Cara Menanam Delima Dalam Pot (Tabulampot Delima) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Delima Dalam Pot (Tabulampot Delima) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Delima (Punica granatum) adalah salah satu jenis tanaman buah yang berasal dari famili Lythraceae. Tanaman buah ini adalah tanaman perdu atau kecil dengan ketinggian hanya sekitar 2-5 meter. Batangnya berkayu, rantingnya berbentuk persegi dan memiliki banyak cabang, daunnya berbentuk lonjong hingga lanset berwarna hijau, berpangkal lancip berujung tumpul dengan panjang sekitar 1-9 cm dan lebar sekitar 0,5-2,5.

Buah Delima berupa buah buni, berbentuk bulat berdiameter 5-12 cm. Kulit buahnya memiliki warna beragam ada yang putih, hijau keunguan, ungu kehitaman, hingga cokelat kemerahan dengan bercak berwarna lebih tua yang agak menonjol. Biji pada buah memiliki jumlah yang banyak, berukuran kecil, berbentuk bulat panjang bersegi agak pipih berwarna merah, putih, atau merah jambu.

Klasifikasi Delima
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Upakelas: Rosidae
Ordo: Myrtales
Famili: Lythraceae
Genus: Punica
Spesies: P. granatum

Terdapat 3 jenis buah delima yaitu delima putih, delima ungu, dan delima merah. Manfaat delima diantaranya membantu membersihkan kulit, membantu mengurangi peradangan pada kulit, membantu mengurangi radang tenggorokan, dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh, dapat mencegah berkembangnya radikal bebas dalam tubuh, dapat membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh, dapat mencegah penyakit jantung, kanker prostat dan kanker kulit, dapat mencegah penyumbatan arteri oleh kolesterol dan lain sebagainya.

Cara Menanam Delima Dalam Pot (Tabulampot Delima)

Persiapan Bibit Delima

Perbanyakan bibit pohon delima dapat dilakukan melalui biji, stek batang, tunas, dan juga cangkok. Tapi jika ingin memanen buah lebih cepat, maka disarankan menggunakan teknik cangkok batang.

Jika anda ingin menanam delima dari biji, berikut cara selegkapnya:

Ambil biji delima dari buah delima yang berkualitas baik sudah tua dan sehat agar benih yang dihasilkan juga berkualitas. Jika tidak ingin repot, benihnya dapat dii dapatkan di toko benih tanaman.

Selanjutnya, belah buahnya dan bersihkan biji dari sisa-sisa daging buah yang menempel. Keringkan biji tersebut di bawah sinar matahari selama satu hari. Jika sudah kering, diamkan biji pada tempat yang teduh.

Sebelum disemai sebaiknya, biji direndam terlebih dahulu selama 4 jam lalu tiriskan. Siapkan media semai berupa campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1. Jika sudah, semai biji pada media tanam yang sudah disiapkan.

Jika sudah muncul beberapa daun, bibit siap dipindahkan pada polybag yang lebih besar.

Selain menyemai dari biji, bibit buah delima juga bisa diperoleh di toko penjualan bibit tanaman atau toko bibit online.

Persiapan Media Tanam dan Pot

Media tanam yang bisa digunakan diantaranya campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2:1; atau campuran tanah, pupuk kandang, dan pasir dengan perbandingan 2:2:1; atau bisa juga menggunakan campuran tanah, serbuk gergaji, sekam bakar dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1:1.

Siapkan pot berukuran cukup besar dengan dasar pot yang berlubang atau bisa juga menggunakan planter bag yang kini populer digunakan sebagai pengganti pot untuk tanaman buah.

Penanaman Delima Dalam Pot

Jika bibit delima sudah mencapai tinggi 20 cm, maka bibit sudah bisa dipindahkan pada pot yang telah disiapkan sebelumnya. Keluarkan bibit bersama dengan tanahnya agar akar tanaman tetap utuh.

Tanam bibit delima pada lubang tanam yang dibuat tepat ditengah-tengah pot, timbun dengan tanam dengan sedikit ditekan atau dipadatkan.

Letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari terutama sinar matahari pagi dan siram tiap pagi dan sore hari.

Perawatan Tanaman Delima Dalam Pot

Lakukan pemangkasan secara rutin pada cabang-cabang tanaman sehingga nutrisi bisa terserap dengan sempurna. Lakukan pula pemupukan secara rutin setiap 6 bulan sekali, pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk NPK tablet khusus buah (optional, bisa juga dengan pupuk buah jenis lain). Atau bisa juga memberikan pupuk daun tiap 10-15 hari sekali.

Lakukan penyiraman secara rutin, setiap pagi dan sore hari karena pada dasarnya tanaman delima menyukai sinar matahari dengan tingkat kelembaban tinggi.

Masa Panen Buah Delima

Pemanenan buah delima dapat dilakukan setelah tanaman berumur 2-3 tahun. Pemanenan ini bisa dilakukan jika buah delima telah matang dengan ditandai keretakan kulit buah atau pangkal buahnya sudah berwarna kuning. Pemanenan delima sebaiknya dilakukan dengan menggunakan gunting.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Delima Dalam Pot (Tabulampot Delima) Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa