Cara Membuat Bibit Bawang Merah Dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Cara Membuat Bibit Bawang Merah Dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula – Bawang Merah (Allium cepa var ascalonicum) adalah sejenis tanaman yang dimanfaatkan umbinya untuk bumbu masakan. bawang merah berasal dari Iran, Pakistan dan pegunungan-pegunungan di bagian utaranya. Sentra budidaya penghasil bawang merah terbesar di Indonesia adalah Brebes, Jawa Tengah.

Klasifikasi ilmiah bawang merah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Asparagales
Famili: Amaryllidaceae
Genus: Allium
Spesies: A.cepa

Kandungan nutrisi bawang merah diantaranya yaitu serat, kalium, kalsium, magnesium, asam folat, auksin, giberelin, alliin, antiseptic, vitamin C. Manfaat bawang merah diantaranya yaitu untuk meredakan batuk, panas, masuk angin dan lain sebagainya.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara membuat bibit bawang merah dengan cepat dirumah, berikut selengkapnya:

Cara Membuat Bibit Bawang Merah

Pemilihan Benih Bawang Merah

Benih bawang merah berasal dari umbi, pilihlah umbi yang berkualitas agar nantinya bawang merah yang dihasilkan juga berkualitas. Pilih umbi bawang merah yang berukuran sedang namun memiliki ukuran yang seragam, memiliki warna yang cerah dan mengkilap, berat, sehat, tidak terserang hama dan tidak cacat umbi atau utuh.

Sebelum digunakan sebagai benih, sebaiknya umbi disimpan dan diletakkan ditempat yang sejuk dengan suhu udara dibawah 26 derajat celcius. Biarkan benih disimpan 5-7 hari hingga umbi mengasilkan tunas anakan. Jika ada umbi yang membusuk maka segera buang dan pishkan agar tidak menular kepada umbi yang masih sehat.

Persiapan Media Tanam Bibit Bawang Merah

Media tanam yang perlu disiapkan untuk menanam bibit bawang merah yaitu tanah yang gembur lalu diayak dan ambil bagian yang halusnya saja. Lakukan hal yang sama untuk pupuk kandang, ambil bagian yang halusnya saja. Sedangkan pasir dicuci bersih baru kemudian dijemur dan diayak dan diambil bagian halusnya saja.

Siapkan tray semai atau bak semai dengan bagian dasar yang memiliki lubang kecil, atau juga bisa menggunakan polibag sebagai wadah semai. Campurkan seluruh media tanam hingga merata dengan komposisi tanah,pupuk kandang,pasir dengan perbandingan 2:1:2.

Selanjutnya, masukkan media tanam ke dalam wadah semai, isikan ke dalam wadah hingga padat lalu letakkan media tanam di lokasi yang teduh dan tunggu hingga tahapan penyemaian tiba.

Penyemaian Benih Bawang Merah Ke Media Semai

Pertama, buatlah lubang tanam di dalam tray semai atau polibag, sesuaikan ukuran lubang tanam dengan ukuran umbi. Sebelum disemai sebaiknya lakukan perlakuan perendaman umbi dengan menggunakan fungisida dosis 5/liter selama 15 menit. Setelah itu, kering anginkan selama 10 menit.

Kemudian, lakukan penyemainan dengan menanamkan umbi bawang merah kedalam media tanam. Usahakan semua bagian umbi tertanam dibawah permukaan tanah, dan sisakan bagian ujungnya yang sudah ditumbuhi bakal tunas. Setelah itu, lalu siram menggunakan air bersih secukupnya dan jangan hingga air menggenang. Letakkan media persemaian di lokasi yang teduh dan usahkan meletakkanya di atas rak semai, agar kelembaban tetap terjaga.

Perawatan dan Pemeliharaan Bibit Bawang Merah

Lakukan penyiraman sebanyak 1 kali dalam sehari atau ditingkatkan menjadi dua kali saat cuaca terlampau terik dan panas. Gunakan air bersih saat menyiram ke media tanam sebab akan meminimalisir resiko penyebaran penyakit dan tanaman terserang hama.

Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK cair, pemupukan ini dilakukan ketika umur umbi yang disemai telah mencapai umur 2-3 minggu setelah semai.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Membuat Bibit Bawang Merah Dengan Cepat dan Mudah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa