Cara Mengendalikan Kanker Batang Tanaman Buah Naga Paling Ampuh

1 min read

Kanker Batang Tanaman Buah Naga – Buah Naga merupakan salah satu buah yang saat ini banyak digemari masyarakat, baik dari segi konsumsi atau segi pembudidayaan. Terbukti saat ini tanaman buah naga telah menyebar hampir diseluruh provinsi di Indonesia. Namun, seiring semakin meluasnya penanaman buah naga di Indonesia ternyata juga diikuti dengan terjadinya outbreak hama dan penyakit yang mengganggu pertumbuhan tanaman buah naga. Salah satunya penyakit kanker batang pada tanaman buah naga.

Kanker batang adalah penyakit yang disebabkan oleh neoscytalidium dimiatum. Penyakit ini sulit dikendalikan karena sangat mudah menular. Biasanya, kanker batang menyerang bagian tunas batang dengan gejala berupa bintik putih dan cekung hingga menyebar hingga ke pangkal batang dan seluruh batang tanaman. Gejala tersebut lama-lama menyebabkan batang yang terserang akan berwarna hitam, keras, kering, dan akhirnya mati.

Baca Juga : Hama dan Penyakit pada Buah Naga

Penyakit kanker batang pada tanaman buah naga dapat menyebabkan petani gagal panen karena menyebabkan busuk pada batang. Salah satu cendawan yang sulit dikendalikan adalah cendawan Colletotrichum Gloeosporioide yang menyebabkan bercak pada tanaman buah naga. Untuk itulah berikut ini cara pengendalian kanker batang pada tanaman buah naga agar tidak terjadi gagal panen.

Cara Pengendalian Kanker Batang

Berikut ini deskripsi gejala penyakit kanker batang pada tanaman buah naga, antara lain:

1. Pada fase awal serangan akan muncul bintik atau bercak putih dibagian cabang muda bagian pangkal, akan terlihat seperti ada tusukan jarum pada bagian tengah bercak.

2. Gelaja selanjutnya bercak putih semakin banyak hingga menutupi permukaan cabang, pada beberapa bercak akan membengkak seperti meletus berwarna coklat dan hitam.

3. Bagian bercak yang membengkak seperti meletus menyebabkan batang rusak dan berlubang.

4. Bagian cabang muda yang terserang akan mengering dengan warna hitam atau bagian lunak dari cabang akan berlubang dan mengering, hingga tersisa bagian batang yang berkayu.

5. Selain batang, bagian buah juga sering ditemukan gejala bercak atau bintik dari fase pentil sampai buah matang.

Baca Juga : Cara Budidaya Buah Naga Agar Cepat Panen

Cara Pengendalian

  • Kenali gejala awal serangan dan lakukan monitoring secara berkala.
  • Jika ditemukan gejala awal serangan, maka segera lakukan pemangkasan, lalu bakar atau kubur bagian yang dipangkas agar serangan tidak meluas, lalu semprot bagian tanaman dengan fungisida. Salah satu fungsisida yang disarankan adalah bubur bordo. Baca : Cara Membuat Pestisida Bubur Bordo
  • Selain itu, penggunaan bubur bordo juga dapat dikombinasikan dengan minyak sereh wangi atau Cymbopogon nardus dengan konsentrasi 2 ml per liter air.
  • Lakukan pemeliharaan tanaman secara optimal, dengan melakukan pemupukan, penyiraman dan sanitasi lahan secara rutin.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Mengendalikan Kanker Batang Tanaman Buah NagaSemoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.