Cara Budidaya Sweet Tamarind (Asam Manis atau Asam Bangkok) Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Cara Budidaya Sweet Tamarind (Asam Manis atau Asam Bangkok) Bagi Pemula Agar Sukses – Sweet tamarind atau asam manis (Tamarindus indica L.) merupakan kultivar buah asam yang berukuran lebih besar dan berasa manis, awalnya diperkenalkan dari Thailand. Nama lain Sweet tamarind di Indonesia disebut asam Thailand, asam bangkok, atau asam manis.

Sweet tamarind memiliki buah yang lebih tebal dan terasa manis, buah bentuk seperti polong yang menggelembung pada 1, 2, atau 3 bagian pod atau buahnya, kebanyakan tidak silindris, aneka bentuk dari lurus maupun bengkok, serta daging buahnya berwarna cokelat atau hitam ketika sudah sangat matang.

Ada 2 jenis sweet tamarind yang populer yaitu asam jawa manis (asam kaba) dan asam manis lakham (asam Bangkok). Asam kaba merupakan varietas asam jawa yang memiliki rasa manis. Tanaman ini awalnya dibudidayakan di Thailand.

Biji asam jawa manis berwarna coklat tua, mengilap dan berbentuk pipih persegi dan keras. Asam lakham (asam Bangkok) berukuran lebih besar daripada asam kaba, lebih panjang, daging buah lebih tebal dan rasanya manis. Daging buah bertekstur lebih lembut dan kulit buahnya lebih tipis tapi liat dan tidak mudah pecah. Skala rasa manis 14,3 briks (skala manis tebu sekitar 18-20 briks).

Bagian tanaman sweet tamarind ini seperti daun, buah, kulit kayu, dan akar juga berkhasiat sebagai obat tradisional antara lain batuk, demam, rematik, mengobati luka luar, pencahar, antiseptik, dan meningkatkan nafsu makan.

Klasifikasi Ilmiah Sweet Tamarind
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Fabales
Famili: Fabaceae
Upafamili: Caesalpinioideae
Bangsa: Detarieae
Genus: Tamarindus
Spesies: T. indica

Cara Budidaya Sweet Tamarind atau Asam Manis atau Asam Bangkok

Syarat Tumbuh Sweet Tamarind

Tanaman asam dapat tumbuh dengan baik di berbagai jenis kondisi tanah dan juga iklim. Tanaman asam dapat tumbuh pada tanah berpasir atau tanah liat, mulai dataran rendah hingga dataran menengah dengan ketinggian 1000 m dpl hingga 1500 m dpl.

Pedoman Budidaya Sweet Tamarind

Bibit asam dapat diperbanyak melalui benih, cangkok, penyambungan dan penempelan. Cara yang biasanya dilakukan adalah penempelan atau penyambungan dan biasanya bibit ditanam pada awal musim hujan dengan jarak penanaman sekitar 8-10 meter.

Pemeliharaan Sweet Tamarind

Biasanya pohon hasil penyambungan dapat berbuah pada umur 3-4 tahun.Pengaturan ukuran pohon mencakup jarak tanam yang rapat yaitu sekitar 500 batang/hektar. Lakukan pemangkasan untuk merangsang pertumbuhan cabang baru, selain itu lakukan pengairan, pemupukan dan perlindungan tanaman.

Panen dan Pasca Panen Sweet Tamarind

Pemanenan asam dapat dilakukan saat asam masih dalam bentuk polong hijau atau setengah matang, ini biasanya digunakan untuk bumbu penyedap dan polong matang untuk diproses.

Saat setengah matang, kulit asam mudah dikupas; daging buahnya berwarna hijau kekuning-kuningan dan konsistensinya mirip daging buah apel. Saat matang, daging buahnya mengkerut karena hilang kelembapannya, dan berubah warnanya menjadi coklat kemerah-merahan dan menjadi lengket. JIka seluruh polongnya akan dijual, buahnya harus dipanen dengan cara menjepitnya untuk menghindari kerusakan polong. Nantinya, asam ini akan jatuh secara alami.

Harga asam manis, asam bangkok atau sweet tamarind lebih mahal daripada yang asam.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Budidaya Sweet Tamarind (Asam Manis atau Asam Bangkok) Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa