Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Madu Cilembu Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Madu Cilembu Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses – Ubi Jalar atau Ketela Rambat atau Mantang atau Sweet Potato merupakan salah satu jenis tanaman umbi yang kaya akan karbohidrat. Tanaman umbi ini bernam latin Ipomoea batatas.

Klasifikasi Ubi Jalar
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Solanales
Famili: Convolvulaceae
Genus: Ipomoea
Spesies: Ipomoea batatas

Ada beberapa jenis ubi jalar yaitu ubi ungu, ubi kuning/oranye, ubi putih dan ada juga ubi madu cilembu. Ubi madu cilembu adalah jenis ubi lokal asli Indonesia yang awalnya dibudidayakan di daerah Sumedang, Jawa Barat sejak tahun 1990-an. Namun seiring perkembangan teknologi pertanian, maka ubi madu cilembu kini tidak hanya bisa dinikmati orang sumedang bahkan orang Indonesia saja. Sudah banyak sekali petani yang memasarkan ubi cilembu hingga ke luar negeri.

Cara Budidaya Ubi Madu Cilembu

Persiapan Bibit Ubi Madu Cilembu

Ubi cilembu adalah jenis ubi sepanjang tahun dan merupakan jenis sayuran yang mudah disimpan dan dapat tumbuh tiap tahunnya.

Siapkan ubi madu cilembu yang sudah tua, berkualitas baik dengan ciri tidak terkena penyakit dan kulitnya tidak kisut.

Potong ubi madu cilembu dan tusuk pada bagian keempat sisinya menggunakan lidi atau tusuk gigi. Rendam potongan ubi madu cilembu ke dalam air pada wadah gelas atapun botol plastik bekas yang telah dipotong bagian atasnya. Letakkan di tempat yang teduh dan biarkan hingga tumbuh tunas pada ubi madu cilembu.

Lakukan pergantian air pada gelas setiap hari untuk mencegah adanya jamur, setelah tunas tumbuh maka bisa dilakukan pemilihan tunas atau benih ubi madu cilembu. Setelah bertunas, pilihlah tunas ubi madu cilembu yang memiliki tunas tegak dan berdaun hijau segar. Biarkan tunas tumbuh dengan ketinggian sekitar 2-5 cm.

Penyemaian Bibit Ubi Madu Cilembu

Siapkan wadah semai berupa polybag atau wadah bekas cat yang tidak terpakai, usahakan bagian bawah wadah terdapat lubang ataupun celah kecil. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan bibit dari busuk akar nantinya.

Setelah itu, siapkan tanah, arang sekam dan pupuk dengan perbandingan 2 : 1: 1, campur semua bahan. Kemudian masukkan media tanam tersebut ke dalam polybag lalu buatlah lubang tanam.

Potong bagian ubi madu cilembu yang tidak bertunas, dan pisahkan tunas yang ada. Masukkan benih ubi madu cilembu ke dalam media pembibitan, lakukan perawatan hingga benih tumbuh menjadi bibit yang layak tanam. Selanjutnya, letakkan pada ruang dengan suhu sekitar 28 hingga 30 derajat celsius, hal ini akan membantu proses pertumbuhan bibit lebih cepat.

Penanaman Ubi Madu Cilembu

Bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Kemudian lakukan penggemburan dan pemupukan terlebih dahulu agar tanah kaya nutrisi sehingga bisa menghasilkan ubi madu cilembu berkualitas baik.

Selanjutnya, buatlah bedengan pada tanah dan juga lubang tanam, lalu tanam bibit pada media tanam anda.

Jika menanam ubi madu cilembu dalam pot, maka hanya perlu menyediakan tanah yang dicampur pupuk dengan perbandingan 2 : 1. Masukkan tanah campuran ke dalam pot berukuran sedang dan buatlah lubang tanam. Selanjutnya, tanam bibit ubi madu cilembu pada media pot, cara ini terbilang lebih praktis dan hemat karena tidak perlu melakukan berbagai proses lainnya.

Perawatan Ubi Madu Cilembu

Lakukan penyiraman secara rutin, setiap pagi dan sore hari. Penyiraman tersebut dilakukan seperlunya sampai tanah lembab saja jangan berlebihan hingga menggenang karena dapat membuat terjadinya busuk akar.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman ubi cilembu terpenuhi, maka lakukan pemupukan lanjutan. pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos. Pemupukan tersebut dapat dilakukan setelah 2 minggu masa tanam.

Lakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman ubi cilembu, lakukan pula pemotongan sebagian pucuk tanaman, hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan meregenerasi ubi madu cilembu.

Masa Penen Ubi Cilembu

Pemanenan ubi madu cilembu dapat dilakukan dalam waktu sekitar 4-5 bulan setelah masa tanam.
Cara pemanenan ubi cilembu ini bisa dilakukan mencabutnya atau menggali tanah pada media tanam.

Untuk menghasilkan rasa yang nikmat ubi madu cilembu, ubi harus dipanen dan dipilih dari hasil panen yang berkualitas lalu dicuci hingga bersih hingga tekstur kulit ubi cilembu halus dan berwarna coklat terang. Setelah itu, ubi harus di angin-anginkan untuk menghilangkan air yang menempel pada permukaan kulitnya. Ubi madu cilembu yang sudah bersih di masukkan ke dalam oven dengan suhu yang cukup panas, biasanya untuk pematangan dalam oven membutuhkan waktu yang lama terlebih jika oven yang digunakan oven tradisional.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Budidaya Ubi Madu Cilembu Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa