Panduan Lengkap Cara Budidaya Nangka Merah Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Nangka Merah Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Nangka Merah (Artocarpus heterophyllus) adalah jenis nangka yang berasal dari Kalimantan Timur, , di kawasan ini pertumbuhan nangka merah dapat berlangsung secara optimal sehingga dapat menghasilkan buah yang berkualitas sangat baik. Bentuk buah nangka merah mirip dengan nangka lainnya yakni bulat agak lonjong. Bobot buahnya berkisar antara 6-15kg. Ukuran daging buahnya ada yang tebal, panjang, warna kemerahan sempurna dan rasanya manis, ada pula yang tipis, pendek, berwarna kuning, dan rasanya kurang begitu manis.

Baca Juga : Tabulampot Nangkadak

Tempat tumbuh ideal tanaman buah nangka merah ini adalah kawasan yang memiliki ketinggian 0-700 m dpl serta bercurah hujan tinggi. Tapi, pada dasarnya nangka merah tetap bisa tumbuh hampir di semua jenis ketinggian tempat. Media tanam yang paling cocok untuk pohon nangka merah adalah tanah gembur dan agak berpasir.

Selain dapat ditanam di areal lahan yang luas, nangka merah juga dibudidayakan dengan metode menanam nangka merah dalam pot atau tabulampot nangka merah. Masa berbuah nangka merah rata-rata antara 2-3 tahun dengan perawatan dan pemberian pupuk yang teratur.

Cara Budidaya Nangka Merah Bagi Pemula

Pemilihan Bibit Nangka Merah

Ciri bibit buah nangka merah yang berkualitas adalah memiliki batang tanaman buah yang kokoh, berdaun rimbun, segar dan berwarna hijau cerah serta memiliki perakaran yang banyak dan kuat. Pilih bibit nangka merah yang berasal dari bibit okulasi agar lebih cepat tumbuh.

Baca Juga : Tabulampot Nangka Mini

Pemilihan Lahan Tanam Nangka Merah

Setelah bibit buah siap, selanjutnya lakukan pemilihan lokasi. Pilih lahan yang memiliki ukuran cukup luas agar bisa digunakan untuk menanam beberapa bibit tanaman buah nangka merah. Jarak antar tanaman dibuat minimal sekitar 8×8 meter. Pastikan tidak ada naungan yang menghalangi sinar matahari. Lakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50×50× 50 cm. Setelah lubang tanam selesai dibuat selanjutnya isi lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang lalu diamkan lubang tanam selama seminggu agar gas yang terkandung di dalam tanah hilang karena terkena sinar matahari dan terbawa angin.

Baca Juga : Cara Menanam Nangka Dalam Pot

Penanaman Bibit Nangka Merah

Proses penanaman yang dilakukan untuk bibit nangka merah dalam pot atau tabulampot nangka merah maupun secara langsung di tanah, sobek polybag secara perlahan agar tidak merusak akar bibit. Selanjutnya, masukkan ke dalam lubang tanam dan timbun serta padatkan secara perlahan. Setelah proses penanaman selesai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya hingga tanah atau media tanam basah.

Baca Juga : Cara Budidaya Nangka Mini

Perawatan Tanaman Nangka Merah

Perawatan tanaman buah nangka merah diantaranya dengan melakukan penyiraman setiap pagi dan sore hari. Sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin, tapi batang akar jangan sampai tergenang. Lakukan pemberian pupuk setiap dua minggu sekali atau minimal sebulan sekali. Lakukan pula pemangkasan yang dilakukan pada ujung-ujung cabang yang lebat untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Baca Juga : Cara Budidaya Nangka

Demikian pembahasan tentang cara menanam dan merawat pohon nangka merah agar cepat berbuah bagi pemula. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan lainnya.