Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) Perangsang Bunga Dari Yakult Mudah

2 min read

Cara Membuat POC Perangsang Bunga – Sebenarnya terdapat beberapa faktor penghambat yang menyebabkan tanaman tidak kunjung berbuah. Salah satu faktor penyebabnya karena lahan tanam yang kurang subur Selain karena lahan yang kurang subur dan asupan nutrisi yang dibutuhkan pada tanaman belum terpenuhi. Jika demikian, maka anda perlu memperhatikan kesuburan tanah dan melakukan perawatan lebih lanjut dengan memberikan pupuk pada tanaman. Anda bisa menggunakan pupuk kandang dan pupuk hijau yang diberikan secara berkala. Salah satu pupuk organik yang sangat efektif untuk merangsang bunga pada tanaman adalah dengan memberikan pupuk yakult. Pupuk yakult dapat di aplikasikan pada tanaman buah agar cepat berbunga dan berbuah lebat.

Seperti yang kita ketahui, Yakult adalah suplemen makanan berbentuk minuman probiotik yang mengandung bakteri baik Lactobacillus casei shirota strain, yang biasanya juga hidup secara alami dalam usus manusia. Dalam setiap botolnya, Yakult mengandung lebih dari enam koma lima miliar Lactobacillus casei. Dengan demikian, yakult dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam saluran pencernaan sehingga menyulitkan bakteri jahat untuk berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Baca Juga : Cara Membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari Limbah Ikan

Jika pada manusia, bakteri Lactobacillus casei digunakan untuk membantu mencegah dan mengobati gangguan pencernaan, seperti diare, sembelit, sindrom iritasi usus (IBS), peradangan usus (IBD), dan gangguan pencernaan yang disebabkan infeksi bakteri Helicobacter pylori. Lactobacillus casei juga digunakan untuk mencegah flu dan pilek pada orang dewasa, dan untuk mencegah infeksi pernapasan pada anak-anak. Secara keseluruhan, Yakult membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, sekaligus membangun dan menjaga daya tahan tubuh.

Sedangkan dalam dunia pertanian, Yakult memiliki peran yang mirip dengan pupuk EM 4 karna mengandung mikroorganisme fermentasi dan sintetik yang terdiri dari bakteri Asam Laktat (Lactobacillus Sp) bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman. Cairan yang berupa bakteri fermentasi bahan organik yang terdiri dari beberapa mikroorganisme yang menguntungkan. Diantaranya adalah bakteri lactobacilus, Yeast, fotosintetik, pelarut fosfat. Semua bakteri ini ialah bakteri baik yang berfungsi sebagai pengurai dan diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman serta ramah lingkungan.

Untuk itu, berikut ini akan kami jelaskan cara membuat pupuk organik cair (POC) dengan Yakult untuk merangsang pertumbuhan bunga pada tanaman buah.

Baca Juga : Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun Pepaya

Cara Membuat POC Perangsang Bunga Dari Yakult

Berikut beberapa bahan yang perlu disiapkan untuk membuat POC dari Yakult.

  • 1 botol Yakult
  • 2 butir telur
  • 500 Ml Air Bersih / Air kelapa / Pocari Sweat

Cara Membuat

Masukkan 2 butir telur dalam wadah lalu aduk hingga rata. Setelah benar-benar rata selanjutnya masukkan 1 botol yakult kedalam wadah yang sama dan aduk kembali hingga rata.

Setelah telur dan yakult tercampur rata, kemudian masukkan 500Ml air bersih atau air kelapa, dan aduk kembali hingga berbusa.

Selanjutnya diamkan dan lakukan fermentasi kurang lebih selama 3 hari. Setelah 3 hari, POC sudah bisa digunakan untuk proses pemupukan.

Keterangan :

  • Telur dianggap sebagai salah satu sumber protein terbaik, juga sumber vitamin dan mineral untuk memenuhi kebutuhan tanaman agar dapat berbunga.
  • Yakult berfungsi sebagai sumber mikroorganisme fermentasi dan sintetik yang terdiri dari bakteri Asam Laktat (Lactobacillus Sp) bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah dan tanaman.
  • Selain dengan air bersih, anda juga bisa menggunakan air kelapa atau pocari sweat karena mengandung unsur hara dan mineral yang lebih lengkap. Air kelapa mengandung banyak nutrisi mikro seperti magnesium, besi, kalsium, mangan, dan boron yang diperlukan untuk metabolisme tanaman.

Baca Juga : Cara Membuat Pestisida Nabati dari Daun dan Biji Mimba

Dosis Pemakaian POC Yakult

Cara pengaplikasian POC yakult untuk tanaman adalah dengan cara mencampurkan 5 SDM POC yakult dengan 20 liter air bersih. Selanjutnya aplikasikan dengan cara penyiraman pada tanaman cabai, tomat, pepaya , dan tanaman buah lainnya. Lakukan pengulangan selama 7 hari sekali agar tanaman buah cepat berbunga dan berbuah lebat.

Itulah informasi yang diberikan tentang Cara Membuat Pupuk Organik Cair Perangsang Bunga Dari YakultSemoga informasi yang diberikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai sumber literasi bagi pembaca.