Cara Menanam Rosemary atau Rosmarin (Rosmarinus officinalis) Dari Biji

Posted on

Cara Menanam Rosemary atau Rosmarin (Rosmarinus officinalis) Dari Biji – Rosmarin (Rosmarinus officinalis) adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, tanaman ini lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya disebut dengan rosemary. Rosmarin biasa digunakan pada kuliner kawasan Laut Tengah, seperti masakan Italia, Yunani/Turki, serta daerah Levantia.

Tumbuhan rosemary relatif tahan kering serta memiliki khasiat pengobatan serta pengusir serangga serta hama lainnya. Teh rosmarin dapat membantu mengatasi masalah reumatik dan gejala flu. Tanaman ini biasanya cocok digunakan sebagai teh maupun bahan makanan. Tanaman ini banyak mengandung kalsium, zat besi, dan Vitamin B6.

Cara Menanam Rosemary dari Biji

Syarat Tumbuh Rosemary

Tanaman rosemary dapat tumbuh maksimal di dataran rendah dengan suhu berkisar 30-35 derajat Celcius. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari sepanjang hari. Termasuk tanaman bertubuh pendek karena pertumbuhan maksimal hanya mencapai 40 cm saja, juga memiliki bunga yang hanya tumbuh pada bulan-bulan tertentu.

Cara Menanam Rosemary

Menyemai Benih/Biji Rosemary

Sebelum disemai, rendam biji selama 4-6 jam dalam air bersih. Benih akan tumbuh baik dalam kondisi lembab pada temperatur udara sekitar 25-30 derajat Celsius. Tunggu hingga 6-8 minggu, maka biji rosemary akan tumbuh. Setelah muncul daun dan batangnya, tanaman rosemary membutuhkan cahaya matahari secara tidak langsung dengan temperatur yang konsisten pada kisaran 25-30 derajat Celsius. Jika sudah tumbuh setinggi 7,5 cm maka bibit rosemary siap untuk dikeluarkan dari media penyemaian dan dipindahkan dalam pot. Lakukan pemindahan dengan hari-hati agar tidak merusak akar.

Tanaman rosemary memiliki ketahanan yang baik terhadap hama maupun penyakit. Selain memiliki ketahanan yang baik, rosemary juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti flu dan rematik. Tanaman ini sering dipadukan dengan teh dan akan memberi rasa tenang karena daunnya beraroma sangat harum.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Rosemary atau Rosmarin (Rosmarinus officinalis) Dari Biji“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa