Pepaya Bangkok

Pepaya – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi, Manfaat, Dan Jenis-Jenis Pepaya

Posted on

Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi, Manfaat, Dan Jenis-Jenis Pepaya

Hai Sahabat……….. Kali ini kita akan membahas tentang”Pepaya“, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dibawah ini.

Pepaya (Carica papaya) atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari genus Carica yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara Amerika Selatan, namun kini sudah tersebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.
tanaman pepaya memiliki percabangan yang sedikit bahkan tidak ada, tumbuhan ini dapat tumbuh dengan ketinggian 5 hingga 10 meter, daun pepaya menyirip lima dengan bagian tangkai yang panjang dengan bagian tengah berlubang, bentuknya dapat memiliki cangap atau tidak tetapi biasanya pepaya kultivar memiliki cangap di bagian dalam. bentuk buah dari tumbuhan pepaya bulat atau memanjang dengan ujung biasanya meruncing, warna buahnya berwarna hijau tua ketika muda dan berwarna hijau muda hingga kuning. karena tumbuhan Pepaya adalah monodioecious‘ (berumah tunggal sekaligus berumah dua) dengan tiga kelamin: tumbuhan jantan, betina, dan banci (hermafrodit) bentuk buahnya akan membulat bila dihasilkan oleh pepaya betina dan oval atau memanjang dihasilkan oleh pepaya banci. daging buahnya berwarna kuning hingga merah tergantung pada spesiesnya, daging tersebut terbentuk dari karpela yang menebal. Pada bagian tengah buah berongga dengan biji berwarna hitam yang berlapis lendir(pulp) untuk mencegah kekeringan.
Kandungan pada buah pepaya antara lain folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat,
fiber3, vitamin B, alfa dan beta karoten, lutein, zeaxanthan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K,serta lycopene (antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan manfaat tomat).

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Brassicales
Famili: Caricaceae
Genus: Carica
Spesies: C. papaya

Kandungan gizi Pepaya/100 gram :
Kalori 39 kkal
Lemak 0,14 g
Lemak Jenuh 0,043 g
Lemak tak Jenuh Ganda 0,031 g
Lemak tak Jenuh Tunggal 0,031 g
Kolesterol 0 mg
Protein 0,61 g
Karbohidrat 9,81 g
Serat 1,8 g
Gula 5,9 g
Sodium 3 mg
Kalium 257 mg

Manfaat dari buah pepaya antara lain:
1. Pepaya baik untuk pencernaan
Pepaya baik untuk pencernaan karena dalam pepaya terkandung enzim papain yang berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan, selain itu pepaya juga mengandung serat dan kadar air yang tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit dan mengontrol keteraturan buang air besar serta menyehatkan pencernaan.
2. Dapat menjadi Anti inflamasi
karena enzim anti inflamasi yang terkandung pada pepaya maka pepaya dapat bagi penderita arthritis, osteoporosis, edama untuk menghilangkan rasa sakit, serta dapat mencegah kanker.

