Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Gazania Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Gazania Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga – Gazania (Gazania rigens) merupakan salah satu jenis tanaman bunga yang tidak memerlukan perawatan berlebih. Tanaman bunga gazania berasal dari daratan Afrika Selatan. Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat tangguh. Gazania dijuluki sebagai tanaman bunga harta karun dan sering kali disamakan dengan bunga daisy Afrika. Gazania tumbuh merambat di tanah dan biasanya bunga gazania ini ditanam bersama tanaman-tanaman hias pendek lainnya untuk dijadikan sebagai bunga ornamental.

Gazania adalah genus tanaman berbunga di keluarga Asteraceae, asli Afrika Selatan. Mereka menghasilkan bunga hias komposit daisy-seperti yang besar dalam nuansa kuning dan oranye yang cemerlang, selama periode yang panjang di musim panas. Mereka sering ditanam sebagai groundcover toleran kekeringan.

Tanaman bunga gazania sangat mudah untuk ditanam. Tanaman bunga ini toleran terhadap kondisi tanah yang tidak subur, kering, bahkan berpasir. Gazania ini juga tidak terganggu oleh suhu panas dan percikan garam, sehingga tanaman ini sering juga ditanam di daerah pesisir pantai. Bunga gazania memiliki banyak warna cerah yaitu merah, kuning, oranye, merah muda, dan putih. Bunganya bisa juga memiliki dua warna atau lebih.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Gazania
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Eudicots
(unranked): Asterids
Order: Asterales
Family: Asteraceae
Subfamily: Cichorioideae
Tribe: Arctotideae
Genus: Gazania
Species: Gazania rigens

Cara Budidaya Bunga Gazania

Menanam bunga gazania tidak memerlukan perawatan khusus, cukup menyiramnya secara teratur. Meskipun mereka bisa hidup di tempat kering, tapi jika menginginkan bunga yang lebih besar, maka harus menyiramnya dengan teratur. Penanaman bunga gazania dapat dilakukan melalui biji. Penanaman tersebut dapat dilakukan dengan cara menaburkan langsung biji gazania di atas tanah atau ke dalam pot.

Apabila sudah memiliki tanaman ini di rumah, maka bunga gazania ini bisa diperbanyak melalui stek dari dasarnya. Memperbanyak tanaman bunga gazania melalui stek ini juga bermanfaat bagi kalian yang menginginkan lebih banyak tanaman bunga gazania ini.

Cara memperbanyak tanaman melalui stek ini yaitu dengan menanamnya terlebih dahulu di dalam pot berukuran sepuluh sentimeter. Dengan media tanam yang digunakan adalah tanah yang kaya nutrisi. Lakukan penyiraman secara teratur hingga tanaman ini benar-benar tumbuh. Setelah itu, bisa memindahkannya pada pot yang berukuran lebih besar atau bisa juga di tanam langsung ke tanah.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Bunga Gazania Bagi Pemula Agar Cepat Berbunga“,¬†semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa