Panduan Cara Mengatasi Radang Kuku Pada Kambing Ternak Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Mengatasi Radang Kuku Pada Kambing Ternak Bagi Pemula – Kambing merupakan salah satu hewan yang banyak diternakan karena keutuhan yang tinggi di masyarakat. Daging kambing banyak dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis makanan salah satunya sate kambing. Dalam proses ternak kambing, ada beberapa permasalahan kesehatan yang bisa terjadi dan bisa menimbulkan kondisi yang berdampak buruk bagi kambing, salah satunya adalah radang pada kuku kambing. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi radang kuku pada kambing ternak, berikut selengkapnya:

Baca Juga : Cara Ternak Kambing

Cara Mengatasi Radang Kuku Pada Kambing Ternak Bagi Pemula

Pisahkan Kambing Ternak yang Terinfeksi

Jika menemukan adanya kambing ternak yang mengalami radang pada kukunya maka segera pisahkan kambing tersebut dari kawanan di dalam kandang. Pemisahan ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penularan kondisi kuku yang radang akibat infeksi. Selain mencegah penularan dari kambing yang terinfeksi dengan kambing sehat, pemisahan atau karantina dilakukan untuk mempercepat dan memfokuskan pengobatan sehingga lebih efektif.

Baca Juga : Penyakit Pada Kambing Ternak

Potong Kuku Ternak

Setelah kambing ternak yang terinfeksi radang kuku dipisahkan, Selanjutnya hilangkan bagian kuku yang bagian dalamnya mengalami radang. Memotong kuku secara perlahan dilakukan untuk menghilangkan bagian luar kuku agar kondisi radang di dalam kuku tersebut bisa diatasi dengan baik. Pemotongan kuku juga dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh kambing akibat adanya radang pada kukunya. Sebaiknya, pemotongan dilakukan pada seluruh bagian kuku yang mengalami radang agar bagian dalam yang terasa sakit bisa disembuhkan menggunakan obat dengan benar.

Baca Juga : Ternak Kambing Jawa

Bersihkan Menggunakan Alkohol

Setelah bagian kuku dipotong, selanjutnya bersihkan bagian dalam kuku tersebut menggunakan cairan antiseptik seperti alkohol dan larutan formaldehid. Setelah seluruh bagian kuku kambing yang mengalami radang dibersihkan lalu diberi obat salep yang biasa digunakan dalam mengatasi kondisi penyakit tersebut seperti salep sulfatizol. Kemudian lakukan penutupan dengan perban agar bagian kuku yang sudah terobati tidak kotor. Lakukan pembersihan menggunakan alkohol dan pengolesan salep setiap hari agar kambing cepat sembuh.

Bersihkan Kandang Kambing

Selain mengobati secara langsung bagian kuku yang radang, langkah preventif atau pencegahan lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi kuku radang yaitu dengan membersihkan kandang kambing dan memberikan penataan ulang untuk kondisi cahaya serta kelembapan dari kandang untuk mencegah penyakit serupa terjadi kembali.

Baca Juga : Ternak Kambing Potong

Memahami Penyebab Radang Kuku

Peternak kambing harus memahami setiap penyebab yang bisa memicu munculnya radang kuku sehingga beberapa langkah pencegahan selain membersihkan kandang dapat dilakukan dengan tepat. Penyebab utama munculnya kondisi radang kuku pada kambing adalah karena infeksi bakteri Sphaeroporus necrophorus yang terdapat di kandang, minuman, pakan kambing, maupun alat alat yang digunakan dalam peternakan.

Demikian artikel pembahasan cara mengatasi radang kuku pada kambing ternak semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa