Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Lee Kwan Yew Untuk Mempercantik Dinding

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Lee Kwan Yew Untuk Mempercantik Dinding – Tanaman lee kwan yew atau janda merana termasuk jenis tanaman merambat atau menjuntai ke bawah seperti tirai sehingga tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang biasanya digunakan untuk menghiasi plafon, dak, dinding, jendela dan lain sebagainya, serta melindungi didinding dari sinar matahari dan juga kotoran debu.

Tanaman Lee Kuan Yew memiliki daun berukuran kecil-kecil dan menjuntai ke bawah. Lee Kuan Yew biasanya akan tumbuh menyerupai tirai hijau yang cantik. Tanaman ini sangat memungkinkan untuk dijadikan media penghalang sinar matahari jika diletakkan di depan jendela atau sekedar pemanis dinding batu agar terlihat hijau dan indah dimata. Nama lain tanaman ini yaitu Climbing Vernonia, curtain creeper, Vernonia creeper, Vernonia elliptica.

Bagi kalian pecinta tanaman rambat vertikal tanpa bunga, Lee Kuan Yew bisa menjadi pilihan, karena tanaman ini memang tak memiliki bunga sama sekali. Tanaman ini dapat ditanam di pot biasa ataupun pot gantung untuk memperindah Vertical garden milik kalian. Bisa juga diletakkan di tanah kalian dapat menanamnya dengan jarak bebas, semakin dekat semakin bagus. Semakin tinggi media rambatnya, maka tanaman ini akan semakin terlihat indah. Pastikan tanaman ini mendapat cukup asupan sinar matahari agar tumbuh subur.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bunga Lee Kwan Yew

Persipan Alat dan Bahan Menanam Lee Kwan tew

Alat dan bahan yang perlu disiapkan diantaranya yaitu gunting atau pisau tanaman, batang bunga lee kwan yew yang sudah cukup tua , pot atau wadah tanam dan media tanam.

Persiapan Bibit Bunga Lee Kwan Yew

Tanaman hias lee kwan yew ini bisa diperbanyak dengan cara stek batang, potong batang tanaman Lee Kwan Yew yang sudah tua dan cukup kuat, usahakan cara pemotongannya dengan menyerong. Kurangi beberapa daun pada batang tersebut agar dapat mengurangi penguapan.

Jika memiliki cairan perangsang akar, maka batang tersebut bisa direndam selama 5-10 menit terlebih dahulu.

Penanaman Bunga Lee Kwan Yew

Buatlah lubang tanam pada media tanam yang sudah disediakan dalam pot atau wadah yang lain. Selanjutnya, tanam batang Lee Kwan Yew, lalu tutup kembali lubang tanam tersebut dengan media tanam disekitarnya.

Usahakan penanaman batang-batang Lee Kwan Yew pada jarak yang tidak terlalu jauh agar saat tumbuh nanti tanaman ini bisa terlihat seperti tirai yang rapat dan inda. Lakukan penyiraman pada bibit tersebut untuk menjaga kelembapan media tanamnya. Setelah itu, letakkan tanaman tersebut pada tempat yang teduh.

Perawatan Tanaman Lee Kwan Yew

Tanaman bunga Lee Kwan Yew tidak membutuhkan perawatan yang rumit untuk bisa menghasilkan pagar hidup yang mempesona. Perawatan yang perlu dilakukan cukup penyiraman yang teratur serta nutrisi tambahan berupa pupuk NPK daun secra berkala, lakukan pula pemangkasan pada bagian yang tumbuh tidak teratur untuk menjaga keindahannya.

Agar tanaman Lee Kwan Yew bisa merambat dan menghiasi permukaan media rambat dengan baik, maka sebaiknya letakkan media tanam sedekat mungkin dengan bidang tumbuh seperti tembok atau pagar. Jika awalnya bibit ditanam pada pot atau polybag, maka tanaman bisa dipindahkan setelah mencapai tinggi kurang lebih 30 cm.

Letakkan tanah, atau humus, atau media tanam lainnya di sekitar dinding pagar atau tembok agar setelah lepas dari media tanam awal bunga Lee Kwan Yew bisa segera merambat pada bidang yang sudah disediakan.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Tanaman Hias Lee Kwan Yew Untuk Mempercantik Dinding“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa