Panduan Cara Menanam Paprika Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Cara Menanam Paprika Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah – Paprika (Capsicum annuum L.) adalah tumbuhan penghasil buah yang berasa manis dan sedikit pedas dari suku terong-terongan atau Solanaceae. Buahnya berwarna hijau, kuning, merah, atau ungu dan sering digunakan sebagai campuran salad.

Tanaman paprika ini berasal dari Amerika Selatan, sekarang tersebar luas dan dibudidayakan di hampir semua daerah tropika dan subtropika. Tanaman paprika umumnya tumbuh setinggi 50-150 cm. Tanaman ini dapat cocok di berbagai iklim dan bisa tumbuh di berbagai belahan dunia.

Klasifikasi Paprika
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Solanaceae
Genus: Capsicum
Spesies: C. annuum

Buah paprika mengandung banyak antioksidan dan vitamin C (150-250 mg/100 g). Kandungan karoten (seperti lycopene) pada paprika merah sembilan kali lebih banyak. Selain itu, paprika merah juga memiliki kandungan vitamin C dua kali lipat dari paprika hijau.

Cara Menanam Paprika Dari Biji

Persiapan Bibit Paprika

Biji benih yang telah disiapkan, disemaikan terlebih dahulu. Penyemaian ini disarankan menggunakan rockwool sebagai media semainya karena akan lebih mudah. Caranya yaitu basahi rockwool terlebih dahulu, lalu tiriskan hingga rockwool dalam keadaan lembap. Selanjutnya, buatlah lubang tanam pada rockwool dan letakkan benih paprika pada lubang tanam tersebut. Tunggu hingga 3-4 hari sampai pecah benih dan letakkan persemaian di tempat yang terkena sinar matahari agar bisa tumbuh optimal.

Proses Pindah Tanam Paprika

Jika bibit paprika telah muncul daun sejati, maka bibit dapat dipindahtanamkan. Pertama, cukup siapkan polybag ukuran diameter minimal 20 cm, lalu isi dengan media tanam berupa sekam bakar yang ringan dan mudah menyerap air.

Setelah itu, buatlah lubang tanam pada sekam bakar tersebut, lalu pindahkan tanaman paprika yang siap pindah tanam ke lubang tanam yang telah dibuat tersebut bersamaan dengan rockwoolnya. Kemudian, tutup kembali lubang tanam tersebut.

Perawatan dan Panen Paprika

Cara menanam paprika dengan sistem hidroponik ini, perawatannya cukup mudah yaitu hanya perlu secara rutin menyirami tanaman dengan larutan nutrisi hidroponik sayuran buah dengan kadar kepekatan 1.260-1.540 ppm. Penyiraman tanaman paprika dengan larutan nutrisi tersebut minimal dilakukan 2 kali sehari yaitu setiap pagi dan sore agar tanaman bisa tumbuh maksimal.

Pemanenan paprika dapat dilakukan jika buah paprika yang berwarna hijau sudah berubah menjadi warna merah. Tapi bisa juga pemanenan dilakukan saat paprika masih berwarna hijau, kuning atau jingga.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam Paprika Dari Biji Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa