Panduan Lengkap Cara Panen Apel Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Panen Apel Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula – Apel atau Malus domestica adalah salah satu jenis buah yang berasal dari genus Malus dan masuk dalam famili Rosaceae. Buah apel memiliki buah dengan kulit berwarna merah, hijau atau kuning dan daging buahnya berwarna putih agak keras kadang juga ada yang masir. Apel pertama kali ditanam oleh orang Asia Tengah. Apel biasanya dimakan mentah-mentah tanpa diolah, kadang juga apel diolah menjadi minuman sari apel, saus apel, cuka apel,keripik apel dan masih banyak lagi lainnya.

Apel banyak digemari oleh banyak orang, jika anda ingin menanam buah tersebut sendiri dirumah tidak ada salahnya. Biasanya melakukan penanaman apel menggunakan stek batang, bibit okulasi atau juga cangkok. karena sulitnya mencari bibit apel, anda bisa melakukan penanam menggunakan biji.

Baca Juga : Menanam Apel Dari Biji

Cara Panen Apel Yang Baik Dan Benar

Tips Budidaya Pohon Apel

Pilih benih apel yang memiliki kualitas unggul. Sebaiknya pohon apel ditanam secara berpasangan karena pohon apel tidak bisa melakukan penyerbukan sendiri. Benih apel bisa didapatkan langsung dari buah apel maupun dibeli dari toko tanaman.

Setelah itu karena apel merupakan tanaman yang cocok ditanam di dataran tinggi atau di tempat dengan suhu yang cukup dingin. Jika akan menanam apel di daerah yang cukup panas, maka harus melakukan manipulasi suhu agar biji cepat berkecambah. Caranya dengan menaruh biji apel di kain yang dibungkus tisu, lalu dimasukkan ke wadah tertutup rapat. Masukkan wadah tersebut ke dalam kulkas agar mendapatkan suhu yang cukup dingin hingga biji apel ini berkecambah.

Baca Juga : Menanam Apel Dalam Pot

Sebaiknya menanam biji apel dilakukan di media tanah dengan pH netral. Buatlah cekungan tanah dalam pot selebar dua atau tiga kali luas biji yang sudah berkecambah. Sebaiknya media tanam tidak ditambahkan pupuk dulu. Setelah benih dipindahkan, tutup benih dengan tanah, lalu disiram.

Disarankan, pot pohon apel diletakkan di suhu kamar dan dipastikan mendapatkan sinar matahari yang cukup. Penyiraman bisa dilakukan secara setiap hari tapi tidak perlu berlebihan karena pohon apel tidak suka tanah yang terlalu basah

Setelah benih apel tumbuh, maka bisa dilakukan perawatan dengan pupuk kompos untuk merangsang pertumbuhan pohon apel. Pemindahan benih ke lahan yang lebih luas bisa dilakukan setelah tinggi bibit mencapai sekitar 30 cm.

Baca Juga : Menanam Apel Malang

Cara Panen Buah Apel

Pada umumnya, buah apel sudah bisa dipanen 4-5 bulan setelah bunganya mekar. Biasanya, umur buah apel akan bisa lebih panjang di saat musim hujan atau di daerah dataran tinggi. Panen apel paling baik dilakukan saat buah sudah mencapai tingkat masak secara fisiologis, yaitu buah bisa menjadi masak secara normal setelah dipanen. Ciri-ciri buah apel yang sudah siap dipanen yaitu ukurannya mulai mendekati ukuran buah apel normal, aromanya sudah mulai tercium, warnanya segar, dan jika ditekan terasa keras.

Cara panen apel dilakukan dengan memetik buahnya langsung dengan tangkainya. Sebaiknya, pemanenan apel ini dilakukan secara serempak. Pohon apel bisa dipanen setiap enam bulan sekali. Per pohon apel bisa menghasilkan 6-15 kg buah apel.

Demikian pembahasan tentang cara budidaya dan panen apel yang baik dan benar semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya.