tumbuhan dikotil

Tumbuhan Dikotil – Pengertian, Ciri Dan Jenis Tumbuhan Dikotil

Posted on

Pengertian dan ciri tumbuhan Dikotil – Secara umum yang diartikan dengan tumbuhan dikotil adalah tumbuhan berbunga yang berkeping dua. Tumbuhan dikotil merupakan segolongan tumbuhan berbunga yang memiliki sepasanng daun lembaga. Daun lembaga ini terbentuk sejak dalam tahap biji sehingga sebagian besar anggotanya bersifat mudah terbelah dua. Hal itulah yang membedakan antara tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil. Tumbuhan berbunga dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu tumbuhan dikotil dan monokotil.

Ciri-ciri Tumbuhan Dikotil

1. Keping biji berbelah dua
2. Berakar tunggang dan bercabang
3. Batang bercabang-cabang dengan ruas tak beraturan
4. bunga terdiri atas bagian kelopak, mahkota, benangsari.
5. Batang dan akar mempunyai kambium
6. bentuk daun cenderung menjari atau menyirip
7. tidak memiliki pelindung akar seperti koleoptil dan koleorhiza

Jenis Tumbuhan Dikotil

Tumbuhan dikotil memiliki beberapa suku, antara lain:

1. Suku getah – getahan (Euphorbiaceae), apabila dilukai bagian tubuhnya akan mengeluarkan getah berwarna putih.
Contoh : Manihot utilissima (ketela pohon), Havea Brasiliensis (karet)

Contoh uphorbiaceae

2. Suku kacang – kacangan (Papilionaceace), cirinya mahkota bunga berbentuk kupu – kupu, buahnya polong dan sering ditemukan bintil akar.
Contoh : Arachis hypogaea (kacang tanah), Vigna sinensis (kacang panjang)

Contoh Papilionaceace

3.Suku terong terongan (Solanaceae), cirinya bunga berbentuk bintang, terompet, buah buni /buah kotak dengan lapisan dalam berair atau berdaging.
Contoh : Solanum lycopersicum (tomat), Capsicum annum (cabai)

Contoh Solanaceae

4. Suku cemara cemaraan (Casuarinaceae) , cirinya mempunyai ranting yang beruas pada dahan besar seperti jarum dan buahnya mirip runjung kecil.
Contoh: Cemara laut, Cemara lilin, cemara medan.

Contoh Casuarinaceae

5. Capparaceae masuk dalam jenis bunga-bungaan dengan ciri berdaun tunggal atau majemuk dan menjari dan berukuran kecil, Buah mirip dengan bentuk kapsul memanjang.
Contoh Gynandropis speciosa dan Capparis spinosa.

Contoh Capparaceae

6. Suku kapas-kapasan (Malvaceae), memiliki bentuk pohon dapat berupa perdu atau pohon dengan ciri bunga besar dan membentuk corong, kelopka bunganya bersatu.
Contoh bunga sepatu,kapas, waru,  sidaguri.

Contoh Malvaceae

7. Myrtales merupakan jenis bunga berbentuk pohon atau perdu. dengan tmapak daun selalu hijau dan beraroma jika diremas. contohnya pohon cengkeh (Eugenia caryphyllus ) dan eucalyptus.

Contoh Myrtales

8. Apocynaceae , memiliki bentuk batang bergerak putih, dengan bunga berwarna mencolok, berukuran besar dan harum. Contoh tapak dara dan alamanda.

Contoh Apocynaceae

9. Piperaceae, berbentuk perdu atau semak, terdpat juga jenis yang merambat dengan akar lekat. Daun memiliki bau aromatik dan rasa pedas. Contoh sirih dan lada.

Contoh Piperaceae

10. Rosaceae
merupkan kelompok mawar, dengan bentuk semak namun ada yang memanjat, berkayu dengan duri yang mengelilingi batang. Contoh Rosa hybrida dan malus sylvstris.

Contoh Piperaceae

Nah.. itulah penjelasan pengertian dari tumbuhan dikotil yang bisa penulis sampaikan. Semoga ilmu yang dibagikan bermanfaat untuk para pembaca. sampai bertemu diartikel lainnya.. 🙂


Leave a Reply