3. Dapat menyehatkan tulang
karena kandungan vitamin k yang cukup tinggi pada pepaya, pepaya dapat mencukupi kebutuhan vitamin k dalam tubuh jika mengkonsumsi pepaya. Vitamin k berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang karena melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium.
4. Baik untuk penderita diabetes
5. Dapat menguatkan sistem imun
Senyawa beta karoten pada pepaya dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan dari dalam tubuh. Oleh karena itu, pepaya mungkin menjadi pilihan buah yang sehat untuk mencegah penyakit seperti infeksi, pilek, flu dan meredakan demam.
6. Mencegah Degenerasi Makula
Senyawa eaxanthin antioksidan yang terdapat dalam pepaya dapat menyaring sinar cahaya biru berbahaya yang diperkirakan akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi.
7. Mencegah Penyakit jantung
Kandungan serat, kalium dan vitamin dalam pepaya dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit jantung.
8. Dapat mengurangi Berat Badan
Enzim yang terdapat pada pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh sehingga sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.
9. Mempercepat Penyembuhan Luka
enzim proteolitik chymopapain dan papain yang terdapat dalam pepaya berfungsi sama halnya seperti salep yang dapat digunakan untuk mempromosikan penyembuhan luka dan mencegah infeksi daerah kulit yang terbakar.
10. Pencegahan Asma
Beta karoten yang banyak terkandung dalam pepaya dapat mengurangi pengembangan penyakit asma.
11. Dapat membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat dengan cara daging buah pepaya difermentasi.
12. Dapat merangsang pertumbuhan payudara karena enzim yang dihasilkan oleh pepaya muda, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.
13. Dapat Membesarkan Alat Vital Pria
Kandungan enzim arginine yang disimpan dalam buah pepaya berkemampuan dalam hal mendongkrak aliran darah pada areal Mr. P. Argarine mendongkrak produksi asam nitrat dalam tubuh untuk merileksasikan otot-otot di sekitar pembuluh darah, alhasil Mr. P akan membesar dalam waktu yang signifikan seiring banyaknya enzim arginine yang masuk ke dalam tubuh.
14. Meminilasir Risiko Mata Rusak
15. Obat Bekas Gigitan Ular Berbisa
akar pada tumbuhan pepaya dapat digunakan untuk mengobati bekas gigitan ular bernisa yaitu dengan cara: bersihkan akar pepaya dengan air, haluskan dengan ditumbuk, kemudian balurkan obat ini pada kulit yang tergigit. Setelah itu dibalut menggunakan kain lap, ganti 2 kali sehari.
Jenis-jenis pepaya:
1. Pepaya California
pepaya california
Pepaya jenis ini berasal dari Amerika Serikat dan Karibia dan memiliki bentuk kecil dan lonjong, pohon pepaya jenis ini dapat tumbuh sekitar 2 meter, bentuk daunnya menjari dan memiliki kuncung di permukaan pangkal, memiliki buah yang manis,tebal dan kenyal dengan bagian kulit tebal dan halus.

2. Pepaya Bangkok
Pepaya Bangkok
Pepaya jenis ini berasal dari Thailand, pepaya jenis ini memiliki ukuran yang sangat besar dibandingkan jenis pepaya lain, daging buahnya berwarna jingga kemerahan, rasanya manis dan segar.

3. Pepaya Hawai
Pepaya Hawai
Pepaya jenis ini berasal dari Kepulauan Hawaii, Pepaya jenis ini memiliki ukuran yang kecil dengan berat sekitar 0,5 kg/buah dengan bentuk agak bulat atau bulat memanjang, daging buah pada pepaya ini agak tebal, berwarna kuning,memiliki rasa manis segar dengan kulit buah berwarna kuning cerah apabila sudah masak.

4. Pepaya Cibinong
Pepaya Cibinong
Pepaya jenis ini memiliki ciri-ciri kulit buah tetap hijau ketika masak kecuali bagian ujung yang berwarna kuning, bentuk buahnya panjang dan besar dengan berat sekitar 2,5 kg, daging buahnya berwarna kuning kemerahan dengan tekstur keras serta rasanya manis dan segar.

5. Pepaya Gunung
Pepaya Gunung
Pepaya jenis ini sering disebut dengan carica, pepaya ini dikenal dari daerah Wonosobo, Jateng dan daerah asal dari pepaya jenis ini adalah dari daerah dataran tinggi Andes, Amerika Selatan. Pohon pepaya ini hanya memiliki tinggi sekitar 1-2 meter dengan cabang bertingkat, bentuk buahnya bulat telur, dagingnya berwarna kuning-jingga jika matang dan memiliki tekstur daging yang keras dengan rasa agak asam tetapi harum.

Demikian artikel pembahasan tentang”Pepaya – Pengertian, Klasifikasi, Kandungan Gizi, Manfaat, Dan Jenis-Jenis Pepaya“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa