Cara Menanam dan Merawat Lobak Organik Agar Hasil Melimpah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Lobak Organik Agar Hasil Melimpah Bagi Pemula – Lobak (Raphanus sativus) adalah tumbuhan umbi yang masuk dalam famili Cruciferae. Tanaman umbi ini berasal dari Tiongkok. Lobak memiliki bentuk umbi seperti wortel, isi umbinya memiliki warna putih,dan kulitnya ada yang putih, hijau, merah atau ungu.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Brassicales
Famili: Brassicaceae
Genus: Raphanus
Spesies: R. sativus

Manfaat lobak diantaranya yaitu membantu menyembuhkan batu ginjal, mengobati jamur dalam tubuh, mencegah kulit kering, eksim, Leukoderma, dan lain sebagainya.

Cara Budidaya Lobak Organik di Dalam Pot

Persiapan Media Tanam Lobak Organik

Tempat tanam untuk lobak organik dalam pot adalah pot itu sendiri. Pot yang baik untuk menanam lobak secara organik adalah pot yang memiliki lubang ke bagian bawah cukup besar agar air bisa mengalir keluar saat kadar air berlebihan. Pot tersebut dapat berupa pot bambu, pot dari ban bekas, pot tanah liat, pot kaleng bekas ataupun pot plastik. Pilihlah pot yang berukuran sedang.

Setelah pot siap, siapkan media tanam. Media tanam tersebut dapat berupa campuran tanah gembur berpasir dengan pH sekitar 5-6 dan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pun pupuk kompos. Campurkan tanah dengan pupuk organik dengan komposisi 1 : 1.

Pemilihan dan Penanaman Benih Lobak

Benih lobak bisa diperoleh di toko pertanian. Setelah benih diperoleh, rendam benih dengan air hangat bersuhu sekitar 45 derajat celcius selama 5 menit. Setelah itu, angin-anginkan hingga kering. Selanjutnya, tanam benih di dalam pot. Benih yang baik adalah benih yang tenggelam saat direndam.

Pemeliharaan Lobak Organik

Agar pertumbuhan tanaman lobak optimal, lakukan pemupukan 12 hari setelah menanam bibit lobak lalu lakukan lagi pemupukan setelah 2 minggu. Lakukan penyiraman lobak secara rutin yaitu setiap 2 kali sehari saat musim kemarau dan secukupnya saat musim hujan. Selain itu, bersihkan pot dari tanaman liar agar lobak organik bisa tumbuh subur.

Masa Panen Lobak Organik

Tanaman lobak bisa dipanen setelah 70 hari tanam, pamanenan ini dapat dilakukan pada pagi atau sore hari caranya yaitu dengan mencabut lobak yang tumbuh di tanah.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Lobak Organik Agar Hasil Melimpah Bagi Pemula” semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa