menanam-kemangi

Meraup Keuntungan Dengan Menanam Kemangi

Posted on

Cara Meraup Keuntungan Dengan Menanam Kemangi

Kemangi  (Ocimum basilicum) adalah tanaman perdu yang memiliki ketinggian mencapai 100 cm, berbatang tegak dan bercabang banyak, kemangi juga memiliki aroma daun yang khas. Kemangi biasanya digunakan untuk lalapan atau juga sebagai campuran masakan seperti pindang, pepes dan berbagai macam masakan lainnya. Karena manfaatnya, kemangi banyak ditanam dan dibudidayakan. Berikut adalah cara budidaya tanam kemangi:

a.Persiapan Lahan Tanam Kemangi
Lahan yang akan ditanami kemangi harus dilakukan penggemburan dahulu dengan cara dicangkul. Setelah tanah lahan gembur, selanjutnya buatlah bedengan atau guludam dengan ukuran lebar sekitar 1 meter dan panjang disesuaikan dengan lahan atau kebutuhan tanam.

Apabila bedengan atau guludan telah jadi, selanjutnya taburkan pupuk kandang atau pupuk kompos secara merata pada bedengan atau guludan tersebut lalu aduk dengan menggunakan cangkul agar pupuk kandang tercampur rata dengan tanah bedengan.

Diamkan lahan tanam yang telah disiapkan selama 2 hingga 3 hari, agar dapat mengembalikan kondisi unsur hara setelah dilakukan penggemburan atau agar tanah kembali stabil.

b. Persiapan Benih Kemangi
Benih kemangi diperoleh dari bungakemangi yang telah tua yang ditandai dengan warnanya yang tadinya hijau berubah warna kecoklatan dan mengering. Ambil beberapa tangkai bunga kemangi yang sudah kering tersebut dan jemur kembali dengan di letakkan pada alas atau wadah. Jika dirasa biji bunga sudah cukup kering, ambil dan tempatkan pada tempat yang teduh untuk dingin-anginkan.

c. Penanaman Benih Kemangi
Jika lahan tanam dan bibit telah siap maka selanjutnya lakukan penanaman benih tersebut. Penanaman ini dilakukan dengan cara menaburkan biji-biji kemangi secara merata pada bedengan atau guludan yang telah disiapkan di lahan tanam. Selanjutnya tutup kembali biji-biji kemangi tersebut dengan tanah secara tipis. Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiraman tersebut jangan dilakukan terlalu kencang, karena dapat merusak lahan tanam dan juga dapat membuat biji kemangi terbawa air.

d. Perawatan tanaman Kemangi
Setelah 5 hari hingga 7 hari setelah penebaran, tanaman kemangi akan mulai tumbuh. Penyiraman tetap dilakukan secara rutin sebanyak 2 kali yaitu pada pagi dan sore hari. Jika semua biji telah tumbuh, maka langkah selanjutnya anda perlu melakukan melakukan perenggangan tanaman kemangi. Apabila tanaman kemangi tumbuh terlalu rapat maka lakukan pemindahan hingga tanaman terlihat renggang. Perenggangan tersebut, sebaiknya dilakukan pada saat tanaman kemangi masih kecil atau saat masih memiliki daun berjumlah 4 hingga 5 helai.

Penyiangan atau pembersihan area lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya perlu dilakukan, agar tanaman kemangi dapat tumbuh dengan subur. Selain itu,jika pada daun kemangi ada hama ulat atau hama lainnya maka segerasingkirkan atau buang bagian yang terserang. Jangan gunakan pestisida untuk membasmi hama tersebut karena nantinya kemangi tidak baik jika dikonsumsi.

e. Pemanenan Kemangi
Jika tanaman kemangi dirasa sudah cukup tinggi maka bisa dilakukan pemanenan. Pemanenan tersebut dilakukan dengan cara memotong tanaman kemangi menggunakan gunting atau pisau di atas dua daun pertama. Pemanenan dengan cara pemotongan tersebut dilakukan dengan tujuan agar kemangi dapat tumbuh tunas kembali dan menghasilkan pucuk-pucuk baru. Setelah pemanenan, cuci daun-daun kemangi tersebut dengan air hingga bersih, jika sudah selanjutnya ikat daun-kemangi tersebut dan kemangi siap di jual.

Selain dengan bedengan atau guludan, tanaman kemangi juga dapat ditanam atau dibudidayakan di dalam pot atau polybag. Cara penanaman kemangi dalam pot atau polybag tanam tersebut hampir sama dengan menanam tanaman sayuran lain yang ditanam pada pot atau polybag. Jika anda tidak ingin ribet penanaman juga dapat dilakukan dengan hanya menentukan lokasi penanaman, kemudian taburkan biji-biji kemangi yang telah disiapkan maka biji kemangi akan tumbuh dengan sendirinya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Meraup Keuntungan Dengan Menanam Kemangi“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa