Maggot

4 Cara Budidaya Maggot Pakan Ikan Murah Dengan Mudah Di Rumah

Posted on

Cara Budidaya Maggot/Belatung Pakan Ikan Murah Tanpa Bau Dengan Mudah Di Rumah Bagi Pemula – Magot atau belatung adalah larva lalat yang tumbuh pada bahan organik yang membusuk. Tempayak belatung atau bernga/berenga ini dapat kita temukan pada bahan organik yang sudah membusuk seperti bangkai, buah, sayur mayur yang rusak atau yang lainnya. Apabila dalam keadaan utuh, Manggot atau belatung ini memiliki kadar protein yang tinggi yaitu sekitar 43% dan apabila sudah dijadikan pelet maka kadar proteinnya menjadi sekitar 30% hingga 40%.

Karena kadar protein yang tinggi, banyak orang yang melakukan budidaya manggot/belatung ini untuk pakan ikan. Berikut ini adalah cara budidaya magot untuk pakan ikan.

Cara Budidaya Maggot Dengan Ampas Tahu

a. Pertama, siapkan dahulu alat dan bahan yang diperlukan seperti :

  • Ember, drum atau wadah yang lainnya
  • Ampas tahu
  • Kotoran ayam, kotoran sapi atau kambing
  • Air
  • dan juga pengaduk.

b. Selanjutnya, masukkan ampas tahu dalam wadah yang disiapkan dapat berupa ember, drum atau yang lain. Kemudian tambahkan air dan aduk merata.

c. Setelah itu masukkan kotoran ternak (ayam, sapi, atau kambing) dan tutup permukaannya dengan daup pisang kering agar lalat mau bertelur.

d. Jika sudah, tempatkan wadah tersebut pada tempat yang teduh dan terlindung dari hujan.

e. Setelah sekitar 2 minggu hingga 3 minggu, belatung dapat mulai di panen. Cara memanen maggot sangatlah sederhaa yaitu hanya dengan mencampurkan air pada media kultur kemudian saring untuk memisahkan belatung dengan media kultur.

Cara Budidaya Maggot Dengan Makanan Sisa

Makanan sisa yang bisa digunakan antara lain nasi basi atau yang lainnya. Untuk melakukan budidaya dengan menggunakan makanan sisa sangat mudah, siapkan saja wadah yang memiliki permukaan lebar lalu masukkan makakan sisa tersebut dalam wadah . Biarkan wadah tetap terbuka jangan ditutup agar lalat dapat masuk dan bertelur.

Cara Budidaya Maggot Dengan Sabut Kelapa

Untuk budidaya maggot atau belatung dengan menggunakan sabut kelapa, selain sabut kelapa alat dan bahan yang perlu disiapkan antara lain baskom atau wadah lain berukuran sedang, kantong kresek hitam, air limbah jeroan dan juga tali rafia.

Jika semua sudah siap, selanjutnya giling sabut kelapa hingga halus. Selanjutnya campurkan sabut kelapa giling tersebut dengan air limbah jeroan.

Letakan wadah yang berisi campuran sabut kelapa dan air limbah jeroan pada tempat terbuka yang lembab maka setelah seminggu maggot dapat mulai dipanen.

Cara Budidaya Maggot Dengan Bekatul

Pertama siapkan dahulu alat dan bahan seperti wadah (bak, baskom atau yang lainnya), bekatul, plastik hitam dan tali rafia.

Selanjutnya cuci wadah yang akan digunakan dengan air panas. Setelah itu masukkan bekatul dalam wadah lalu siram dengan air secukupnya.

Tutup wadah dengan plastik hitam dan ikat dengan tali rafia, diamkan selama sekitar 3 hari pada tempat yang lembab. Setelah itu buka tutup lalu tempatkan pada tempat yang terbuka, maka setelah sekitar 1 minggu maggot sudah dapat mulai dipanen.

Tips Cara Budidaya Belatung Tanpa Bau

Untuk melakukan budidaya belatung tanpa bau, anda harus memilah sampah yang akan digunakan untuk budidaya. Dengan melakukan pemilahan sampah organik mdengan sampah yang lain (anorganik) maka budidaya maggot tanpa bau akan lebih mudah dilakukan.

Demikian artikel pembahasan tentang”4 Cara Budidaya Maggot Pakan Ikan Murah Dengan Mudah Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postinga kami berikutnya.Sampai Jumpa