Panduan Lengkap Cara Budidaya dan Merawat Kura Kura Ambon Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya dan Merawat Kura Kura Ambon Bagi PemulaKura-Kura Ambon (Cuora amboinensis) adalah salah satu jenis kura kura batok bulat yang relatif popular dikalangan pecinta kura kura karena dianggap lebih mudah bersahabat dengan manusia ketimbang jenis lainnya. Nama lain kura kura ambon adalah kuya batok, kura batok, kura dada, kura kota, atau kura katu,  Amboina Box Turtle atau Southeast Asian Box Turtle.

Meski namanya kura kura ambon namun sebenarnya kura kura ini bukanlah hewan asli daerah tersebut. Nama tersebut hanya diberikan agar masyarakat lebih mudah mengingat, karena faktanya hewan ini ada di daerah Sulawesi. Selain di Sulawesi, kura kura ini ditemukan di Sumatera dan beberapa negara tetangga seperti Filipina, Thailand, Malaysia dan lain sebagainya.

Baca Juga : Memelihara Kura-Kura Air Tawar

Karakteristik Kura Kura Ambon

Karakteristik kura-kura ambon diantaranya memiliki tempurung punggung membulat yang tinggi (tapi ada juga yang rendah) dan plastron (perisai perut) yang bisa ditekuk menurut garis lintang sedemikian rupa sehingga bisa menyembunyikan kepala dan anggota tubuh lainnya lebih rapat dari kura kura umumnya. Punggungnya berwarna kecoklatan, kehitaman hingga coklat-zaitun. Perutnya berwarna krem dengan beberapa bercak yang besar berwarna kehitaman.

Kepalanya berwarna hitam dengan dihiasi tiga garis kuning yang membuatnya mempunyai ciri khas yang terdapat di sekeliling tepi kepala di atas mata, ada juga di pipi dan juga di bibirnya. Garis kuning ini juga ada pada tepi kaki-kakinya.

Ukuran tubuh kura-kura ambon bisa mencapai 25 cm dan umumnya berat kura kura ambon ini mencapai 1,5 kg. Hewan reptil ini bisa hidup selama 20 tahunan. Untuk perkembangbiakannya, kura kura betina bisa mengeluarkan 2-3 telur. Telur-telur ini akan mulai menetas paling lama setelah 3 bulan.

Baca Juga : Budidaya Kura-Kura Brazil

Apabila sewaktu-waktu menemukan telur dari kura-kura tersebut, sebaiknya jangan coba memindahkan telur-telur tersebut ke tempat lain. Jika ingin memindahkan telur-telur tersebut kalian harus mempelajari cara memindahkan telur kura-kura, karena jika asal-asalan akan berdampak buruk pada telur.

Jenis Kura Kura Ambon

Terdapat 4 jenis subspesies dari Cuora amboinensis, subspesies ini dibedakan dari warna dan bentuk tempurungnya.

  • a. amboinensis – Persebarannya berada di pulau-pulau Indonesia timur seperti Sulawesi, Maluki, Timor, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.
  • a. couro – Persebarannya ada di pulau-pulau Indonesia bagian barat: seperti Sumatera, Jawa, Bali, dan Sumbawa.
  • a kamaroma (ditemukan oleh Rummler & Fritz, pada tahun 1991) – Persebarannya di daratan Asia Tenggara : Indoncina (Vietnam tengah dan Selatan, Kamboja, dan Laos Selatan), Thailand, Semenanjung Malaysia, dan Singapura.
  • a. lineata (ditemukan oleh McCord dan Philippen pada tahun 1998) – Persebarannya hanya terdapat di Burma saja.

Baca Juga : Budidaya Labi-Labi

Cara Budidaya dan Merawat Kura Kura Ambon Bagi Pemula

Cara Memilih Indukan Kura Kura Ambon

Siapkan indukan kura kura ambon yang berkualitas. Kriteria indukan yang berkualitas diantaranya yaitu:

  • Indukan jantan dan betina yang dalam kondisi sehat dan tidak terkena serangan penyakit apapun.
  • Pengerakan kedunya lincah dan tidak terlihat lemah.
  • Kedua indukan dalam kondisi yang stabil atau tidak stress.
  • Keduanya sudah siap kawin.

Persiapan Kandang Kura Kura Ambon

Perlu diketahui kura kura ambon menyukai hidup di daratan, tapi kura kura ini juga membutuhkan air tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan minumnya tapi juga untuk sarana perkembangannya. Untuk itu, dalam kandang harus dilengkapi dengan kolam yang diisi oleh air, tidak perlu terlalu dalam yang penting cukup untuk kura kura berenang.

Baca Juga : Perbedaan Kura-Kura, Penyu dan Bulus

Bagian daratan dalam kandang bisa dibuat dari tanah berpasir yang tentunya ditambahkan bebatuan dan tanaman alami agar tampak seperti habitat alaminya. Selain itu, kandang juga harus tertutup dimana bagian sekitar kandang dilengkapi dengan pagar yang tingginya mencapai 1 meter dilengkapi dengan pintu untuk keluar masuk saat akan memberi makan kura kura.

Dalam kandang juga disiapkan tempat bersarangagar nantinya saat indukan betina siap bertelur paling tidak sudah memiliki tempat yang aman dan nyaman untuk menyimpan telurnya. Dalam satu kandang berukuran kecil 1×2 meter sebaiknya ditempatkan sepasang indukan, tapi jiga ingin menempatkan lebih dari satu pasang maka ukuran kandang harus diperbesar.

Cara Merawat Kura Kura Ambon

Perawatan yang bisa dilakukan pada kura kura ambon diantaranya yaitu:

Baca Juga : Budidaya Gurita

Pemberian Pakan dan Minum Kura Kura Ambon

Agar memenuhi kebutuhan nutrisi kura kura untuk tumbuh dan berkembang biak, maka berikan pakan yang baik. Pakan yang bisa diberikan pada kura kura ambon diantaranya daun daunan, kebutuhan pakan diberikan secara bertahap yaitu 3 kali dalam sehari, dan saat betina siap bertelur maka pemberian kebutuhan pakan harus ditingkatkan.

Untuk minum sebaiknya tidak perlu menyediakannya karena kolam yang biasa digunakan kura kura yang sudah tersedia di dalam kandang juga merupakan sarana untuk minum hewan tersebut. Lakukan pergantian air secara rutin sehingga kualitas air minum untuk kura kura ambon akan terjaga.

Baca Juga : Ternak Sugar Glider

Mengawinkan Indukan Kura Kura Ambon

Sebenarnya proses ini dapat berlangsung secara alamiah, anda hanya harus menempatkan kedua indukan yang siap kawin didalam satu kandang, maka dengan begitu proses perkawinan alamiah akan dapat berlangsung dengan sendirinya.

Merawat Anakan Kura Kura Ambon

Setelah indukan betina bertelur maka sebaiknya indukan jantan dikeluarkan dri dalam kandang, agar indukan betina nantinya dapat fokus merawat anak anak nya saat telur sudah menetas. Biasanya dari indukan bertelur hingga masa telur menetas memerlukan waktu 40-60 hari.

Setelah telur menetas biarkan indukan betina merawat anakan nya sendiri anda hanya perlu menyediakan pakan dan nutrisi yang cukup. Setelah anakan berumur 3 bulan maka anakan kura kura ambon dapat dipisahkan agar indukan dapat melakukan perkawinan kembali.

Demikian artikel pembahasan tentang cara ternak kura kura ambon dan perawatannya semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kita selanjutnya.