Cara Menanam Strawberry Dalam Pot Di Daerah Panas Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Menanam Strawberry Dalam Pot Di Daerah Panas Agar Cepat Berbuah – Strawberry adalah buah tanaman herba yang rata-rata memiliki 200 biji kecil per satu buah . Terdapat lebih dari 700 jenis strawberry, dan salah satu jenis spesies bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Sedangkan jenis lainnya yaitu F. vesca L merupakan salah satu jenis yang menyebar hingga ke Indonesia.

Klasifikasi Ilmiah Strawberry
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Upafamili: Rosoideae
Genus: Fragaria

Strawberry memiliki warna hijau keputihan jika masih muda dan merah ketika masak, warna merah tersebut disebabkan karena buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi. Strawberry menyimpan nutrisi yang luar biasa. Selain antioksidan tersebut, ia juga kaya serat, rendah kalori, dan mengandung vitamin C, folat, kalium, dan asam ellagic.

Rasa buah strawberry ini manis bercampur dengan sedikit rasa asam, sehingga banyak orang suka mengkonsumsinya. Selain dikonsumsi secara langsung, buah strawberi juga sering dijadikan toping atau hiasan makanan tertentu, seperti kue, salad, dan lainnya.

Pada dasarnya hanya bisa tumbuh di daerah-daerah tertentu saja. Buah strawberi berasal dari daerah subtropis. Walaupun begitu, seiring perkembangan ilmu pengetahuan, saat ini buah strawberi sudah bisa ditanam pada dataran rendah atau daerah yang memiliki suhu lebih panas.

Berikut cara menanam strawberry di pot di daerah panas atau dataran rendah:

Cara Menanam Strawberry Dalam Pot Di Daerah Panas

Persiapan Bibit Strawberry

Untuk menanam strawberry di daerah panas penting dilakukan penyemaian pada musim penghujan dan dilakukan secara indoor, jika dilakukan secara outdoor maka lakukan penyemaian pada tempat yang beratap dan pastikan tidak terkena hujan.

Setelah memasuki musim kemarau, perlahan kenalkan tanaman strawberry dengan sinar matahari agar tanaman terbiasa dengan panas.

Cara Menanam dan Merawat Strawberry di Pot

Siapkan tempat tanam berupa wadah yang tahan cuaca berukuran sekitar 18 inchi untuk lebarnya dan dapat menampung 10-12 tanaman. Selain itu, dua wadah bisa mengakomondasukan 25 tandan tanaman, ini biasanya ada yang menjual. Pilih wadah yang dangkal dengan kedalaman 10 inchi.

Tanaman Strawberry menuntut drainase yang baik, jika tidak maka mahkotanya bisa membusuk akibat media tanam yang terlalu basah. Selain itu, tanaman strwaberry juga menuntut pemberian gizi yang tinggi. Mana, tanam strawberry pada media tanam yang kaya akan nutrisi yaitu media tanam berupa campuran tanah gembur dan pupuk kandang atau kompos.

Tempatkan tanaman strowberry pada daerah yang setidaknya menerima 8 jam sinar matahari langsunng selama seharian. Dengan lokasi yang terang dan berangin dapat membantu menggagalkan penyakit jamur. Karena memiliki akar yang dangkal maka lakukan penyiraman secara teratur, jangan sampai kekeringan tapi juga jangan sampai menggenang. Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman strawberry untuk tumbuh terpenuhi, maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk rendah nitrogen.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Strawberry Dalam Pot Di Daerah Panas Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa