Panduan Cara Budidaya Memelihara Ular Mono Pohon Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Budidaya Memelihara Ular Mono Pohon Bagi Pemula – Ular adalah kelompok reptilia tidak berkaki dan bertubuh panjang yang tersebar luas di dunia. Secara ilmiah, semua jenis ular dikelompokkan dalam satu subordo, yaitu Serpentes dan juga merupakan anggota dari ordo Squamata, bersama-sama dengan kadal.

Ada jenis ular berbisa dan ada juga jenis ular tidak berbisa. Bisa ular dapat menjadi racun yang cukup berbahaya bagi manusia. Sehingga, kebanyakan orang menganggap ular masih hewan yang dianggap berbahaya dan menakutkan. Tapi ada juga orang yang menjadikan ular bisa sebagai hewan peliharaan.

Baca Juga : Ular Phyton atau Sanca

Bagi pemula yang ingin memelihara ular bisa dimulai dengan mengurus ular yang tidak berbisa. Salah satu jenis ular tidak berbisa adalah ular monopohon. Ular mono pohon memang cocok untuk dijadikan ular peliharaan bagi pemula karena bentuknya kecil dan tidak berbisa. Ular monopohon dewasa besarnya hanya sekitar dua ibu jari orang dewasa. Nama ilmiah ular monopohon yaitu Candoia Carinata.

Ular monopohon merupakan jenis ular boa yang gemar melilit atau bertengger di ranting pohon. Hal inilah yang menyebabkan ular ini disebut dengan nama ular monopohon. Ular monopohon ini termasuk ke dalam hewan nokturnal, yaitu hewan yang memburu mangsanya pada malam hari. Ular ini memiliki warna dan motif yang beragam, mulai dari warna kuning, hitam, coklat, merah, putih, hingga oranye.

Baca Juga : Ternak Tikus Putih

Tips dan Cara Memelihara Ular Monopohon Bagi Pemula

Kandang Ular Mono Pohon

Sebaiknya, ular peliharaan diletakkan di kandang agar lebih aman dan tidak kabur. Terutama jika ada memiliki anak kecil dan tinggal dekat dengan tetangga di perumahan.

Kandang ular mono pohon yang baik bisa menggunakan terarium ukuran standar atau container box. Sediakan alas dari kardus atau kertas bekas. Letakkan kandang di tempat yang tidak pengap dan bersihkan secara rutin. Sediakan juga ranting pohon karena ular mono pohon senang membelitkan diri di ranting pohon tersebut.

Baca Juga : Budidaya Kura-Kura Brazil

Suhu Ideal Bagi Ular Mono Pohon

Suhu ideal bagi ular mono pohon yaitu suhu ruangan biasa. Jangan biarkan kandang menjadi sangat tertutup dan pengap. Jaga agar suhu kandang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Menjemur Ular Mono Pohon

Ular pohon memerlukan asupan kalsium dari sinar matahari. Untuk itu, sebaiknya Anda menjemur atau basking ular mono pohon secara rutin. Penjemuran bisa dilakukan selama 5 hingga 10 menit di bawah sinar matahari pagi atau maksimal jam 9 pagi.

Pemberian Air Minum Ular Monopohon

Ular mono pohon memerlukan konsumsi air putih atau air minum yang cukup setiap harinya. Sediakan air minum bersih di dalam wadah kecil dan diganti setiap hari.

Baca Juga : Ternak Sugar Glider

Pemberian Pakan Ular Monopohon

Ular mono pohon memerlukan makanan untuk pertumbuhannya dan bertahan hidup. Berikan ular mono pohon makanan secara rutin. Pemberian pakan tersebut bisa dilakukan sebanyak seminggu dua atau tiga kali. Makanan yang bisa diberikan pada ular mono pohon misalnya cicak hidup. Biarkan ular mono pohon memburu cicak di dalam kandangnya yang tertutup.

Demikian pembahasan cara budidaya memelihara ular monopohon bagi pemula, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa