Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Erva Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam dan Merawat Bunga Erva Bagi Pemula – Bunga erva atau sering disebut dengan bayam merah merupakan salah satu jenis bunga hias yang berupa daun. Tanaman erva memiliki batang dan daun berwarna merah marun.

Selain cantik untuk dijadikan hiasan rumah, tanaman bunga ini juga cantik dijadikan tanaman hias tanam atau pekarangan. Bunga erva ini sangat mudah dalam penanaman dan perawatannya. Selain itu, tingkat adaptasi erva terhadap media tanamnya juga sangat tinggi, sehingga tanaman erva bisa di tanam pada kondisi tanah dan tingkat kesuburan rendah, sedang maupun tinggi.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Sambang Colok

Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat bunga erva, berikut selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Erva Bagi Pemula

Persiapan Bibit Bungan Erva

Pembibitan bunga erva bisa dilakukan dengan stek batang, tapi agar lebih cepat maka sebaiknya stek dilakukan bersamaan dengan akarnya. Sebaiknya untuk cara stek, bibit harus segera ditanam. Tapi jika ditanam di waktu lain, sebaiknya letakkan di tempat lembab agar bibit bunga erva tadi tidak layu atau mati.

Penanaman Bunga Erva

Hal pertama yang harus disiapkan seblum menanam bunga erva ini yaitu media tanam yang terbuat dari tanah dan pupuk kandang/kompos (1:1). Jika sudah siap semua, tanam bibit erva tadi pada media tanam. Kemudian, timbun dengan tanah dan berikan tekanan sedikit pada tanah agar tumbuhan bisa tegak. Setelah itu lakukan penyiraman dengan air agar bibit tumbuh segar.

Baca Juga : Cara Menanam Bunga Anthurium Jemani

Perawatan Bunga Erva

Lakukan penyiraman secara rutin yaitu sehari atau dua hari sekali terutama pada saat tanaman terlihat kering/layu. Selain itu, jangan lupa beri nutrisi berupa pupuk baik cair atau tabur secara berkala setelah tanaman tumbuh baik minimal sebulan sekali.

Demikian pembahasan tentang cara budidaya tanaman erva untuk tanaman hias rumah, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa