Cara Menanam dan Merawat Rosemary Melalui Stek Batang Di Pot atau Pekarangan Rumah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Rosemary Melalui Stek Batang Di Pot atau Pekarangan Rumah – Rosmarin (Rosmarinus officinalis) adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, tanaman ini lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya disebut dengan rosemary. Rosmarin biasa digunakan pada kuliner kawasan Laut Tengah, seperti masakan Italia, Yunani/Turki, serta daerah Levantia. Bunga rosemary berwarna ungu muda sekilas mirip dengan bunga anggrek yang sedang mekar.

Ada berbagai macam jenis rosemary diantaranya jenis yag cenderung tumbuh pendek atau jenis yang tinggi dan rimbun. Rosemary juga ada yang memiliki bunga yang berwarna biru muda, putih dan kebanyakan berwarna ungu.

Tumbuhan rosemary relatif tahan kering serta memiliki khasiat pengobatan serta pengusir serangga serta hama lainnya. Teh rosmarin dapat membantu mengatasi masalah reumatik dan gejala flu. Tanaman ini biasanya cocok digunakan sebagai teh maupun bahan makanan. Tanaman ini banyak mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin B6.

Selain ditanam dari biji, rosemary dapat ditanam melalui cuttings atau stek batang. Berikut cara menanam Rosemery melalui stek batang:

Cara Menanam Rosemary Melalui Stek Batang

Persiapan Stek Batang Rosemary

Potongan stek batang rosemary dapat diperoleh di toko atau membuat stek batang sendiri dari tumbuhan rosemary yang telah dipilih. Pilih bagian tanaman yang bagus baik batang maupun daunnya dan juga sudah cukup umur. Jika sudah dipilih, potong rosemary sepanjang 4 inchi.

Cara Menanam Rosemary

Tanam potongan rosemary dalam pot yang sudah terisi dengan media tanam berupa campuran tanah, pasir kasar dan lumut gambut dengan perbandingan 2:1:1. Letakkan pot pada tempat yang terkena sinar matahari. Lakukan penyiraman secara teratur hingga bagian akarnya terbentuk, kemungkinan sekitar 20 hari.

Untuk menjaga calon bibit rosemary tetap hangat dan lembab, pot tadi dapat dimasukkan ke dalam kantung plastik yang diberi beberapa lubang diatasnya. Suhu yang terjaga bisa membantu stek batang rosemary cepat tumbuh. Untuk memberikan nutrisi yang lebih baik, lakukan perendaman bagian ujung dari potongan rosemary dari dalam bubuk akar.

Pemindahan Bibit Rosemary

Setelah akar mulai terbentuk, pindahkan rosemary ke dalam pot yang lebih besar atau di halaman rumah karena tanaman ini mudah beradaptasi di berbagai lingkungan.

Perlu diketahui, aroma rosemary tergantung dari tingkat keasaman tanah, semakin basa tekstur tanah maka aroma harum rosemary semakin terasa.

Cara Merawat Tanaman Rosemary

Lakukan penyiraman secukupnya saja. Tanaman rosemary bukan jenis tanaman yang membutuhkan pupuk, tapi pastikan tanah mengandung kapur. Jika tanaman rosemary sudah tumbuh cukup besar maka lakukan pemangkasan agar tumbuh lebih rapi.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Rosemary Melalui Stek Batang Di Pot atau Pekarangan Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa