlebih dahulu selama 1-2 hari. Ukur pH air, pH yang baik yaitu sekitar 7-8 dengan suhu sekitar 22°C-25°C

Pemilihan Indukan Lobster Hias Merah

Pilih indukan losbter hias merah yang berkualitas dan siap budidaya dengan ciri indukan betina memiliki kantung telur yang mulai berisi.

Dalam 1 media bisa diisi 5 indukan yang terdiri dari 3 indukan betina dan 2 indukan jantan. Ciri-ciri indukan berkualitas baik yaitu jika dimasukkan indukan lobster hias merah ke dalam air yang diaduk maka lobster akan berenang melawan arus; pilih juga indukan yang sehat, tidak terkena hama ataupun penyakit dan tidak cacat.

Setelah itu, masukkan indukan ke dalam media pemijahan dan beri pakan tinggi protein seperti cincangan ikan rucah dan siput secara teratur sebanyak 3 kali sehari.

Penetasan Telur dan Pemeliharaan Larva Lobster Hias Merah

Pertama, lakukan pemisahan telur yang sudah bisa ditetaskan dengan induknya terlebih dahulu dan masukkan telur ke dalam akuarium khusus yang dilengkapi dengan aerator dan juga lampu penghangat. Biarkan selama kurang lebih 3-5 hari, setelah larva muncul mulai lakukan perawatan.

Perawatan yang dilakukan hingga larva lobster menjadi bibit siap tebar diantaranya bersihkan air jika air sudah mulai berubah warna dan ada lemak yang mengapung ke atas. Pakan yang dapat diberikan pada larva lobster hias merah bisa berupa plankton cair setiap hari sebanyak 3 kali.

Pemeliharaan Lobster Hias Merah

Apabila larva sudah menjadi bibit siap tebar dengan ukuran sekitar 1-2 cm, maka siapkan wadah budidaya yang layak dan lakukan pemeliharaan.

Siapkan akuarium khusus sebagai media budidaya dengan ukuran disesuaikan dengan banyaknya lobster merah yang ingin dibudidayakan. Lengkapi media dengan aerator dan penyaringnya lengkap, dan tambahkan potongan paralon serta tumbuhan air sebagai tempat persembunyian lobster.

Tebar bibit lobster perlahan ke media dengan menghindari penebaran secara bersamaan. Setelah penebaran bibit selesai, selanjutnya lakukan pemeliharaan. Berikan losters hias merah makanan berprotein tinggi dan bahan makanan yang memiliki betakaroten seperti wortel untuk menjaga dan memperindah warna lobster hias merah. Selain itu, jaga kebersihan media dengan mengganti airnya setiap minggu sekali dan lakukan pemeliharaan hingga panen tiba.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Budidaya dan Merawat Lobster Hias Merah Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa