Cara Menanam dan Merawat Rumput Kucai Mini Untuk Mempercantik Taman

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Rumput Kucai Mini Untuk Mempercantik Taman – Rumput kucai mini merupakan salah satu jenis rumput parennial yang banyak dijadikan sebagai tanaman hias. Rumput dengan nama ilmiah Ophiopogon japonicus ini merupakan spesies rumput parennial yang berasal dari dataran Asia seperti Jepang, China, India dan Vietnam. Nama lain rumput kucai mini ini yaitu mondo grass, fountain plant, atau monkey grass.

Rumput kucai mini banyak ditanam karena dapat tumbuh di lahan yang tidak terkena sinar matahari cukup, seperti dibawah pohon atau bagian yang tertutup oleh bayangan (seperti pohon, bangunan gedung tinggi, rumah dan lain sebagainya).

Bentuk rumput kucai mini kecil, berwarna hijau gelap dengan tinggi maksimal hanya mencapai sekitar 4 cm. Jika ingin menanam rumput kucai mini ini, tidak perlu khawatir karena tanaman rumput ini dapat bertahan dalam berbagai cuaca, baik panas maupun hujan. Agar lebih terlihat indah, tanaman rumput cukai ini dipadupadankan dengan tanaman lain seperti bromelia dan berbagai jenis bonsai atau yang lainnya. Berikut cara menanam dan merawat rumput kucai mini di taman halaman rumah, selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Rumput Kucai Mini

Persiapan Alat dan Bahan Menanam Rumput Kucai Mini

Adapun alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk menanam rumput kucai mini diantarannya yaitu rumput kucai mini, pupuk kandang, pupuk daun, sekop, alat penyiram tanaman, stepping stone atai batu pijakan (option jika rumput kucai mini hendak ditanam di taman).

Penanaman Rumput Kucai Mini

Sebelum rumput kucai mini ditanam, sebaiknya tanah diberi pupuk terlebih dahulu dengan menggunakan pupuk kandang dengan perbandingan 1:5 lalu gemburkan tanah pada lahan tanam tersebut. Selanjutnya, buat tanah yang dudah diberi pupuk menjadi lembab dengan melakukan penyiraman dengan air.

Setelah itu, gali dan ratakan kembali tanah pada lahan tersebut menggunakan sekop dengan kedalam sekitar 5 cm. Jika sudah, selanjutnya tanam rumput kucai mini pada tanah yang sudah digali tersebut. Karena rumput kucai mini tidak tumbuh merambat maka untuk hasil yang lebih baik, tanam rumput kucai mini tersebut secara rapat satu sama lain.

Agar tidak terinjak-injak dan nantinya membuat tanaman rumput kucai mini anda mati maka sebaiknya tanam juga batu pijakan (stepping stone). Selain itu, pemberian batu pijakan tersebut dapat memudahkan anda dalam melakukan penyiraman.

Perawatan Rumput Kucai Mini

Karena tanaman rumput kucai mini membutuhkan air yang cukup, maka lakukan penyiraman secara rutin minimal sekali dalam sehari. Namun karena akan tumbuh dengan baik pada tanah yang mengandung cukup air, penyiraman dapat dilakukan sebanyak 2 kali sehari guna menjaga kelembaban tanahnya.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman kucai mini terpenuhi, maka lakukan pemberian pupuk daun. Pemupukan tersebut dapat dilakukan secara rutin yaitu setiap sebulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Rumput Kucai Mini Untuk Mempercantik Taman“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa