Cara Menanam dan Merawat Bunga Torenia (Wishbone Flower) Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Torenia (Wishbone Flower) Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Torenia fournieri, bunga bluewings atau wishbone adalah salah satu tanaman tahunan di Linderniaceae, tanaman torenia ini memiliki bunga dengan warna bervariasi mulai dari biru, biru keunguan, putih hingga merah muda yang memiliki tanda kuning. Biasanya tanaman bunga ini tumbuh sebagai lanskap tahunan, mencapai 12-15 inci. Ini memiliki daun sederhana berlawanan atau subopposite dengan tepi bergerigi.

Klasifikasi Bunga Torenia
Kingdom: Plantae
Clade: Angiosperms
Clade: Eudicots
Clade: Asterids
Order: Lamiales
Family: Linderniaceae
Genus: Torenia
Species: T. fournieri

Tanaman bunga torenia ini akan tumbuh dengan baik pada tempat tanam yang memiliki intensitas cahaya partial shade atau cahaya matahari yang ternaungi. Kebutuhan air bunga torenia ini sedang, jadi jangan sampai terlalu kering ataupun tergenang. Tanaman bunga torenia cocok ditanam di halaman,taman,kebun, atau pot.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Torenia

1. Siapkan bibit bunga torenia, bibit tersebut dapat diperoleh dari bunga torenia yang sudah tua atau bisa juga dengan membelinya di toko tanaman.

2. Siapkan media tanam berupa tanah humus atau campuran tanah dan kompos atau bisa juga menggunakan media tanam siap pakai yaitu campuran tanah, sekam bakar, pakis, cocopeat, yang banyak dijual di toko tanaman. Setelah itu, basahi media tanam tersebut.

3. Jika semuanya sudah siap, taburkan biji-biji bunga torenia di atas media tanam, tidak perlu dipendam. Usahakan saat menaburkan biji-biji tersebut tidak saling menempel satu sama lain.

4. Selanjutnya semprot halus biji-biji bunga torenia tersebut dengan air menggunakan handsprayer/botol semprotan parfum steril 10, 20 atau 30 ml. Lakukan penyemprotan biji bunga torenia ini sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari, tujuannya yaitu untuk menjaga kelembaban media tanam, usahakan penyemprotan sampai tergenang.

5. Letakkan bunga torenia di tempat yang terlindungi dari sinar matahari langsung dan hujan.
Biji bunga torenia akan mulai berkecambah setelah 5-14 hari setelah semai.

6. Jika bibit sudah cukup tinggi dan kuat, bibit bunga torenia ini dapat dipindah tanamkan ke tempat yang lebih besar. Setelah setinggi 30-50 cm, bunga torenia akan berbunga setelah 8-12 minggu setelah berkecambah.

7. Agar tanaman torenia berbunga banyak dan rimbun lakukan pruning pada pucuk daun pertama setelah tumbuh dua pasang true leaves.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Torenia (Wishbone Flower) Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa