Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula Agar Sukses

Posted on

Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula Agar Sukses – Bebek atau Itik adalah salah salah satu nama spesies burung yang ada dalam famili Anatidae. Bebek memiliki tubuh yang berlekuk dan lebar, memiliki leher yang cukup panjang, memiliki bentuk tubuh yang bervariasi tapi umumnya membulat. Paruh bebek lebar dan terdapat lamelae yang yang berguna sebagai penyaring makanan.

Klasifikasi ilmiah bebek
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Anseriformes
Famili: Anatidae
Subfamilia:
Dendrocygninae
Oxyurinae
Anatinae
Merginae

Bebek dapat diternakkan sebagai bebek petelur untuk menghasilkan telur dan bebek pedaging untuk menghasilkan daging. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara ternak bebek petelur, berikut selengkapnya:

Cara Beternak Bebek Petelur

Persiapan Kandang Ternak Bebek Petelur

Siapkan kandang bertipe tertutup sedikit terbuka agar sirkulasi udara dan angin tidak masuk secara langsung ke kandang melainkan terfilter, kandang tersebut dapat terbuat dari kayu, besi, maupun kawat. Ruang kandang bebek petelur dibuat tidak terlalu sempit atau idealnya 1 m persegi untuk ditempati 2 ekor bebek. Tinggi kandang bebek petelur dapat disesuaikan dengan tinggi badan peternak atau sedikit lebih tinggi, sehingga akan mempermudah dalam melakukan pemeliharaan mulai dari pemberian pakan, minum, membersihkan kandang dan juga memanen telur. Tinggi ideal kandang yaitu berkisar antara 2,5-3 M. Setelah kandang siap, siapkan peralatan pakan dan minum bagi bebek petelur.

Untuk mempermudah dalam mengawasi dan memelihara, penerangan yang cukup juga dapat membuat nyaman bebek juga dapat menambah kehangatan ruang saat malam hari. Suhu kandang bebek yang baik dapat berkisaran antara 27-30 derajat celsius.

Pemilihan Bibit Bebek Petelur yang Unggul

Ada banyak jenis bebek petelur diantaranya yaitu bebek petelur tegal, bebek petelur alabio, bebek petelur khaki campbell, bebek petelur bali, bebek petelur mojosari, bebek petelur CV 2000-INA dan lain sebagainya.

Bibit bebek petelur tersebut dapat diperoleh dengan cara membeli telur tetas dari indukan bebek yang sudah terjamin keunggulannya; memelihara indukan jantan dan betina unggul untuk mendapatkan telur tetas lalu menetaskan telur tersebut pada ayam, mentok atau mesin tetas; atau bisa juga dengan membeli Day Old Duck (DOC) dari pembibitan yang berkualitas baik dan mendapat rekomendasi dari dinas peternakan setempat.

Pemberian Pakan Bebek Petelur

Pakan bebek dengan kandungan protein tinggi dapat ditemukan pada pakan/kosentrat yang telah banyak dijual dalam bentuk pelet. Selain pelet, bebek petelur dapat diberi pakan berupa keong, ikan rucah, limbah pemotongan ayam (kulit ayam, usus dan lainnya), kodok, kepiting, cacing dan hewan kecil lain, serta kacang-kacangan (bungkil kedelai danĀ  jagung).

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa