Panduan Lengkap Cara Sukses Budidaya Kunyit Putih Bagi Pemula MUDAH

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Kunyit Putih Bagi Pemula – Kunyit putih adalah salah satu jenis tanaman tahunan yang banyak tumbuh di kawasan Asia seperti India, Cina Selatan, Jawa (Indonesia), Taiwan dan Filipina. Kunyit putih memiliki banyak manfaat seperti membantu menyegarkan, membersihkan dan menghilangkan gatal dan juga mengobati kesemutan. Kunyit putih merupakan salah satu tanaman obat pembersih ginjal yang juga bermanfaat sebagai anti tumor, anti imflamasi, anti oksidan, menurunkan kadarlemak dalam darah, menurunkan kadar kolestrol, pembersih darah, anti mikroba dan dapat membantu menyembuhkan kanker.

Selain dimanfaatkan sebagai obat tradisional, ini juga dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik alami.

Karena banyaknya manfaat yang terkandung pada kunyit, banyak orang yang mulai melakukan budidaya kunyit ini baik dalam skala besar maupun skala kecil. Namun sebelum melakukan budidaya kunyit anda perlu mengetahui syarat tumbuh kunyit yaitu:

Kunyit dapat tumbuh dengan baik pada daerah baik dataran rendah maupun tinggi(optimal pada ketinggian 45 mdpl) dengan intensitas cahaya sedang maupun tinggi, dapat berkembangbiak diberbagai cuaca, dapat tumbuh dengan baik pada lahan yang gembur dan memiliki unsur hara yang mencukupi.

Cara Budidaya Kunyit Putih

Persiapan Bibit Kunyit Putih

Bibit diperoleh dari memotong rimpang kunyit yang sehat, segar dan bebas dari penyakit. Rimpang kunyit putih yang akan dijadikan bibit dipotong sama panjangyaitu sekitar 5-7 cm dengan berat 20-30 gram/rimpang.

Selanjutnya, bibit kunyit diangin-anginkan di tempat yang lembab selama sekitar 1-1,5 bulan. Setelah 1,5 bulan dan bibit telah tumbuh tunas sepanjang 2-3 cm, bibit siap dipindah tanamkan ke media tanam.

Persiapkan Lahan Tanam

Lahan tanam ini disiapkan 30 hari sebelum penanaman dilakukan. Bersihkan terlebih dahulu gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada di lahan tanam, setelah itu gemburkan tanah pada lahan dengan dicangkul sedalam 20-30 cm. setelah itu, biarkan selama sekitar 2 minggu agar racun dalam tanah hilang.

Selanjutnya, buatlah bedengan dengan ukuran 60-100 cm untuk lebarnya, 25-45 cm untuk tingginya dan beri jarak antar bedengan sekitar 30-50 cm. Lakukan pula pemupukan dasar dengan menggunakan pupuk kandang. Setiap lubang tanam diberi sekitar 2,5 kg, selanjutnya diamkan kembali selama seminggu.

Penanaman Kunyit Putih

Buatlah lubang tanam dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 60 cm, lalu bibit kunyit putih di tanam. Apabila penanaman dilakukan pada awal musim hujan, maka pemanenan dapat dilakukan pada awal musim kemarau, karena hal ini memerlukan waktu sekitar 7 hingga 8 bulan. Apabila penanaman dilakukan pada awal musim hujan dan pemanenan dilakukan setelah dua kali musim kemarau atau sekitar 13-18 bulan.Penanaman kunyit putih dilakukan dengan cara stek rimpang dalam nitro aromatik dengan media yang telah diberi mulsa , mulsa ini ternyata berpengaruh pada pertumbuhan tanaman vegetatif.

Perawatan Kunyit Putih

Penyulaman
Jika setelah beberapa minggu setelah tanam ada bibit yang mati atau tidak tumbuh dengan sempurna, segera ganti bibit tersebut dengan bibit baru agar bibit dapat tumbuh seragam.

Penyiraman
Tanaman kunyit putih tidak tahan air, jadi perlu dilakukan pengaturan drainase yang baik agar lahan tanam tidak tergenang air.

Pemupukan
Agara tanaman lebih cepat tumbuh, maka perlu dilakukan pemupukan. Pemupukan ini dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk organik yang diberikan pada awal tanam dan pemupukan kedua dilakukan saat tanaman berumur 3-4 bulan setelah tanam, selanjutnya lakukan pemupukan secara rutin. Pemberian pupuk ini dilakukan secara beralur atau diberikan disela tanaman.

Penyiangan
Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman agar pertumbuhan tanaman kunyit putih tidak mengganggu. Selama masa pertumbuhan, lakukan penyiangan sebanyak 5 kali bersamaan dengan pemupukan.

Masa Panen Kunyit Putih

Kunyit putih dapat dipanen setelah berumur sekitar 8-11 bulan setelah tanam. Ciri tanaman kunyit putih yang siap panen yaitu tanaman layu, daun berwarna kuning dan mulai berguguran. Cara memanen kunyit putih ini sangat mudah yaitu pisahkan rimpang dari batang dan daunnya. Selanjutnya, cabut rimpang lalu bersihkan.

Demikian artikel tentang”Panduan Lengkap Cara Budidaya Kunyit Putih Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa