Panduan Lengkap Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreens Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreens Bagi Pemula – Salah satu metode menanam sayuran yang sedang digemari yaitu microgreens. Menanam sayuran atau tanaman dengan sistem microgreen ini mudah dipelajari, sayuran yang dihasilkan akan memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibandingkan sayuran yang ditanam dengan sistem tanam biasa dan juga usia panennya yang singkat merupakan beberapa kelebihan dari budidaya microgreens ini, tak heran jika sistem microgreen ini banyak digunakan bagi mereka yang memang ingin mendapatkan gizi maksimal dari sayuran yang mereka konsumsi. Namun, menanam microgreens memiliki kekurangan yaitu hasilnya hanya bisa dipanen sekali dan tidak bisatumbuh kembali.

Harga microgreens di pasaran bisa mencapai Rp. 850-2000 per gramnya. Untuk itu, budidaya microgreens dapat menjadi sebuah prospek bisnis yang menguntungkan. Cara menanam microgreens sangat praktis dan efisien baik dari segi waktu, ruang dan tenaga. Menanam microgreens ini dapat dilakukan di dalam rumah atau ruangan yang ternaungi baik dalam skala kecil maupun besar.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam microgreens bayam merah. Berikut selengkapnya:

Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreens

Pertama, siapkan alat dan bahan menanam bayam merah seperti microtray, benih bayam merah, sekam bakar, kain kasa dan air secukupnya.

Setelah semua alat dan bahan telah siap, tutup bagian microtray yang memiliki lubang terlalu besar. Seperti yang diketahui, pada bagian bawah microtray ada lubang yang ukurannya terlalu besar. Lubang tersebut bisa ditutup menggunakan kain kasa yang dilipat lalu diletakkan pada bagian bawah microtray tersebut.

Setelah itu, gunakan sekam bakar sebagai media tanam penanaman microgreen. Caranya, letakkan sekam bakar tersebut diatas microtray yang sudah diberi kain kasa tersebut. Jangan beri sekam bakar terlalu penuh karena nantinya akan diberi sekam bakar lagi pada langkah berikutnya.

Selanjutnya, buka kemasan benih bayam merah, lalu tebarkan secara merata pada sekam bakar yang telah siap. Setelah itu, tutup benih dengan menggunakan sekam bakar secara merata dengan ketebalan yang tipis saja.

Kemudian lakukan penyiraman pada persemaian tersebut dengan menggunakan air secukupnya agar sekam bakar menjadi lembap. Selain itu, isi microtray bagian bawah dengan air penuh agar kelembapan media tanam bisa tetap terjaga. Setelah selesai, tutup semaian tersebut dengan menggunakan penutup semaian yang berwarna hitam atau warna gelap.

Setelah benih pecah, segera buka penutup semaian dan letakkan semaian di bawah sinar matahari agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. Lakukan perawatan pada tanaman microgreen yang masih kecil tersebut dengan terus menjaga kelembapan media tanam yang berupa sekam bakar.

Segera siram sekam bakar dengan air secukupnya jika dirasa diperlukan dan jangan lupa untuk mengenakan tanaman ke sinar matahari setiap hari. Microgreen bayam merah ini dapat dipanen setelah berumur 10-14 hari, dan selanjutnya microgreens bayam merah siap untuk dikonsumsi sendiri atau di jual.

Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Menanam Bayam Merah Dengan Sistem Microgreens Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa