Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Bagi Pemula – Udang air tawar merupakan salah satu hasil budidaya yang banyak diminati, dari waktu ke waktu konsumsi udang air tawar mengalami peningkatan secara signifikan.

Tingginya permintaan pasar akan udang air tawar ini tidak diimbangi dengan jumlah produksi pembudidaya. Alasan yang sering ditemui yaitu kondisi cuaca dan alam yang tidak mendukung, ini membuat para pembudidaya mengalami kegagalan bahkan saat panen produktivitas tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga hal tersebut membuat para pembudidaya mulai memutar otak dan mencari alternatif budidaya yang bisa meminimalisir resiko. Salah satu hal yang bisa dilakukan yaitu merubah lingkungan budidaya yang tadinya di tambah ke dalam kolam aquarium.

Baca Juga: Budidaya Udang Sistem Busmetik

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya udang air tawar, semoga bermanfaat.

Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium Bagi Pemula

Persiapan Media Budidaya (Aquarium)

Aquarium bisa dibeli di toko atau bisa juga membuatnya sendiri. Ukuran aquarium yang persiapkan sebaiknya pilih yang ukurannya bervariatif, sehingga bisa menyesuaikan dengan jumlah bibit yang akan dibudidayakan dalam akuarium. Sebagai dasar bisa gunakan patokan 10 ekor udang untuk 1 meter persegi dengan tinggi akuarium 80-100 cm. Apabila memutuskan untuk membuat aquarium sendiri maka pastikan gunakan kaca berukuran tebal.

Baca Juga : Cara Budidaya Udang Hias Air Tawar

Pemilihan Bibit Udang Air Tawar

Pilih bibit udang yang berkualitas dan juga memiliki produktifitas tinggi. Kriteria bibit udang berkualitas dan memiliki produktifitas tinggi diantaranya yaitu:

  • Bibit yang dipilih merupakan bibit udang air tawar yang sehat dan tidak terpapar hama serta penyakit.
  • Memiliki warna kulit cerah mengkilap.
  • Memiliki gerakan yang aktif dan juga lincah.
  • Ukuran benih dan bobotnya seragam.
  • Benih memiliki ketahanan yang baik saat berada dalam perjalanan.
  • Memiliki bobot ideal yaitu sekitar 0,1 gram-0,3 gram.

Persiapan Pakan dan Vitamin

Jenis pakan dan jumlah pakan yang diberikan pada udang air tawar akan berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan udang air tawar. Pakan yang diberikan harus memiliki unsur seperti biji jagung, tepung terigu, ketan padi, white germ meal dan rice bean. Pakan tersebut bisa dibeli di toko pakan ikan dan udang.

Untuk vitamin udang air tawar juga bisa mendapatkannya di toko penjualan pakan udang, pastinya vitamin yang diberikan harus mampu memberikan dampak baik bagi pertumbuhan dan gunakan vitamin yang sudah umum digunakan untuk udang.

Baca Juga : Budidaya Udang Ronggeng

Tahapan Budidaya Udang Air Tawar

Pertama bersihkan aquarium dari kotoran atau juga debu yang menempel lalu isi aquarium menggunakan air bersih, cek pH air untuk idealnya pH air budidaya harus berada pada angka 6-7. Kemudian cek suhu air, suhu air yang ideal adalah 25-26 derajat celcius.

Untuk menyediakan oksigen didalam kolam maka gunakan pompa atau aerator yang biasa digunakan dalam budidaya ikan hias. Jangan lupa masukkan juga potongan paralon yang bersik kedalam aqurium, paralon ini nantinya akan digunakan sebagai tempat persembunyian udang.

Biarkan selama beberapa hari, baru kemudian benih udang tawar dapat ditebar dalam aquarium. Pastikan populasi sesuai dengan luas aquarium, terlalu padat menyebar akan menimbulkan udang stres dan mengalami kematian.

Baca Juga : Budidaya Udang Amano

Perawatan dan Pemeliharaan Udang Air Tawar

Pemberian Pakan Udang Air Tawar

Pemberian pakan pada udang air tawar bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Dengan komposisi 40% di pagi hari dan 60% di sore hari. Sebaiknya, saat pemberian pakan jangan sampai sisa pakan mengotori aquarium. Pakan diberikan sedikit demi sedikit dan biarkan udang memakannya hingga habis, jika sudah kenyang tentu mereka akan berhenti dengan sendirinya.

Menjaga Kualitas Air Dalam Aquarium

Perhatikan selalu kualitas air dalam aquarium karena menumpuknya kotoran pada air akan bisa membawa dampak buruk terutama bagi kesehatan dan perkembangan udang air tawar. Selain kualitas warna air juga harus diperhatikan karena perubah warna mengindikasikan harus segera di lakukan penggantian air. Sebaiknya segera ganti dengan air bersih yang baru, dengan memindahkan terlebih dahulu udang kedalam wadah lain, setelah air sudah diganti bisa dimasukkan kembali ke dalam aquarium.

Baca Juga: Budidaya Udang Red Cherry

Proses Pemijahan Udang Air Tawar

Proses pemijahan udang air tawar relatif tidak membutuhkan bantuan manusia, karena udang yang sudah siap bereproduksi akan melakukan perkawinan dengan sendirinya. Pembudidaya hanya perlu menyiapkan aquarium pemijahan yang diisi 1 pejantan dan 2 betina.
Seleksi Ukuran Udang Air Tawar

Jika budidaya sudah berjalan lebih dari 4-5 bulan maka sudah saatnya lakukan pemisahan udang berdasarkan ukurannya. Hal tersebut bertujuan untuk memfokuskan pemberian pakan sesuai dengan komposisi bobot tubuh udang. Apabila udang kecil dan besar di satukan maka yang ditakutkan, udang besar akan memakan jatah pakan udang kecil. Sehingga pada akhirnya pertumbuhan udang kecil menjadi terhambat.

Masa Panen Udang Air Tawar Dalam Aquarium

Sebelum panen, lakukan persiapan panen dilakukan minimal 1 minggu sebelum panen tiba. Persiapan panen yang dilakukan diantaranya yaitu:

  • Mencari pengepul atau penampung hasil panen.
  • Mempersiapkan alat panen seperti saringan atau jaring.
  • Menyiapkan box stereofoam yang akan digunakan sebagai wadah penyimpanan udang.
  • Menyiapkan es balok atau juga mesin pendingin untuk menyimpan udang agar tetap segar.

Baca Juga : Budidaya Lobster Air Tawar

Setelah masa budidaya yang cukup panjang, maka udang air tawar dapat mulai dilakukan pemanenan pada umur 6 bulan. Panen dilakukan dengan mengambil udang air tawar dari dalam aquarium dan menempatkannya ke dalam box yang sudah disiapkan. Setelah itu seleksi udang dan pisahkan udang sesuai dengan ukurannya dan sortir udang yang tak layak jual. Selanjutnya lakukan proses pengepakan dan dikirim kepada pengepul atau penerima hasil panen.

Demikian pembahasan tentang cara budidaya udang air tawar di aquarium semoga bermanfaat dan jangan lupa ikut postingan kami selanjutnya.