Panduan Lengkap Cara Budidaya Rukam atau Rukem Yang Kaya Akan Manfaat

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Rukam atau Rukem Yang Kaya Akan Manfaat – Rukam atau rukem (Flacourtia rukam) adalah sejenis pohon buah-buahan yang asli dari Kepulauan Nusantara. Buahnya dapat dimakan segar atau diolah menjadi selai. Sebelum dimakan, buah rukam perlu dipijit-pijit dulu bagian luarnya agar rasa sepatnya hilang. Tumbuhan ini juga memiliki khasiat pengobatan.

Klasifikasi ilmiah Rukam
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malpighiales
Famili: Salicaceae
Bangsa: Flacourtieae
Genus: Flacourtia
Spesies: Flacourtia rukam

Morfologi Tanaman Rukam

Pohon rukam memiliki perawakan yang kecil dengan tinggi sekitar 5-20 meter. Batang dan percabangan pohon rukam yang tua biasanya berbengkok-bengkok, beralur dan bercabang-cabang di dekat pangkalnya. Batang yang muda juga cabangnya yang berduri keras dan mengayu, bercabang-cabang atau tidak, panjang duri mencapai 10 cm, pohon yang diperbanyak dengan klon biasanya tidak berduri.

Daun rukam berbentuk lonjong hingga bulat telur atau jorong hingga lanset-lonjong dengan ukuran 6,5-18 cm x 4-9 cm, tak berbulu atau berbulu pada tulang tengah dan peruratan daunnya, lembaran daun sebelah atas seringkali berkilap, berwarna hijau tua, pada saat daun masih muda berwarna merah kecoklatan dan menggantung, pinggiran daun bergerigi kasar serta panjang tangkai daunnya sekitar 5-8 mm.

Perbungaan rukam berbentuk tandan berbunga sedikit, berukuran pendek, berada di ketiak daun, berbulu halus dengan panjang tangkai bunga sekitar 3-4 mm. Bunga rukem berwarna kuning kehijau-hijauan, umumnya berkelamin tunggal, daun kelopak 3-6 helai, tidak berdaun mahkota, bunga jantan bercuping cakram 8, berdaging, berwarna jingga atau putih kekuning-kuningan, serta memiliki banyak benang sari. Bunga betinanya biasanya tak berbenang sari, tangkai putik berjumlah 4-8, lepas-lepas, kepala putiknya kurang tegas dan bercuping dua.

Buah rukam bertipe buah buni yang berbentuk bulat, bulat gepeng hingga bulat telur sungsang dengan diameter 2-2,5 cm, berwarna hijau muda hingga merah jambu atau hijau lembayung hingga merah tua. Berdaging keputih-putihan, banyak mengandung air yang asam, mirip paruh dalam bentuk lingkaran. Berbiji pipih, sebanyak 4-7 butir. Kandungan Buah rukam yang telah berwarna merah-lembayung tua memiliki daging buah berwarna putih.

Manfaat Buah Rukam

Buah rukam yang matang bisa dimakan dalam keadaan segar; sebelum dimakan sebaiknya dipijit-pijit dahulu dengan jari, sebab dengan cara ini rasa sepet daging buahnya akan hilang. Selain itu, buah rukam bisa dibuat rujak dan asinan, atau dicampur gula dijadikan selai atau permen. Daun mudanya bisa dimakan mentah sebagai lalap. Buah mudanya digunakan dalam ramuan obat tradisional untuk mengobati diare dan disentri. Air perasan daunnya digunakan untuk mengobati kelopak mata yang bengkak. Di Filipina, seduhan akar rukem atau rukam diminum oleh wanita yang baru saja melahirkan. Kayu rukam keras dan kuat, bisa digunakan untuk membuat perabot rumah tangga, seperti alu dan mebel.

Syarat Tumbuh Rukam

Rukam tumbuh di lingkungan tropik basah pada ketinggian sampai 1500 m dpl, namun dijumpai juga yang tumbuh liar pada ketinggian 2100 m dpl. Habitat alaminya adalah hutan primer dan sekunder, seringkali dijumpai di sepanjang sungai, dan rukam ini tumbuh di bawah naungan atau di lahan terbuka. Pohon rukam tampaknya bisa beradaptasi dengan baik pada berbagai suhu, curah hujan, dan tipe tanah.

Pedoman Budidaya Rukam

Biasanya ditumbuhkan dari benih, namun pohon rukam juga mengeluarkan tunas akar yang bisa digunakan untuk perbanyakan vegetatif, misalnya pohon yang tak berduri. Sambungan mata atau sambungan pucuk dapat dilaksanakan, juga pada jenis Flacourtia lainnya. Di Indonesia, sambungan mata rukam pada F. inermis Roxb. sering dilakukan. Pohon rukam ditanam dengan jarak tanam 8-12 m.

Hama dan Penyakit Rukam

Hama dan penyakit yang bisanya menyerang jenis Flacourtia yaitu lalat buah, penggerek batang, ulat pemakan daun, Pygaera reftztura dan Cuphya erimanthis.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Rukam atau Rukem Yang Kaya Akan Manfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa

su_spoiler title=”Baca Artikel Lainnya :” open=”yes” style=”fancy” icon=”chevron-circle”]

[/su_spoiler]