Wortel

Cara Menanam Wortel Dalam Pot/Polybag Di Rumah Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Wortel Dalam Pot/Polybag Di Rumah Dengan Mudah Wortel (Daucus carota) adalah tumbuhan biennial atau tumbuhan yang menyelesaikan satu kali siklus hidupnya dalam waktu 2 tahun atau kurang yang berasal dari genus Daucus. Tumbuhan ini memiliki batang bunga yang dapat tumbuh tinggi berkisar 1 meter, memiliki bunga berwarna putih, dan bagian yang dapat dimakan dari tumbuhan ini adalah umbinya yang memiliki rasa manis langu.

Tak jarang orang yang melakukan penanaman atau budidaya wortel in, namun bagi anda yang tidak memiliki lahan untuk hal tersebut anda tetap bisa melakukan penanaman wortel dalam pot atau polybag tanam. Berikut ini adalah cara menanam wortel dalam polybag dirumah dengan mudah.

Cara Menanam Wortel Dalam Pot/Polybag

Persiapan Polybag/Pot dan Media Tanam Wortel

Sebelum melakukan penanaman wortel, siapkan terlebih dahulu tempat dan juga media tanam wortel. Karena wortel sayuran akar yang tumbuh ke dalam maka pemilihan pot atau polybag sangat perlu dilakukan, pilihlah pot atau polybag yang berukuran tinggi sekitar 30 cm – 40 cm.

Setelah pot atau polybag sudah disiapkan, selanjutnya siapkan media tanamnya. Media tanam yang digunakan adalah media tanam yang porous, media tanam yang digunakan yaitu campuran tanah merah dengan pupuk kompos dan pasir halus dengan perbandingan sama. Apabila tidak ingin menggunakan tanah, anda dapat menggunakan batang pakis dengan campuran sedikit pasir.

Penanaman Wortel Dalam Pot/Polybag

Jika sudah siap, selanjutnya masukkan media tanam dalam polybag atau pot yang telah disiapkan, sisakan 2-3 cm ruang dari atas pot. Kemudian buatlah lubang tanam dengan jarak antar lubang sekitar 3 cm hingga 5 cm.

Masukkan benih bibit wortel dalam lubang tanam, tiap lubang tanam diberikan 2 benih bibit lalu tutup kembali dengan media tanam. Setelah lakukan penyiraman dengan air secukupnya. Letakkan pot dekat jendela agar menerima sinar matahari secara langsung.

Perawatan Tanaman Wortel Dan Masa Panen Wortel

Pastikan media tanam tetap lembap. Jika kering siramlah dengan air secukupnya. Pangkaslah daun jika ketinggian tanaman telah mencapai sekitar 3 cm.

Perhatikan posisi tanaman wortel, apabila agak bengkok maka berilah tambahan media tanam. Jika cabang bengkok maka akar tidak akan terbentuk sempurna. Begitu pula jika akar muncul ke permukaan pot, maka segera tutupi dengan media tanam karena akar yang terkena sinar matahari akan berwarna hijau dan tidak bisa dimakan.

Setelah tanaman wortel telah mencapai ketinggian sekitar 8-10 cm, lakukan pemupukan. pupuk yang diberikan dapat berupa pupuk cair organik dan diberikan setiap 2 minggu sekali.

Wortel sangat rentan terhadap serangan jamur apalagi jika sistem drainase pot atau polybag kurang baik. Jika terjadi serangan jamur, gunakan cairan anti jamur alami seperti belerang atau serbuk kayumanis.

Wortel dapat mulai dipanen, setelah wortel pada umur 2-2,5 bulan tergantung pada jenis wortel yang ditanam. Semakin cepat melakukan pemanenan wortel maka rasanya akan semakin manis.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Wortel Dalam Pot/Polybag Di Rumah Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa