landak-mini

Panduan Cara Budidaya Landak Mini “Peluang Bisnis Yang Menjanjikan”

Posted on

Panduan Tahap-Tahap Cara Budidaya Landak Mini “Peluang Bisnis Yang Menjanjikan” 

Landak merupakan salah satu hewan yang unik, landak memiliki bulu atau rambut yang tebal hingga membentuk duri yang berfungsi sebagai pelindung dirinya dari pemangsa. Landak merupakan hewan pengerat atau Rodentia yang apabila saat mereka merasa terancam maka landak akan melipat tubuhnya membentuk bola.

Banyak orang yang takut memelihara landak karena duri-durinya yang tajam, namun sebenarnya ada banyak jenis landak dan tidak semuanya memiliki duri yang tajam, contohnya Landak Mini yaitu jenis landak yang berasal dari keluarga Erinaceinae. Kini mulai banyak orang yang memelihara jenis landak mini tersebut sebagai hewan peliharaan dirumah atau bahkan membudidayakannya untuk dijual dan dijadikan usaha karena hewan ini memiliki ukuran mungil dan menggemaskan banyak orang menyukainya.

Ada beberapa jenis landan mini diantaranya : landak mini albino, landak mini salt and pepper, landak mini cinnicot, landak mini cinnamon, landak mini appricot, landak mini champagne, landak mini charcoal, dan landak mini platinum. Landak mini tersebut juga memiliki penamaan menurut corak warna yang dimiliki landak kini seperti pinto, tabiano, dan snowflake.

Bagi anda yang ingin memelihara atau membudidayakan landak mini ini, berikut adalah tahap-tahap budidaya landak mini tersebut:

a. Tahap Persiapan Budidaya Landak Mini
Sebelum melakukan budidaya landak mini ini, pastinya anda membutuhkan kandang untuk tempat mereka tinggal dan untuk tempat bagi indukan jantan dan indukan betina landak mini melakukan proses perkawinan. Membuat kandang untuk landak mini tidak begitu sulit bahkan anda bisa membieli kandang tersebut di pet shop atau yang lainnya.Jika anda membuatnya maka ukuran kandang yang perlu disiapkan hanya seluas 30 cm yang bisa dibuat dari sambungan kayu dan ditutup dengan kawat, jika anda membeli kandang tersebut, pilihlah ukuran yang sama yaitu seluas 30 cm.

Pakan untuk landak mini juga perlu disiapkan, anda bisa mendapatkan pakan landak mini tersebut di pet shop yang ada di sekitar anda. Pakan hewan untuk landak mini tersebut sama dengan pakan hewan untuk kucing atau anjing. Selain pakan tersebut, anda juga perlu mempersiapkan pakan alami untuk diberikan pada landak mini berupa jangkrik, ulat jerman, dan ulat hongkong.

Sebelum mengawinkan landak mini jantan dan landak mini betina anda tidak boleh asal memilih. Landak mini yang akan dikawinkan haruslah memiliki sifat baik atau jinak dan telah memaenuhi syarat umur yaitu landak mini yang berumur 5 bulan lebih namun tidak lebih dari 12 bulan atau setahun.

b. Tahap Mengawinkan Landak Mini
Setelah calon indukan jantan dan indukan betina landak mini disiapkan, selanjutnya masukkan landak mini betina dan landak mini jantan tersebut dalam kandang yang telah disiapkan (landak betina dimasukkan ke kandang jantan). Biarkan landak mini tersebt dalam kandang selama seminggu atau 7 hari. Sebaiknya anda mencatat perkembangan landak mini tersebut mulai dari saat perkawinan hingga nanti landk mini betina hamil. Setelah 7 hari, keluarkan landak mini jantan dari kandng dan biarkan landk mini betina sendiri dalam kandang. Masa kehamilan landak mini pada umumnya yaitu sekitar 35 hari walaupun ada yang bisa mencapai 46 hari.

c. Tahap Perawatan Landak Mini Indukan dan Landak Mini Anakan
Agar dapat mengecek dan memantau perkembangan indukan landak mini dan juga anakannya, sediakan kotak khusus bagi indukan landak mini. Setelah masa kehamilan indukan landak mini memasuki usia 2 minggu terakhir maka porsi pemberian pakannya ditingkatkan. Jika terdengar suara decitan dalam kotak indukan tersebut, berarti indukan landak mini tersebut telah melahirkan anakannya. Tapi ingat jangan sampai anda menyentuh anakan landak mini tersebut karena akan berakibat sang induk tidak akan mengenali anakannya karena sudah bercampur bau tangan anda, disarankan jika anda ingin memindahkan anakan landak mini tersebut sebaiknya menggunakan sendok.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Budidaya Landak Mini “Peluang Bisnis Yang Menjanjikan” “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa