Hama dan Penyakit Tanaman Merica atau Lada serta Cara Pengendaliannya Paling Ampuh

1 min read

Hama dan Penyakit Tanaman Merica – Salah satu faktor penyebab gagalnya dalam budidaya tanaman adalah karena serangan hama dan penyakit. Tak terkecuali juga pada tanaman merica. Serangan hama dan penyakit pada tanaman merica yang tidak tekendali dapat berpengaruh pada perkembangan tanaman merica. Untuk itu tanaman merica harus mendapatkan perhatian khusus dari petani agar tidak terserang hama dan penyakit yang menyebabkan penurunan produksi merica.

Ada banyak hama yang sering menyerang tanaman lada atau merica, salah satunya hama penggerek batang, penghisap bunga dan penghisap buah. Sedangkan jenis penyakit yang sering menyerang juga bervariasi. Penyakit yang sering ditemui seperti penyakit busuk pangkat batang, penyakit kuning dan penyakit kerdil.

Diperlukan perlakuan khusus untuk mengendalikan hama dan penyakit pada tanaman merica. Untuk itu, berikut ini jenis hama dan penyakit pada tanaman merica serta cara pengendaliannya paling ampuh.

Baca Juga : Cara Budidaya Merica atau Lada Dalam Pot 

Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Merica / Lada

Hama Tanaman Lada

1. Hama Penggerek Batang (Lophobaris Piperis)

Larva dari hama penggerek ini akan menggerek bagian batang dan cabang pada tanaman merica. Gejala awal akibat hama ini ditandai dengan daun yang mulai layu dan menguning, kemudian pada batang atau cabang yang di gerek akan kering dan patah. Pada kasus yang berat, hama penggerek dapat menyebabkan tanaman merica mati.

Tidak hanya menyerang batang dan cabang, hama ini juga menyerang bagian pucuk tanaman, bungan dan buah lada. Akibat serangan hama ini menyebabkan hasil produksi lada menjadi turun drastis.

2. Hama Penghisap Buah (Dasynus Piperis)

Meskipun disebut dengan penghisap buah, hama ini tidak hanya menyerang bunga. Hama ini juga menyerang bagian bunga, tunas muda dan tangkai serta daun tanaman.

Gejala akibat hama ini menimbulkan bercak hitam pada buah hingga menyebabkan buah menjadi gugur.

3. Hama Penghisap Bunga (Diconocoris Hewetti)

Hama penghisap bunga ini biasanya merusak bagian bunga tanaman lada. Gejala awal hama ini ditandai dengan rusaknya tandan, bunga tidak optimal dan bentuk yang tidak sempurna, hingga bunga gugur sebelum menjadi buah.

Baca Juga : Cara Membuat Bibit Lada atau Merica Perdu

Penyakit Tanaman Lada

1. Penyakit Busuk Pangkal Batang

Penyebab penyakit busuk pangkal batang pada tanaman lada yaitu patogen Phytophthora Capsici yang menyebabkan tanaman lada mati dalam waktu yang cepat dan cukup singkat.

Gejala awal penyakit ini terlihat dari perubahan warna pada pangkal batang seperti bieru kehitaman yang disertai dengan lendir.

2. Penyakit Kerdil atau Keriting

Penyakit kerdil disebabkan oleh virus pepper mottle virus (PVMV) dan cucumber mosaic virus (CMV). Meskipun penyakit ini tidak mematikan tanaman, namun penyakit ini dapat mengganggu pertumbuhan tanaman dan menurunkan produksi buah lada karena tanaman tidak berbuah maksimal.

3. Penyakit Kuning

Penyakit kuning ini menjangkit pada tanaman yang disebabkan oleh fusarium oxysporum yang membuat daun tanaman menjadi kuning. Jika penyakit kuning tidak segera diatasi dapat mengakibatkan menurunnya produksi buah lada. Gejala penyakit ini muncul dibagian tajuk serta pada permukaan akar tanaman lada yang kemudian akan menguning dan rontok.

Baca Juga : Teknik Budidaya Lada Dengan Tiang Panjat

Itulah beberapa tips Hama dan Penyakit Tanaman Merica atau LadaSemoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.