Cara Menanam dan Merawat Tanaman Daun Kesum Yang Kaya Akan Manfaat

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Daun Kesum Yang Kaya Akan Manfaat – Kesum (Persicaria odorata) adalah salah satu jenis tanaman herba yang ukup populer di Indonesia, Malaysia dan beberapa negara yang beriklim tropika. Nama lain kesum yaitu Chinese Knotweed (Inggris), Phak phai (Thailand), Duo mao lio (China), Surudo kudami (Jepang).

Secara morfologi, tanaman daun kesum merupakan tanaman herba menjalar yang dapat tumbuh hingga ketinggian 1 meter apabila ditanam di daerah dataran rendah dan 15 meter apabila ditanam di daerah dataran tinggi.

Tanaman kesum memiliki daun yang runcing dan panjag berbentuk anak panah dengan lebar 0,5-2 cm dan panjang sekitar 5-7 cm. Hampir sama seperti daun kemangi ataupun daun pandan yang memiliki aroma khas, daun kesum memiliki aroma yang sangat khas.

Tanaman kesum sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia sebagai bahan perisa dalam banyak jenis makanan dan masakan, terutama rasa laksa dan asam pedas.

Daun kesum juga bisa dimakan langsung sebagai lalapan ataupun dimakan sebagai lauk pauk. Secara tradisional, air rebusan daun kesum digunakan untuk mengobati masalah pencernaan, dan dapat menghilangkan ketombe di kepala, serta sebagai minuman untuk perempuan selepas bersalin. Dari segi khasiat makanannya, daun kesum kaya akan beta karoten, vitamin C, vitamin A dan juga kalium, kalsium dan fosforus.

Daun kesum yang memiliki bau khas yang aromatik dan dapat menghasilkan minyak sari pati yang mengandung bahan kimia aliphatic aldehyde yang tinggi hingga 60% dan unsur kimia utamanya berupa decanal dan dodecanal.

Minyak daun kesum juga dipercaya memiliki potensi yang tinggi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang kurang baik, apalagi daunnya yang cocok unutuk bahan makanan pokon dan dalam industri perisa dan wangi-wangian.

Cara Menanam dan Merawat Tanaman Daun Kesum

Cara Menanam Daun Kesum

Tempat terbaik untuk menanam tanaman daun kesum yaitu lahan yang agak lembab yang telah diberi pupuk organik. Jika lahan tersebut tersedia maka sudah dapat dilakukan penanaman benih daun kesum.

Benih kesum dapat dengan mudah diperoleh yaitu dengan memotong pohon yang sudah tumbuh. Potong pada bagian batangnya, setelah itu tanam pada lahan yang telah di sediakan.

Selain dapat ditanam pada lahan langsung, tanaman kesum ditanam dalam pot namun hasil tanaman berbeda karena daun kesum yang ditanam dalam pot biasanya memilili ruas batang yang jauh lebih panjang dan daun yang lebih lebar, pokoknya lebih tinggi sedangkan tanaman daun kesum yang ditanam di tempat terbuka dan tepat dibawah sinar matahari.

Cara Merawat Tanaman daun Kesum

Setelah penanaman, maka perlu dilakukan perawatan yang teratur agar tanaman tumbuh subur dan tidak mati. perawatn yang perlu dilakukan yaitu pemupukan, penyiraman serta penjagaan dari hama.

Pemupukan dilakukan agar nutrisi yang diperlukan tanaman daun kesum terpenuhi, pemupukan tersebut dapat dilakukan menggunakan pupuk organik.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Tanaman Daun Kesum Yang Kaya Akan Manfaat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikui postingan kami berikutnya. Sampai jumpa