4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Ramirezi Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Ramirezi Agar Sukses Bagi Pemula – Mikrogeophagus ramirezi atau ikan Ramirezi atau ikan Ram adalah salah satu jenis ikan air tawar di keluarga cichlids. Warna berkelap-kelip yang berada di sekujur tubuh ikan ini membuatnya terlihat seperti permata yang bergerak.

Ikan Ramirezi ini memiliki warna badan kuning dicampur dengan biru di bagian tengah badan menuju ekor dengan sedikit jingga kemerahan di begian dahi dan ujung sirip yang berwarna kuning ke jingga. Ada satu garis hitam vertikal menghiasi kepalanya.

Ikan ini memiliki sikap kalem dan pemalu, ukuran maksimal ikan ini hanya sekitar 6 cm dan ikan ini suka bersembunyi di lubang. Meskipun pemalu, ikan ramirezi akan bersifat agresif ketika sudah bertelur. Jika telur mereka diganggu oleh ikan lain, maka ikan ini akan merubah sikap pemalunya dan berani melawan, bahkan terhadap ikan yang lebih besar.

Cara Budidaya Ikan Ramirezi

Perhatikan Keadaan Air dan Pengaturan Akuarium

Sangat disarankan untuk menggunakan akuarium dengan minimal air antara 5-10 galon jika ingin membudidayakan ikan ramirezi ini. Ikan ini juga lebih tahan di air yang hangat dengan suhu 27-30┬░C dan lebih hangat lagi saat masa berkembang biak. Air juga harus agak asam dengan pH sekitar 4-7 atau air yang netral dan lembut. Oksigen dalam akuarium juga harus dijaga dengan baik agar ikan tetap sehat dan berwarna cerah.

Ikan Ramirezi ini tergolong ikan yang sensitif terhadap perubahan dan mudah terkena penyakit jika kualitas air tidak terjaga. Jika ingin mengganti air akuarium, maka pastikan seluruh kotoran di akuarium terangkat dan masukan air sesuai dengan air yang sebelumnya dengan suhu dan pH yang sama.

Setelah kondisi air tepat, lakukan pengaturan akuarium. Dikarenakan sifat pemalu ikan ini, maka disarankan untuk menempatkan beberapa tempat untuk mereka bersembunyi.

Masukkan Pasangan Ikan Ramirezi Ke Akuarium

Untuk melakukan pengembangbiakan, maka masukkan 3-4 pasang ikan ramirezi ke dalam akuarium. Ciri-ciri ikan ramirezi jantan ini yaitu memiliki sirip dorsal yang lebih panjang dan lancip, sedangkan ikan betina memiliki warna perut yang merah atau jingga dan tampak gemuk.

Ikan ramirezi tergolong ikan yang setia, jadi mereka akan terus bersama pasangannnya hingga telur menetas. Jika sudah mulai berhubungan, maka pasangan dipindahkan ke akuarium terpisah, karena jika digabungkan dengan ikan lain, pasangan ini cenderung gampang stress ketika sudah bertelur dan mengakibatkan mereka memakan telurnya sendiri.

Setiap akuarium harus diberi tempat atau sarang bagi ikan untuk bertelur seperti keramik kecil atau pot bunga kecil yang dimiringkan. Setelah bertelur, telur-telur tersebut akan dilindungi oleh kedua induknya hingga menetas.

Pemeliharaan Anakan Ikan Ramirezi

Telur ikan ramirezi akan menetas dalam waktu 2-3 hari dan anak ikan tersebut akan berenang sangat cepat dan bebas di dalam akuarium. Pakan anakan ikan ramirizi ini biasanya berupa kutu air halus, cacing sutera, dan pelet halus. Indukan akan melindungi anakan hingga anakan berumur 3 minggu.

Setelah berumur 3 minggu, anakan ikan ini dapat dipindahkan ke akuarium lain untuk bertumbuh sendiri. Anak-anak ikan ini akan berwarna bagus seperti indukannya ketika panjangnya sudah mencapai sekitar 12 mm.

Tips Menjaga Agar Warna Ikan Ramirezi Tetap Cantik

Apabila dikembangbiakan di akuarium terus menerus, ikan Ramirezi akan menjadi lebih kecil dan warnanya pudar. Untuk menghindari ini, disarankan meletakkan ikan Ramirezi liar ke dalam akuarium untuk mulai perkembangbiakan. Ikan Ram liar biasanya memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan yang sudah dipelihara, maka mencampurkan keduanya akan menghasilkan anak ikan yang kuat dengan warna yang indah.

Demikian artikel pembahasan tentang “4 Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Ramirezi Agar Sukses Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa