Cara Menanam Nangkadak Dalam Pot atau Tabulampot Nangkadak Bagi Pemula Agar Berbuah Lebat

Posted on

Cara Menanam Nangkadak Dalam Pot atau Tabulampot Nangkadak Bagi Pemula Agar Berbuah Lebat – Nangkadak merupakan buah nangka hasil dari perkawinan silang antara nangka mini dengan campedak. Beberapa keunggulan hasil persilangan tersebut yaitu buah nangkadak memiliki rasa yang sangat manis dimusim hujan maupun kemarau, tekstur daging buah lembut dan getah yang dihasilkan sedikit, bentuknya silindris dan terkesan padat, aroma tidak tajam seperti campedak.

Cara Menanam Nangkadak Dalam Pot atau Tabulampot Nangkadak

Pemilihan Bibit Nangkadak

Bibit nangkadak dapat diperbanyak melalui biji, okulasi maupun cangkok. Jika tidak ingin repot, bibit nangkadak dapat dibeli di toko bibit. Pilih bibit yang benar-benar sehat bebas dari hama penyakit, berdaun hijau segar tidak layu, berbatang kokoh tidak kering dan pilih juga bibit dengan cabang rindang.

Penanaman Nangkadak Dalam Pot

Siapkan pot berukuran besar dan kuat. Selanjutnya, isi pot dengan menggunakan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang yang dicampur rata, kemudian lakukan penyiraman terlebih dahulu lalu diamkan selama 2-3 hari sebelum bibit nangkadak ditanam dalam pot.

Jika sudah, selanjutnya segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit nangkadak dengan hati-hati agar media tanam dan perakarannya rusak, lalu masukkan bibit ke dalam pot dengan posisi tegak tepat ditengah pot, kemudian timbun kembali dengan menggunakan sisa media tanam.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Nangkadak

Lakukan penyiraman sebanyak 1-2 kali sehari secukupnya saja sesuaikan dengan kelembaban media tanamnya. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman nangkadak dalam pot. Jika tanaman sudah terlalu rimbun atau ingin membentuk cabang, maka lakukan pemangkasan.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman nangkadak terpenuhi, maka lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK buah, pupuk kandang/kompos dan pupuk organik cair. Pemupukan ini dapat dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali.

Tanaman nangkadak biasanya akan berbuah setelah berumur 1-2 tahun. Agar tanaman nangkadak lebih cepat berbuah, maka dapat diberikan hormon perangsang buah. Pemberian hormon perangsang buah ini dalat dilakukan dengan interval 7-10 hari sekali.

Biasanya nangkadak menghasilkan daging buah yang sedikit karena faktor penyerbukan bunga jantan dan bunga betina yang kurang sempurna. Agar penyerbukan tumbuh sempurna, dapat dilakukan dengan metode lain seperti penyerbukan buatan. Cara ini di lakukan dengan mengawinkan betina nangkadak dengan pejantan nangkadak.

Perlu dipastikan juga untuk mengatur waktu yang tepat dalam hal pengawinan, ciri bunga nangkadak yang benar-benar bisa siap kawin yaitu:

  • Bunga diselimuti bulu-bulu lembut dengan warna hijau cerah
  • Sudah kering dan mengeras
  • Bunga jantan nangkadak mirip pejantan nangka
  • Bunga betina nangkadak gemuk

Hal yang paling penting yaitu serbuk bunga jantan menempel di bunga betina. Jika sudah seperti itu, pasti tanaman nangkadak ini bisa tumbuh dengan baik dan menghasilkan banyak buah yang berkualitas. Pohon nangkadak bisa memproduksi buah sekitar 50-75 buah/tahun saat tanaman baru mencapai usia sampai 2-3 tahun.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam Nangkadak Dalam Pot atau Tabulampot Nangkadak Bagi Pemula Agar Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa