Panduan Cara Merawat Burung Kacer Agar Rajin Berbunyi Tiap Hari Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Merawat Burung Kacer Agar Rajin Berbunyi Tiap Hari Bagi Pemula – Burung Kacer (Magpie Robin) adalah salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Ada 2 jenis burung kacer yang populer yaitu kacer hitam/kacer jawa (Copsychus sechellarum) dan kacer sumatra/kacer poci/sekoci (Copsychus saulari).

Kedua jenis burung kacer tersebut berkerabat dekat karena berasal dari genus yang sama yaitu Copsychus. Perbedaan kedua burung kacer tersebut yang paling mencolok adalah bulu mereka yang berwarna hitam dan putih. Kacer jawa (Copsychus sechellarum) memiliki bulu hitam di semua bagian tubuhnya mulai dada hingga dekat kloaka, sedangkan kacer poci (Copsychus saularis) memiliki bulu berwarna hitam hanya hingga bagian dada, ke bawah hingga kloaka bulunya berwarna putih.

Baca Juga : Ternak Burung Kacer

Burung kacer memiliki kicauan yang merdu dan harga burung kacer ini cukup mahal. Banyak pecinta burung kicau yang mencoba membudidayakan burung kacer ini, banyak juga yang hanya sekedar ingin merawatnya di rumah. Kali ini kita akan membahas tentang cara merawat burung kacer rumahan agar rajin berbunyi tiap hari, berikut selengkapnya:

Cara Merawat Kacer Agar Rajin Berbunyi Tiap Hari

Pemberian Pakan dan Minum Burung Kacer

Pemberian pakan dan minum wajib diberikan setiap hari, ada du jenis makanan yang bisa diberikan pada burung kacer yaitu pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami yang dapat diberikan pada burung kacer dapat berupa jangkrik, belalang, orong-orong, kroto, ulat bambu, ulat Hongkong dan cacing tanah. Sedangkan pakan buatan yang dapat diberikan pada burung kacer diantaranya racikan voer dan sejenisnya.

Rajin Menggantang Sangkar Burung Kacer

Setiap hari diusahakan untuk menggantang sangkar burung kacer di atas yaitu setiap pagi jam 6 sampai dengan jam 7 sebelum burung kacer dimandikan.

Baca Juga : Budidaya Ternak Burung Kacer Dada Putih

Memandikan dan Menjemur Burung Kacer

Memandikan burung kacer akan membuat lebih berkicau dengan lantang dan merdu. Memandikan burung kacer cukup mudah  yaitu dengan menyemprotkan air dengan menggunakan sprayer yang diatur mengeluarkan air yang lembut. Lakukan penyemprot secara perlahan dan merata ke seluruh tubuh burung kacer. Waktu yang tepat untuk memandikan burung kacer yaitu sekitar pukul 8-10 pagi. Setelah dimandikan, jemur burung selama sekitar 1 jam.

Pemberian Vitamin Tambahan Pada Burung Kacer

Agar rajin gacor, berikan vitamin tambahan pada burung kacer. Vitamin tambahan tersebut dapat di beli di kios burung, selain itu bisa juga burung diberi buah-buahan segar seperti pisang, pepaya, apel, tomat dan lain sebagainya sebagai selingan pakan sehari-hari.

Menjaga Kebersihan Kandang Burung Kacer

Bersihkan kandang secara rutin untuk menhindarkan burung kacer dari berbagai serangan penyakit akibat jamur dan bakteri. Kandang yang tidak nyaman akan membuat burung kacer stres. Kacer yang sehat akan memperlihatkan gerakan yang gesit, lincah, dan aktif dalam berkicau dan nafsu makan yang baik. Jika burung kacer berperilaku seperti ini, bisa jadi juga menandakan kacer tidak stres dan merasa nyaman tinggal di kandangnya.

Baca Juga : Budidaya Ternak Kacer Poci

Peletakkan Kandang Burung Kacer

Tempat yang rama dapa membuat burung kacer stres dan burung kacer tidak mau berkicau juga tidak bergerak aktif, lebih parahnya burung kacer akan lebih rentan terkena penyakit. Jadi sebaiknya, tempatkan kandang burung kacer ditempat yang tenang dan jauh dari keramaian.

Pemasteran Burung Kacer

Jika burung kacer sudah terbiasa dengan lingkungannya, coba untuk memasterkannya. Cara memasterkan burung kacer yaitu dengan mendekatkan atau meletakan burung kecer berdekatan dengan burung lain yang memiliki kicauan lebih merdu atau yang lebih suka berkicay agar burung kacer mudah dan cepat tersugesti untuk ikut berkicau. Lakukan pemasteran ini saat sore hari karena pada jam tersebut, suhu udaranya pas dan tidak terlalu panas atau dingin.

Demikian artikel tentang cara dan tips merawat burung kacer agar gacor siang malah setiap hari, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. Sampai jumpa