5 Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Windu Berkualitas Tinggi Dan Cepat Besar

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Windu Berkualitas Tinggi Dan Cepat Besar

Berbicara tentang udang, banyak orang yang menyukainya untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Banyak orang yang mencoba untuk membudidayakan udang karena permintaan pasar akan udang yang terus meningkat dan dengan melakukan budidaya udang ini dapat dijadikan peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk menambah penghasilan. Jenis udang yang banyak diminati untuk dibudidayakan adalah Udang Windu atau Penaeus monodon karena udang windu adalah jenis udang yang memiliki keunggulan dari segi ukuran ukurannya dan peminat kuliner olahan udang windu ini cukup tinggi. Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya udang windu, berikut selengkapnya.

a. Pemilihan Bibit Udang Windu
Pilihlah bibit udang windu yang berkualitas tinggi untuk dibudidayakan agar hasil budidaya memuaskan. Bibit udang windu yang baik atau berkualitas, tidak jauh berbeda dengan spesifikasi bibit udang jenis lain yaitu aktif atau bergerak bebas, berenang melawan arus, sehat atau tidak cacat fisik.

b. Persiapan Kolam Tambak Udang Windu
Lokasi pembuatan tambak udang windu ini harus diperhatikan, lokasi untuk budidaya sebisa mungkin memiliki suhu sekitar 25°-29°.

Sebelum melakukan budidaya udang, buat dahulu kolam tambak berbentuk persegi, jika sudah dibuat maka selanjutnya keringkan dahulu kolam hingga beberapa hari agar virus dan bakteri yang ada dalam kolam mati. Namun sebelum dilakukan pengeringan, kolam disemprot denganair guna membersihkan kotoran dan endapan yang ada dalam kolam.

Setelah proses pengeringan, lakukan proses penyesetan yang bertujuan untuk meratakan tanah dalam kolam tambak dengan menggunakan cangkul. Jika sudah, selanjutnya lakukan pengapuran agar pH tanag yang cenderung asam menjadi netral dan tanah menjadi subur.

Jika semua proses telah dilakukan, selanjutnya lakukan pengisian air dalam kolam. Air yang diisikan dalam kolam melalui proses penyaringan dahulu lalu dialirkan dalam tambak secara bertahap hingga ketinggian air sekitar 1 meter hingga 1,5 meter. Diamkan selama sekitar 2 hingga 3 minggu dan barulah bibit dapat ditebar.

c. Penebaran Bibit Udang Windu
Sebelum bibit ditebar, seimbangkan dahulu suhu air dalam kolam tambak. Jka sudah, bibit udang jangan ditebar dahulu namun harus melalui proses diaklimitasi selama sekitar 20 menit hingga 30 menit sellanjunya baru ditebar.

d. Pemeliharaan Atau Pembesaran Udang Windu
Sebelum udang windu berumur sekitar 60 hari, lakukan pengecekan tinggi air dalam kolam tambak secara rutin. Lakukan pengendalian hama yang sering menyerang seperti burung dengan cara menasang jaring diatas tambak. Lakukan pula pemberian pakan secara rutin sebanyak 3 kali hingga 4 kali dalam sehari. Walaupun biasanya udang memakan pakan alami yang ada dalam kolam yang berupa lumut, zooplankton dan plankton, beri pula udang dengan pakan berupa pelet ikan yang bisa anda bat dari kepala udang yang digiling. Untuk menunjan prkembangan dan pertumbuhan udang beri pula udang dengan vitamin secara berkala.

e. Pemanenan Udang Windu
Setelah berumur 4 bulan hingga 6 bulan udang windu sudah dapat dipanen. Biasanya udang yang berkualitas bagus akan memiliki bobot sekitar 7 hingga 8 ons/ekor udang.

Demikian artikel pembahasan tentang”5 Panduan Lengkap Cara Budidaya Udang Windu Berkualitas Tinggi Dan Cepat Besar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa